Ada banyak sekali tips merawat wajah yang bisa kamu dapatkan di berbagai sumber. Namun, alangkah lebih baik jika kamu menerapkan tips perawatan wajah yang langsung dijelaskan oleh ahlinya. Dengan demikian, perawatan yang kamu lakukan benar-benar bisa membuat wajah terawat dengan baik.

Yang dikhawatirkan adalah ketika perawatan wajah justru berlebihan. Dan ini yang paling sering terjadi. Lihat saja banyak orang yang merasa ingin merawat wajah sebaik mungkin tapi justru yang mereka dapatkan sebaliknya. Muncul berbagai masalah di wajah. Hal ini sering disebabkan karena terlalu banyak produk perawatan yang digunakan.

Pada dasarnya, merawat wajah itu menjaga agar kulit wajah bekerja dengan baik. Regenerasi sel kulit berjalan dengan baik. Sel kulit yang mati digantikan dengan sel kulit yang baru. Kulit tidak mengalami masalah karena terkena kotoran atau bakteri. Jadi, jika itu tujuannya, sebaiknya kamu dengarkan tips merawat wajah sesuai dengan apa yang disarankan oleh ahli.

Jenis Perawatan Wajah Rutin yang Harus Dilakukan

Merawat kulit wajah itu seperti menjaga kesehatan badan. Upaya harus terus dilakukan setiap hari. Tidak hanya ketika muncul masalah. Sayangnya, banyak orang yang baru melakukan perawatan wajah ketika muncul masalah. Misalnya saja ketika kulit kering baru mencari produk pelembab.

Perawatan wajah itu bukan pengobatan. Ini yang harus dipahami. Oleh sebab itu, perawatan wajah seharusnya dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah. Berikut ini tips merawat wajah yang perlu kamu lakukan secara rutin:

  1. Menggunakan Produk Perawatan yang Tepat

Ini sebenarnya yang paling penting. Temukan produk perawatan kulit wajah yang sesuai dengan tepat. Artinya, produk yang kamu gunakan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulit wajah kamu. Contohnya saja jika kulit kamu terasa gelap dan kering karena sering terkena paparan sinar matahari, kamu harus gunakan krim pelembab kulit wajah.

Ada beberapa produk perawatan kulit wajah yang seharusnya rutin kamu gunakan. Yang pertama adalah pembersih wajah. Membersihkan wajah tidak cukup dengan hanya menggunakan air. Setidaknya, dua kali dalam satu hari wajah harus dibersihkan dengan menggunakan sabun pembersih muka.

Yang kedua, menggunakan toner. Jika kamu menggunakan makeup, hapus makeup dengan toner. Selain itu, produk perawatan wajah yang satu ini juga efektif untuk mengangkat kotoran yang menempel pada pori-pori wajah.

Yang ketiga, pelembab. Setelah mandi, silakan gunakan pelembab. Ini penting agar kulit tidak kering. Gunakan krim yang tepat sesuai dengan kulit wajah kamu. Untuk kulit kering, kamu bisa gunakan NIVEA CRÈME. Ini jenis krim pelembab yang cocok untuk digunakan di daerah tropis.

  1. Melakukan Proteksi

Selain menggunakan produk kecantikan, kamu juga harus melakukan proteksi. Untuk badan, sudah ada proteksi, yaitu pakaian yang kamu kenakan. Namun, bagaimana dengan wajah?

Proteksi bisa kamu lakukan dengan cara memakai topi. Akan tetapi, ini kurang efektif. Kamu harus berikan proteksi juga berupa penggunaan sunscreen. Sangat diajurkan kamu mengaplikasikan sunscreen di wajah yang kandangan SPFnya tinggi, yaitu 50. Dengan kandungan SPF ini, kulit wajah kamu akan terlindungi dari sengatan sinar matahari di siang hari.

  1. Menutrisi Kulit dari Dalam

Dua tips merawat wajah tersebut di atas sebenarnya pemberian nutrisi kulit dari luar. Agar perawatan sempurna, maka nutrisi juga harus didapatkan kulit dari dalam. Dengan cara apa? Dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat.

Untuk kulit yang sehat, hindari terlalu banyak makanan yang berlemak. Ganti dengan makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E. Dua jenis vitamin ini sangat penting sekali untuk menjaga agar kulit selalu dalam kondisi yang baik.

Tidak banyak yang harus kamu lakukan untuk merawat wajah. Yang terpenting, kamu terapkan tips tersebut di atas secara rutin. Itu kuncinya.

Jangan Asal Pilih Produk Perawatan Kulit Wajah

Yang sering menjadi masalah adalah penggunaan produk kecantikan. Semoga saja kamu bukan salah satu dari banyak orang yang sering gonta-ganti produk kecantikan. Banyak orang yang sering mengganti produk perawatan karena ada yang baru. Atau ingin coba-coba. Padahal, ada risiko. Jika ternyata produk tersebut tidak tepat, maka kulit wajah kamu bisa bermasalah.

Yang seharusnya dilakukan adalah memilih produk yang tepat. Dan ini hanya bisa dilakukan ketika kamu tahu apa jenis kulit kamu. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar kamu datang ke dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan seperti apa jenis kulit wajah kamu. Kemudian, dokter akan memberikan saran produk kecantikan seperti apa yang cocok untuk kamu aplikasikan.

Setelah itu, silakan kamu cari produk. Pastikan produk tersebut mengandung bahan yang aman. Jangan asal memilih produk yang katanya bisa memutihkan wajah. Hati-hati dengan produk-produk yang mengandung merkuri. Memang bahan merkuri ini bisa memutihkan kulit. Hanya saja, merkuri bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah jika digunakan terus menerus.

Akan lebih baik jika kamu memilih produk perawatan wajah yang mengandung bahan alami. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, wajah itu butuh nutrisi. Dan nutrisi yang paling penting untuk wajah itu vitamin C dan E. Kamu bisa cari produk perawatan wajah yang mengandung dua vitamin tersebut.

Produk kecantikan tidak akan bekerja dengan baik jika tidak dibarengi dengan menerapkan tips merawat wajah yang tepat. Untuk itu, pahami cara merawat wajah yang benar serta gunakan produk yang benar-benar tepat untuk jenis kulit wajah kamu.