tips mendidik anak

Mempunyai anak cerdas adalah suatu harapan semua orang tua. Tips mendidik anak bisa dimulai  sejak masih dalam kandungan. Bahkan sejak masih  berbentuk janin, orang tua bisa melihat perkembangan kecerdasan calon bayinya. Untuk dapat  seperti itu, orang tua perlu  memperhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu terpenuhinya keperluan biomedis, kasih sayang, dan juga stimulasinya. Membahas tentang kecerdasan, tentu saja tidak dapat  lepas dari masalah kualitas otak, sedangkan kualitas otak itu dipengaruhi oleh beberapa fakor. Secara umum, perkembangan positif kecerdasan sejak dalam kandungan dapat terjadi dengan memperhatikan beberapa aspek. Diantaranya  yaitu:

  • Asupan Nutrisi Yang Tercukupi

Berbagai kebutuhan biologis atau fisik berupa nutrisi untuk  ibu hamil perlu untuk selalu  terpenuhi. Seorang ibu hamil, asupan gizinya harus diperhatikan. Itu artinya asupan seperti protein, karbohidrat, dan mineral harus terpenuhi dengan baik. Disamping itu, seorang ibu hamil tidak akan menderita penyakit yang bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak dalam kandungannya. Pemenuhan nutrisi sebenarnya bukan  hanya saat ibu mengandung, melainkan saat ia siap untuk mengandung juga sudah perlu  memperhatikan gizi, makanan dan komposisi nutrisi yang lengkap.  Sehingga saat hamil, dari segi fisik maupun mental sudah siap dan proses kehamilan akan berlangsung seperti yang diharapkan.

Namun, memang di beberapa negara berkembang biasanya dapat dikatakan masih sangat sedikit  ada keluarga yang mempersiapkan kehamilan dengan baik. Bahkan seringkali ada kehamilan dianggap sebagai suatu yang tidak perlu persiapan banyka. Beda halnya dengan yang terjadi di beberapa negara maju. Hal tersebut yang cenderung menjadi penyebab awal mengapa sebagian anak yang lahir lalu  tidak berkualitas, sebab orang tua seakan kurang  siap dalam semua hal untuk mendidik anaknya.

  • Pemenuhan Kasih Sayang Yang Dibutuhkan

Seorang ibu perlu menerima kehamilan itu dengan hati yang ikhlas dan tulus, serta merupakan kehamilan yang benar-benar diharapkan. Tanpa adanya kasih sayang, tumbuh kembang bayi tidak akan maksimal. Ibu hamil perlu mempersiapkan berbagai hal dan bisa menerima resiko dari kehamilannya. Risiko tersebut seperti seorang wanita pekerja  yang hamil, saat ia merasa terbebani dan cemas  kehamilannya akan mengganggu  pekerjaannya. Ia sebenarnya ingin hamil, namun disisi lain juga merasa tidak nyaman dengan kehamilannya. Keadaan seperti ini tidak baik dalam merangsang perkembangan bayi dalam kandungannya.  

 

Cara melatih anak Agar Tidak Menangis Ketika Dimandikan

Berikut ini diantaranya;

  • Jangan Memaksanya

Saat ibu melihat jam dan sudah menunjukan waktu atau jadwal mandi si kecil  dan ketika ibu akan  membuka bajunya atau mempersiapkan semua peralatan mandi buah hati Anda sudah mulai terlihat merengek. Maka lebih baik Anda jangan memaksanya terlebih dahulu. Jika pada saat ibu memasukkan buah hati Anda kedalam air dan ia berubah menjadi histeris, maka tidak ada salahnya membawa kembali si kecil dan meletakkannya di kasur. Aktivitas dalam memandikan bayi memang bertujuan agar dapat  membersihkan si kecil serta  merelaksasi tubuhnya. Namun bukan berarti Anda memaksanya dan mengabaikan rengekan si kecil. Sebaliknya, Anda harus memmandikan  si kecil  dengan mengelapnya menggunakan washlap atau sponge yang sudah basah.

  • Ikut Mandi Bersama Si Kecil

Terdapat beberapa  bayi yang menganggap bak mandi itu nampak menyeramkan. Apalagi juga ada  gelembung dan busa sabun yang memenuhi semua bak mandi. Selain itu juga air yang mengisi didalamnya seakan  menjadi hal yang akan sangat menakutkan untuk beberapa bayi. Dalam meyakinkan pada si kecil  bahwa kegiatan mandi dengan bermain busa merupakan  hal yang menyenangkan, maka sebaiknya Anda ikut mandi bersama dengan mereka. Hampir sama dengan orang dewasa, anak bayi juga harus diyakinkan betul bahwa apa yang akan dihadapinya merupakan hal yang aman. Dengan begitu Anda bisa  ikut bergabung bersama dengan anak  Anda ketika mandi. Disamping itu, jangan lupa buat game atau permainan lucu dan bermain bersama dengan buah hati Anda. Saat  bayi mendapati wajah Anda menyenangkan dan tenang, maka hal ini akan bisa  membuat bayi yakin bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan untuk dilakukan.

  • Jangan Terlihat  Panik

Sebagian ibu, terutama ibu baru yang akan merasa cemas sehingga wajah tidak tenang dan tegang juga akan secara spontan terlintas pada wajahnya. Saat ekspresi Anda tidak meyakinkan bahwa apa yang akan dihadapi si kecil merupakan  hal yang aman, bukan hanya bayi Anda orang lain yang Anda mandikan saja mungkin akan ikut khawatir juga.

Cara Mendidik Anak Agar Terbiasa Makan Bersama Keluarga

Sebagai orang tua tentu saja Anda  ingin menanamkan berbagai hal baik untuk si kecil  sehinngga mempunyai karakter yang baik dan kuat. Karakter sendiri bukan  merupakan suatu hal yang merupakan  jenis aspek diturunkan dan diwariskan, akan tetapi karakter itu sendiri ditanamkan, dibangun dan dibentuk lalu dikembangkan secara sadar oleh anak itu sendiri. Oleh sebab itu pada akhirnya Anda tidak mempunyai  kendali penuh atas karakter seperti apa yang anak Anda miliki. Berangkat dari hal tersebut bila dipahami  pendidikan karakter sebaiknya diterapkan sejak kecil di dalam berbagai aspek  kehidupan kita, terutama anak-anak yang sedang  mengalami masa perkembangan.


Sebelumnya mungkin Anda pernah mendengar tentang teori tabula rasa yang menganggap anak sebagai sebuah kertas kosong yang siap di gambar dan diisi dengan berbagai macam coretan. Oleh sebab itu, kesempatan terbaik untuk Anda sebagai orang tua yang ingin menanamkan karakter dan kebiasaan baik yaitu pada saat mereka masih berusia dini dan mudah mengerti serta belajar berlaku sebagaimana yang ditunjukan dan disarankan orang tua. Tips mendidik anak memang harus selalu diperhatikan oleh semua orang tua.

Selain itu, Anda perlu mendidik anak Anda tidur teratur karena kekurangan tidur bisa mengakibatkan anak menjadi cemas dan sulit konsentrasi dalam belajar. Anda bisa membaca info nya di Awal Nestle.