tahap perkembangan anak
Source: WebMD

Baruterus.com – Berdecak, menggumam, serta menirukan bunyi-bunyian yang ada di sekitarnya adalah salah satu dari beberapa hal yang bisa Anda amati dari tahap perkembangan  anak umur 5 bulan. Pada usia ini bayi mulai melatih kemampuan berbahasanya. Selain menatap Anda lekat-lekat saat Anda berbicara padanya dan menirukan kata-kata atau suara yang ia dengar, bayi usia 5 bulan sudah bisa membuat suara yang berbeda ketika ia lapar, buang air, atau ketika ia merasa tidak nyaman. Jika selama ini Anda  yang menumpahkan perhatian padanya, Anda akan segera menyadari bahwa si kecil mulai membalas perhatian Anda dengan cara merentangkan kedua lengannya lebar-lebar untuk dipeluk dan tertawa saat Anda membuat ekspresi wajah atau suara yang lucu.

Pada usia 5 bulan, bayi belajar untuk mengekspresikan emosinya. Ia akan tersenyum dan tertawa ketika merasa nyaman dan senang. Ia juga akan tampak cemberut atau menangis ketika merasa marah atau sedih. Lebih jauh lagi, pada usia ini bayi mulai belajar tentang dirinya. Ia belajar mengenali perbedaan antara orangtua, pengasuh, orang asing, dewasa, dan anak-anak.

Perkembangan bayi pada usia 5 bulan juga mencakup bagaimana bayi mulai membentuk ikatan dengan kedua orangtua, pengasuh, anggota keluarga lain yang dekat, serta menikmati waktu yang ia habiskan bersama mereka. Bayi Anda mungkin tampak takut atau waspada pada orang dewasa yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Hal ini normal karena ia sedang belajar untuk bagaimana merasa aman. Cukup beri bayi Anda waktu, maka ia akan terbiasa dengan orang-orang baru.

Keterampilan Motorik Bayi Saat Melewati Tahap Perkembangan Anak

Seiring berjalannya waktu, otot bayi Anda akan semakin kuat. Bayi Anda akan makin sering menggerakkan kepala seperti yang ia inginkan. Ia juga mulai banyak menggerakkan anggota badannya untuk meraih sesuatu, menggeliat, dan berguling. Bayi Anda akan belajar duduk dengan posisi tegak. Ia memang masih harus disangga dengan sandaran bantal atau tubuh Anda agar otot punggungnya cepat kuat dan tidak bengkok, dan ia masih harus bertumpu dengan kedua tangannya. Tapi ia mungkin juga bisa duduk tegak tanpa sandaran selama beberapa detik lamanya.

Untuk membantu bayi Anda duduk, posisikan kakinya membentuk huruf V. Ini akan membantu menyempurnakan keseimbangannya ketika duduk dan mengurangi resiko jatuh terguling. Begitu bayi Anda dalam posisi ini, letakkan sesuatu di depannya untuk ia mainkan. Anda juga bisa mengajak bayi bermain dengan posisi tengkurap. Kepala dan dada yang terangkat waktu ia tengkurap akan membantu menguatkan otot leher dan kontrol kepala yang baik, yang bayi Anda butuhkan untuk dapat duduk tegak.

Hal lain yang bisa Anda lihat dari perkembangan bayi 5 bulan ini adalah bagaimana genggamannya yang semakin kuat. Bayi Anda bisa meraih suatu barang, lalu menggenggamnya di sebelah tangan, kemudian memindahkannya ke tangan yang lain. Bayi Anda mungkin juga sudah bisa memegang botol atau gelas bermoncong dengan kedua tangannya. Pastikan benda apapun yang dipegang oleh bayi Anda terbuat dari bahan yang tidak tajam dan tidak mudah pecah, karena bayi Anda akan sering membanting atau mengguncang-guncangkannya.

Pada usia 5 bulan, indera pengecapan, pendengaran, dan penglihatan bayi berkembang pesat. Hal yang bisa Anda amati pada perkembangan bayi 5 bulan ini adalah bayi sering memasukkan benda ke dalam mulutnya. Ini karena mulut dan lidah bayi memiliki ujung-ujung saraf yang lebih banyak dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya, sehingga ia ingin mengetahui rasa dari segala sesuatunya. Cuci atau bersihkan mainan bayi Anda secara berkala, apalagi jika ada bayi lain yang ikut bermain bersama.

Selain pengecapan, indera penglihatannya juga ikut berkembang. Bayi Anda kini dapat mengenali benda-benda kecil, seperti misalnya kelereng yang diletakkan di atas lantai dan benda yang bergerak misalnya kupu-kupu yang terbang di taman. Ia mulai dapat memahami bahwa ketika ia meletakkan suatu benda dan meninggalkannya, benda itu masih akan berada di sana sampai ia kembali. Persepsi bayi Anda terhadap warna juga semakin menajam hingga suatu titik dimana ia dapat membedakan nada warna yang berbeda dari satu jenis warna yang sama.

Menstimulasi Tahap Perkembangan Anak Umur 5 Bulan

Stimulasi yang berkelanjutan penting untuk tumbuh kembang yang optimal. Stimulasi yang tepat tidak hanya dapat membantu menguatkan otot dan tulang sehingga menunjang kemampuan motorik si kecil, namun juga dapat membantu memperkuat hubungan antar sel-sel otak sehingga bayi atau balita berpotensi memiliki kecerdasan yang bervariasi nantinya. Stimulasi untuk mendukung perkembangan bayi 5 bulan antara lain sebagai berikut:

  • Perbanyak bicara dengan bayi Anda. Perhatikan tiap bayi Anda membuat suara. Sebaliknya, ketika Anda bicara, tatap bayi Anda dan buat mimik wajah yang sesuai sehingga ia belajar mengenali hubungan antara kata dan perasaan.
  • Mainkan musik. Bayi suka mendengar suara musik, oleh sebab itu mainkan musik apa saja mulai dari klasik, jazz, pop, hingga musik tradisional. Perhatikan bahwa bayi Anda mungkin akan bertepuk tangan, tersenyum, bahkan berusaha menirukan musik yang ia dengar.
  • Letakkan mainan di salah satu tangan bayi Anda, kemudian pindahkan ke tangan satunya. Lakukan sambil menyebutkan nama benda tersebut.

Dengan cara ini pada tahap perkembangan anak, bayi Anda akan belajar memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain, juga belajar mengenal kosakata baru. Selain perkembangan fisik, Anda perlu menjaga berat badannya tetap ideal. Bagaimana caranya? Mari kita simak tulisan dari Nestle.