perkembangan anak usia 4 tahun
Source: Pexels.com

Baruterus.com – Orang tua tentu bahagia ketika tahu bahwa mereka akan mendapatkan momongan baru. Selain menjadi pelengkap bagi kebahagiaan orang tua, kehadiran adik kecil bagi si kakak diharapkan bisa membuatnya semakin bahagia. Punya teman main dan tidak kesepian di rumah.

Di masa perkembangan anak usia 4 tahun, anak bisa dianggap telah cukup besar untuk punya adik baru. Namun, jangan sampai lupa bahwa kehadiran adik kecil juga bisa menimbulkan persaingan alih-alih saling menyayangi antar sesama saudara. Ketika lahir, si kecil tentu membutuhkan banyak perhatian dari ayah dan ibu. Hal tersebut bisa membuat sang kakak merasa tersisihkan. Jika sampai demikian, bisa-bisa ia menganggap kehadiran adiknya telah merenggut ayah dan ibu.

Untuk menghindarinya, orang tua harus pandai-pandai mengajari sikap saling menyayangi agar kakak bisa menjadi saudara yang baik bagi sang adik. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan.

  1. Libatkan Kakak mengurus adiknya

Beri kesempatan sang kakak untuk ikut merawat adiknya sedari dini. Ajari Kakak untuk membantu memenuhi kebutuhan Adik baik itu nutrisi maupun perhatian. Misalnya ketika si kecil menangis karena haus, ajak sang kakak untuk ikut menyiapkan susu formula. Biar Kakak saja yang memberikan botol susu kepada adiknya.

Jika pada perkembangan anak 4 umur tahun sang kakak sudah bisa bercerita, dorong ia untuk bercerita pada adiknya sebelum tidur. Atau sekadar menepuk lembut punggung dan mengelus-elus kepada sang adik agar cepat terlelap.

Jika Kakak tidak sengaja membuat Adik menangis, jangan biarkan ia merasa bahwa dirinya adalah pembuat masalah. Ajarkan Kakak untuk menenangkan adiknya sendiri. Dengan begitu ia akan belajar untuk mengungkapkan rasa sayang pada sang adik melalui tindakan.

  1. Adik dan Kakak tidak usah disama-samakan

Anak mungkin tidak akan secara langsung bertanya siapa di antara mereka yang lebih disayangi oleh ayah dan ibu, tapi tentu mereka bisa merasakannya. Daripada berkata bahwa Anda menyayangi semua anak dengan sama rata, lebih baik beri tahu anak-anak bahwa Anda mencintai mereka secara unik satu sama lain. Katakan bahwa setiap adik dan kakak memiliki tempat masing-masing di hati orang tua yang tidak bisa digantikan oleh siapa pun.

Hal berikutnya yang harus dihindari adalah membanding-bandingkan. Sebagai gantinya, berikan pujian untuk sifat-sifat unik masing-masing anak. Misalnya, si kecil yang tidak pilih-pilih makanan atau sang kakak yang rajiin membereskan tempat tidur. Dengan demikian anak-anak akan menyadari bahwa mereka mempunyai kelebihan masing-masing tanpa harus berkompetisi.

  1. Luangkan waktu untuk Kakak

Anak yang baru lahir pasti menyedot lebih banyak perhatian ayah dan ibu. Tetapi, selalu usahakan Anda punya cukup waktu untuk berinteraksi dan memenuhi kebutuhan sang kakak. Meski telah memasuki masa perkembangan anak umur 4 tahun, ia masih membutuhkan banyak bantuan dari orang tuanya.

Pikirkan cara-cara agar anak yang lebih besar tidak merasa disisihkan tiap kali Anda mengurusi adik bayinya. Sekali-sekali, jadikan mereka sebagai prioritas ketika kedua anak sama-sama membutuhkan perhatian. Tidak apa-apa membiarkan bayi menunggu beberapa menit selama Anda memenuhi kebutuhan kakaknya lebih dulu.

Mendidik anak untuk terbiasa berbagi berbagai hal termasuk perhatian orang tua akan mencegah mereka tumbuh sebagai anak yang egois.

  1. Jangan hindari konflik. Hadapi!

Pertengkaran antara kakak dan adik bisa jadi sesuatu yang tidak mungkin terleakkan. Meski mereka saling menyayangi, ada saat-saat tertentu ketika mereka memiliki pemahaman yang berbeda tentang sesuatu hingga berakhir dengan pertengkaran.

Sebagai orang tua, jelaskan bahwa berbeda pendapat atau merasa marah kepada seseorang adalah hal yang wajar bahkan kepada orang yang kita sayangi. Ingatkan mereka bahwa rasa marah tidak boleh membuat rasa peduli mereka satu sama lain menjadi berkurang. Setelah itu bantu mereka mencari cara-cara positif untuk mengungkapkan perasaan mereka hingga bisa kembali berbaikan.

  1. Ubah persaingan jadi kerjasama

Anak-anak mungkin akan berusaha menarik perhatian orang tua dengan berbagai cara. Ketika mereka berebut untuk membantu Anda membuat kue di dapur, berikan mereka peran masing-masing. Dorong mereka untuk bekerja sama membantu Anda. Jika cara tersebut tidak berhasil, ajarkan mereka untuk melakukannya secara bergiliran.

Membesarkan beberapa anak tentunya bukan hal yang mudah. Bayi yang baru lahir akan membuat Anda mencurahkan banyak perhatian dan tenaga. Si kakak yang memasuki masa perkembangan anak usia 4 tahun juga membutuhkan bimbingan Anda untuk tumbuh kembangnya. Ketika sang kakak menyayangi adik dan bersedia ikut membantu orang tua merawatnya, tentu akan meringankan sidikit beban orang tua.