gaya-hidup-konsumtif

Baruterus.com – Di zaman yang semakin berkembang dan modern, pola hidup masyarakat juga terus mengalami perkembangan. Jika dahulu teknologi informasi masih jarang didapatkan, maka berbeda dengan sekarang. Masyarakat desa pun kini sudah mengenal teknologi, ponsel pintar misalnya. Tentu dengan semakin cangggihnya teknologi dan perkembangan kehidupan lainnya juga menyebabkan semakin tingginya minat masyarakat untuk membeli. Akhirnya, munculnya sifat-sifat konsumtif atau boros.

Perilaku konsumtif banyak diartikan sebagi perilaku boros. Jadi gaya hidup konsumtif adalah gaya hidup yang suka mengeluarkan banyak uang untuk memuaskan diri dengan membeli barang maupun jasa. Tentu kebiasaan boros ini menjadi suatu kebiasaan buruk yang harus dihindari karena meskipun memberikan kenikmatan dan kepuasan tersendiri namun tetap akan berdampak buruk pada finansial. Perilaku boros membuat kantong Anda semakin menipis karena yang dipenuhi bukan hanya kebutuhan namun keinginan yang berlebihan pun juga seakan ‘harus’ dipenuhi.

Apakah kebiasaan boros adalah karakter?

Perilaku boros ini tentu tidak semata-mata terjadi. Biasanya perilaku boros diakibatkan oleh kebiasaan dan pola hidup yang kurang baik dan tidak bisa mengatur keuangan. Pada dasarnya kebiasaan boros bukan lah suatu watak atau sifat seseorang. Boros merupakan suatu kebiasaan yang sebenarnya bisa dirubah dan diperbaiki. Jadi, jika Anda merasa bahwa Anda termasuk orang yang konsumtif maka tak perlu khawatir karena kebiasaan ini dapat diubah.

Cara Mengubah Pola Hidup Konsumtif.

Memang, perilaku konsumtif adalah perilaku yang mengasyikkan karena Anda bisa memuaskan hasrat dan keinginan Anda. Namun tentu hal tersebut ada dampaknya. Dampaknya adalah finansial Anda. Bagi Anda yang memiliki finansial cukup meskipun Anda bisa mencukupi semua kebutuhan tetap saja kebiasaan boros merupakan kebiasaan buruk yang lama kelamaan akan menggerogoti kondisi finansial Anda. Apalagi jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu mampu dalam hal finansial. Maka kebiasaan boros ini bisa jadi menjadi penyakit finansial yang jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan bisa berubah menjadi penyakit kronis. Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan kebiasaan boros?

  • Yuk Menabung

Cara yang satu ini mungkin sangat umum dan sering kali Anda dengar. Namun tak bisa dipungkiri bahwa menabung memiliki segudang manfaat terutama untuk kesehatan finansial. Merubah kebiasaan boros dengan cara menabung memang bukanlah hal yang gampang karena tak semua orang menyadari akan pentingnya menabung.

  • Buat Anggaran Belanja.

Cara selanjutnya untuk mencegah terjadinya perilaku boros adalah dengan membuat anggaran belanja bulanan. Dengan membuat anggaran belanja bulanan maka Anda mencegah terjadinya pengeluaran lebih. Pastikan bahwa anggaran belanja berisi semua kebutuhan selama sebulan dan bukan keinginan yang tidak terlalu penting. Dengan adanya anggaran belanja Anda juga bisa mengetahui perencanaan pengeluaran secara jelas.

  • Utamakan Kebutuhan

Hal penting untuk menghindari kebiasaan boros adalah dengan menyadari bahwa kebutuhan pokok lebih penting daripada keinginan yang belum tentu bermanfaat. Usahakan untuk selalu mengutamakan belanja kebutuhan pokok sehingga keuangan tidak mengalami kekurangan. Cara ini juga menghindari adanya hutang.

  • Kurangi nongkrong

Nah, kebiasaan ini yang sering menyebabkan seseorang memiliki perilaku boros. Kebiasaan suka nongkrong di kafe atau rumah makan menyebabkan Anda harus mengeluarkan dana yang sebenarnya bisa untuk anda simpan. Coba untuk makan dirumah dan merubah kebiasaan ngonkrong.

  • Investasi

Cara lain selain menabung adalah dengan berinvestasi. Dengan melakukan investasi maka Anda merubah pola pikir Anda menjadi lebih dewasa dalam mempersiapkan masa depan. Investasi memiliki banyak manfaat dan keuntungan.

Cobalah untuk menerapkan lima cara mengubah pola hidup konsumtif pada hidup Anda dan mulailah berhidup hemat. Terimakasih