tips ibu hamil muda
Image Source: Dailymail

Baruterus.com –┬áTips ibu hamil muda yang satu ini sebenarnya tidak diperlukan lagi bagi masyarakat Israel atau Yahudi. Ibu tahu mengapa? Setidaknya ada dua alasan. Yang pertama, bagi orang Yahudi, merokok merupakan hal yang sangat tidak bermoral. Jadi, bisa dibayangkan sangat sedikit orang yang merokok apalagi di depan khalayak umum. Yang kedua, kalaupun ada yang merokok, ia akan langsung mematikan rokoknya tersebut ketika melihat ada seorang wanita hamil. Hebat, bukan?

Sayangnya, kesadaran seperti itu belum ada pada masyarakat kita. Jangankan merasa bersalah jika merokok di depan umum, merokok di dalam ruangan yang ada wanita hamil saja dianggap hal yang lumrah. Padahal polusi udara seperti asap rokok ini membahayakan kecerdasan buah hati ibu seperti yang dilansir di Bidanku.

Sangat sulit sekali untuk meminta seorang perokok untuk mematikan rokok jika ada seorang ibu hamil. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika ibu hamil yang menjalankan tips kehamilan muda berikut ini agar terhindar dari bahaya asap rokok.

Menggunakan Masker

Ini cara termudah yang bisa ibu lakukan. Kemanapun ibu pergi, sebaiknya kenakan saja masker, terutama ketika berada di luar rumah. Masker memang tidak bisa membuat 100% terhindari dari asap. Hanya saja, setidaknya masker akan menyering udara sehingga tidak semua asap terhirup.

Menggunakan Ruangan Kerja Sendiri

Jika ibu seorang wanita karir di mana ada perokok yang sering merokok di ruangan kerja, akan lebih baik ibu meminta atasan ibu untuk memindahkan ke ruangan khusus sementara. Selama masa kehamilan, ibu bisa meminta izin kepada atasan untuk mengerjakan pekerjaan di ruangan kerja khusus yang bebas asap rokok. Toh sekarang beberapa pekerjaan bisa dilakukan di mana saja asalkan ada laptop. Jadi, bukan tidak mungkin tips hamil muda ini bisa diterapkan.

Ruangan Dengan Ventilasi Besar

Salah satu solusi agar ibu terhindar dari dampak buruk terhadap asap rokok adalah membuat sedemikian rupa sehingga sirkulasi udara bisa sangat lancar. Caranya dengan membuat ventilasi yang sangat besar. Dengan demikian, asap rokok yang mungkin ada di dalam ruangan bisa dengan mudah keluar ruangan.

Akan lebih baik juga jika ada exhaust. Ini adalah alat yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam ruangan ke luar ruangan. Exhaust ini juga akan lebih cepat mengeluarkan asap rokok ke luar ruangan.

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Yang paling dikhawatirkan dari asap rokok adalah bagaimana jika ternyata hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil. Dan inilah fokus utama dari semua cara menjaga kesehatan ibu hamil muda. Kesehatan ibu yang kurang baik akan berdampak buruk bagi perkembangan bayi di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, menguatkan sistem kekebalan tubuh menjadi satu hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Menambahkan suplemen juga dibutuhkan seperti mengkonsumsi susu ibu hamil terbaik, yaitu susu Frisian Flag Mama. Jadi, kalaupun asap masuk ke dalam tubuh dan berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan, secara otomatis tubuh akan melakukan langkah preventive.

Terlepas dari itu semua, sangat diharapkan adanya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil muda. Dan ini bisa dilakukan jika udara bebas dari asap rokok. Setidaknya, jika suami ibu perokok, sebaiknya ibu memberikan masukan agar ia tidak merokok di dalam rumah. Ini menjadi langkah yang paling penting sebagai tips ibu hamil muda mengingat banyak waktu yang ibu habiskan di dalam rumah. Jadi, ibu harus pastikan udara di dalam rumah sehat dan bebas asap rokok.