hemat-bahan-bakar

Baruterus.com – Taraf hidup di masa modern seperti ini selalu naik setiap saatnya. Apalagi jika hidup di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan kota lainnya. Jadi, untuk bisa berhemat menjadi lebih sulit dibanding dengan hidup di desa. Salah satu post pengeluaran yang besar selain untuk makan adalah untuk transportasi. Terlebih lagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Memang sulit sih, tetapi ternyata ada beberapa cara berhemat salah satunya dengan cara hemat BBM. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai 6 cara menghemat Bahan Bakar yang tentu bisa Anda terapkan sendiri.

Ketika mendengar harga BBM naik, tentu sebagai pemilih mobil atau motor dan menggunakannya sehari-hari tentu jadi lebih pusing ya, karena pengeluaran untuk beli BBM jadi lebih tinggi. Mahalnya harga bbm ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti menipisnya ketersediaan bahan bakar dan juga karena memang kenaikan harga minyak dunia yang mau tidak mau pemerintah harus menaikkan harga BBM. Nah, jika harga BBM sudah mahal lalu yang paling tepat dilakukan sebenarnya adalah melakukan penghematan konsumsi BBM.

Membahas mengenai cara menghemat bahan bakar kendaraan, tentu sebenarnya berangkat dari diri kita masing-masing. Tidak mungkin bisa berhemat jika memang tidak ada niat untuk berhemat. Pengurangan konsumsi bahan bakar ini bisa Anda lakukan dengan mengefisienkan penggunaan bahan bakar. Namun memang hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan karena padatnya aktivitas yang mau tidak mau mebutuhkan transportasi dan konsumsi bahan bakar. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar dan bisa Anda terapkan oleh keluarga.

  • Perhatikan Kode Depan SPBU

Memperhatikan kode depan SPBU ini sangat jarang dilakukan karena mungkin ketidaktahuan masyarakat akan hal ini. Setiap SPBU pasti memiliki kode depan yang terdapat pada plang nama SPBU. Untuk angka pertama biasanya menunjukkan kode wilayah SPBU sedangkan angka selanjutnya adalah menunjukkan kepemilikan. Angka kedua ini yang penting, usahakan Anda memilih yang angka keduanya adalah 1 karena berarti kepemilikannya adalah Pertamina sendiri.

  • Isi BBM di Pagi Hari

Mengapa? kebanyakan SPBU menyimpan stock BBM di bawah tanah. Diyakni jika semakin dingin tanah maka bahan bakarnya bertekstur lebih kental dari biasanya sedangkan jika siang atau jika temperatur mulai panas, bahan bakar menjadi lebih mengembang. Waktu pagi paling tepat untuk mengisi BBM karena diyakini dengan tekstur yang lebih kental maka BBM yang masuk ke tangki lebih banyak.

  • Isi BBM Saat Tangki Masih Setengah Penuh

Anda bisa coba mengisi BBM saat tangki masih setengah penuh. Hal ini dikarenakan jika Anda mengisi BBM masih sedikit maka tangki kosong dan BBM menguap lebih cepat. Maka dari itu lebih baik jika Anda mengisi BBM ketika tangki masih setengah penuh.

  • Atur Batas Kecepatan Kendaraan.

Selain itu, Anda bisa menghemat bahan bakar dengan cara mempertahankan laju kendaraan dengan kecepatan rata-rata yang ditentukan. Usahakan Anda bisa mengendarai dengan kecepatan yang stabil.

  • Gunakan Gigi yang Tepat

Jika motor atau mobil Anda adalah tipe kendaraan ber gigi maka usahakan untuk tidak menggunakan gigi rendah atau gigi tinggi secara terus menerus apalagi jika sedang berada di tanjakan.

  • Hindari Kemacetan

Nah, jika Anda ingin menghemat bahan bakar maka hindarilah tempat-tempat yang biasanya macet karena tentu akan memperlambat laju kendaraan Anda dan menjadikan pemborosan bahan bakar.

Itulah 6 cara berhemat bahan bakar yang bisa Anda terapkan sendiri dan keluarga. Selama Anda bisa berhemat, kenapa tidak? Penghematan yang Anda lakukan sekarang akan berpengaruh dengan ketersediaan bahan bakar di masa yang akan datang. Terimakasih.