Tips Mengatur Keuangan

Baruterus.com – Siapa yang tak suka berbelanja? Hampir semua orang pasti suka berbelanja. Namun sayangnya tak semua orang bisa mengendalikan kesukaan akan berbelanja. Terkadang, hanya karena berbelanja kita harus mengeluarkan uang yang banyak dan tidak jarang pengeluaran menjadi membengkak karena belanja. Padahal, belanja seharusnya dilakukan atas dasar kebutuhan bukan karena keinginan. Nah, untuk bisa mengendalikan kebiasaan berbelanja, simak ulasan berikut ini mengenai tips pintar mengelola keuangan belanja bulanan agar tidak boros.

Belanja bulanan sebenarnya adalah membeli keperluan dan kebutuhan selama satu bulan ke depan, yang artinya barang yang dibeli adalah barang-barang kebutuhan. Namun kita sering tidak sadar. Ketika sudah berada di pusat perbelanjaan, barang-barang yang tidak masuk list atau daftar belanjaan pun juga ikut kebeli. Hal ini biasanya dilakukan oleh para wanita. Barang-barang yang sebenarnya belum kita butuhkan tetap saja kita beli. Kebiasaan ini lah yang sering menyebabkan pengeluaran bulanan kita membengkak dan melebihi dari yang kita rencanakan.

Tips mengelola keuangan untuk belanja bulanan.

Mengelola keuangan memang bukan lah hal yang mudah. Banyak orang yang tak bisa mengelola keuangannya sehingga muncullah masalah-masalah keuangan misalnya saja hutang. Hal tersebut dapat terjadi karena pengelolaan keuangan yang tidak baik. Berbelanja bukan hanya sekedar membeli sesuatu dan menghabiskan uang saja. Nah, lalu bagaimana caranya mengelola keuangan untuk kebutuhan belanja bulanan agar tidak boros? Simak beberapa tips pintar berikut ini.

  • Buat Daftar Kebutuhan

Hal paling pertama dan sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik adalah dengan membuat daftar kebutuhan selama bulanan. Ingat, yang ditulis adalah daftar kebutuhan, bukan keinginan yang akan dibeli. Usahakan semua kebutuhan pokok dicantumkan karena hal yang harus dipenuhi pertama kali adalah kebutuhan pokok. Daftar belanja ini lah yang nantinya menjadi rem ketika Anda ingin menghabiskan uang untuk konsumtif. Jangan lupa membuat daftar untuk kebutuhan mendadak sebagai cara untuk berjaga-jaga jika terjadi kejadian yang membutuhkan uang secara mendadak.

  • Sesuaikan Dengan Anggaran

Jika telah menyusun daftar-daftar belanjaan maka selanjutnya Anda harus sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Jangan sampai daftar yang Anda buat justru melebihi dari anggarannya. Sesuaikan kebutuhan dengan dana, jika dananya tidak mencukupi maka saring lagi kebutuhan manakah yang bisa ditunda untuk tidak dibeli dahulu. Saya pribadi menggunakan Buxfer sebagai aplikasi budgeting dan pencatatan pengeluaran saya. Selain Buxfer banyak juga aplikasi budgeting lainnya seperti yang dilansir di techinasia ini.

  • Pilih Tempat Belanja

Tempat belanja ternyata sangat mempengaruhi seseorang dalam berbelanja. Anda harus benar dan tepat memilih tempat berbelanja. Misalnya saja jika Anda membutuhkan kebutuhan pokok seperti beras dan sayuran maka Anda bisa memilih pasar tradisional saja dan tidak perlu pergi ke tempat perbelanjaan seperti mall. Anda bisa juga bandingkan harganya, selain itu di pasar tradisional Anda bisa menawar harga. Anda bisa juga memanfaatkan diskon – diskon yang gencar ditawarkan oleh toko – toko online seperti contohnya diskon baju yang satu ini. Namun hati – hati, jangan sampai termakan diskon, tetap harus bijak mengatur pengeluaran dengan membeli barang – barang yang memang kita butuhkan saja.

Tak perlu membawa gengsi karena berbelanja di pasar. Karena jika Anda untuk membeli kebutuhan pokok yang bisa didapatkan di pasar tradisional saja, maka mengapa harus ke mall yang nantinya malah menggoda Anda untuk berbelanja dan konsumtif. Pilihlah tempat berbelanja yang bisa membuat Anda hemat bukan justru membuat Anda boros.

  • Jangan Mudah Terpengaruh Diskon

Diskon adalah salah satu hal yang sering membuat wanita boros. Ketika melihat kata diskon, seperti melihat emas yang harus segera dibeli. Padahal meskipun diskon, Anda harus tetap selektif ketika berbelanja. Pikirkan terlebih dahulu apakah barang diskon tersebut adalah barang yang Anda butuhkan. Tidak ada masalah jika barang yang didiskon adalah barang yang Anda butuhkan. Namun jika tidak, lebih baik tahan dan jangan membelinya karena hal tersebut hanya akan membuat Anda boros.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam mengelola keuangan belanja bulanan agar tidak boros. Yang paling penting adalah konsistensi antara daftar kebutuhan dengan realisasinya. Selain itu terapkan hidup hemat untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan boros. Semoga bermanfaat.

Image Source: growmortgages.com