sukses-ujian-nasional

Baruterus.com – Seperti yang diketahui bersama, ujian nasional atau UN adalah langkah akhir yang harus ditempuh oleh murid dalam menyelesaikan tingkat pendidikannya. Baik sekolah dasar, menengah maupun tinggi pasti menghadapi ujian nasional untuk menentukan kelulusannya. Memang, sampai sekarang ujian nasional masih menjadi standar kelulusan siswa dan karena itulah Ujian Nasional banyak dianggap siswa sebagai momok mengerikan dalam dunia pendidikan. Nah, untuk bisa menghadapi ujian nasional dengan baik maka siswa perlu mempersiapkannya dengan optimal seperti yang ada pada 7 kiat sukses hadapi ujian nasional pada artikel berikut ini.

Terkadang, banyak orang yang berfikir bahwa tidak adil jika nasib tiga tahun hanya ditentukan selama tiga hari dengan ujian nasional. Akan tetapi, memang ujian nasional digunakan sebagai sarana untuk menguji siswa yang nantinya digunakan untuk memutuskan apakah siswa tersebut layak untuk lulus atau tidak. Artinya, jika nilainya baik maka siswa bisa lulus dan melanjutkan pendidikannya. Namun jika nilai tidak mencukupi maka siswa tidak lulus dan harus mengulang pendidikannya.

Lalu jika ujian nasional dijadikan sebagai penentu kelulusan siswa berarti siswa harus mempersiapkan diri baik ilmu pengetahuan maupun mental untuk menghadapinya. Biasanya sebelum menghadapi ujian nasional, baik pihak guru, sekolah atau dari siswanya sendiri mempersiapkan sebaik mungkin, tak ketinggalan juga mempersiapkan peralatan untuk ujian nasional. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut kami bahas mengenai kiat sukses dalam menghadapi ujian nasional agar dapat berjalan dengan lancar. 7 kiat sukses menghadapi ujian nasional yang bisa dipraktekkan:

  • Belajar Contoh Soal UN

Salah satu cara belajar yang benar dalam mempersiapkan ujian nasional adalah dengan mempelajari contoh soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. Memang setiap tahun pasti ada perubahan, namun setidaknya soal ujian nasional tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.

  • Ikuti Try Out

Saat menjelang ujian nasional, pasti banyak ya lembaga-lembaga ataupun sekolah yang mengadakan try out. Dengan mengikuti try out ini sama saja melatih kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang tidakjauh berbeda dengan ujian nasional pada umumnya. Selain itu, dengan mengikuti try out siswa dapat mengukur kemampuannya dengan hasil yang diperolehnya saat try out dan sebagai sarana evaluasi siswa.

  • Ikut Bimbel

Salah satu mempersiapkan ujian nasional yang banyak dipilih oeh siswa adalah dengan mengikuti bimbingan belajar. Biasanya bimbingan belajar akan membantu siswa dalam berkonsentrasi belajar dan melengkapi kebutuhan siswa dalam hal pelajaran. Dalam bimbel juga biasanya siswa diberikan cara-cara mudah dalam menjawab soal yang tentu sangat membantu kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional.

  • Buat Jadwal Belajar

Terkadang hal ini tidak dilakukan oleh siswa padahal dengan membuat jadwal belajar dan menerapkannya membuat siswa disiplin dalam waktu dan bisa konsisten serta konsentrasi belajar bertambah.

  • BentukKelompok Belajar

Kiat selanjutnya adalah membuat kelompok belajar. Dengan membentuk kelompok belajar maka masing-masing siswa bisa aktif dan termotivasi untuk belajar. Selain itu, bagi siswa yang tidak aktif dan percaya diri di kelas bisa turut aktif di kelompok belajarnya.

  • Jaga Kesehatan

Selain belajar, siswa juga perlu memperhatikan kesehatannya. Jangan memforsir diri dengan belajar terus, namun istirahat yang cukup dan menjaga kesehatan juga penting untuk dilakukan agar ketika ujian nasional tubuh tetap fit.

  • Banyak berdoa

Jika berusaha sudah, maka tinggallah berdoa dan pasrah terhadap semua rencana-Nya. Berdoalah agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal dengan benar dan tidak terjadi halangan apapun selama ujian nasional berlangsung.

Demikianlah 7 kiat sukses hadapi ujian nasional yang dapat diterapkan. Semoga siswa-siswi yang sedang menghadapi ujian nasional diberikan kelancaran dan kemudahan serta kesuksesan dalam Ujian Nasional (UN).