perkembangan bayi 8 bulan
Source: Stylesatlife

Baruterus.com –  Perkembangan bayi 8 bulan sudah mulai banyak menunjukkan kemajuan baik dari segi motorik, kognitif maupuan emosionalnya. Pemberian beberapa stimulus, baik kasar maupun halus akan memaksimalkan tumbuh kembang bayi 8 bulan. Beberapa hal yang menunjukkan perkembangan bayi 8 bulan misalnya bayi sudah mulai duduk bahkan merangkak dan berdiri.

Pemberian stimulus adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan Ibu selain cara perawatan bayi agar perkembangan bayi 8 bulan berjalan sesuai harapan. Stimulasi untuk mendukung perkembangan bayi 8 bulan antara lain sebagai berikut:

  • Letakkan mainan agak jauh agar bayi berusaha menggapainya. Bayi 8 bulan akan berguling, mencoba berdiri, atau merambat di meja dan kursi untuk meraihnya. Pada akhirnya, ia akan belajar cara yang lebih efektif yaitu merangkak.
  • Mengajak bermain petak umpet untuk mempelajari keberadaan benda dan melatih motorik kasarnya. Ibu bisa mencoba bersembunyi di tempat yang mudah ditemukan. Panggil bayi agar mencari sumber suara. Bayi 8 bulan akan berusaha merangkak mencari keberadaan Ibu.
  • Melatih bayi 8 bulan berdiri dengan memberikan sandaran atau pegangan. Ibu harus memastikan keamanan dengan meletakkan bayi di sofa atau karpet empuk untuk menghindari cidera.
  • Rangsang motorik bayi melalui mainan yang membutuhkan koordinasi tangan, seperti mainan yang memiliki tombol untuk ditekan, mainan yang bisa diputar, dan mainan dengan tali yang bisa ditarik. Mainan ini akan memberikan kesempatan si kecil untuk berlatih menggenggam dan melepaskan, melatih menjumput, atau memegang benda.
  • Berikan makanan yang dapat ia pegang sendiri untuk melatih motorik halusnya. Misalnya saja biskuit, buah dan sayuran dalam potongan agak besar.
  • Biasakan bayi  mengikuti jadwal aktivitas yang telah Ibu tentukan. Lakukan sesuai dengan urutan waktunya. Khususnya aktivitas di sore sampai malam hari, seperti mandi, snack time, menggosok gigi, dongeng sebelum tidur, dan jam tidur. Jadwal harian membantu si kecil memahami waktu. Kemampuan memori yang sudah berkembang membuat si kecil bisa mengikuti pola rutinitas yang Ibu terapkan padanya. Bayi Ibu sudah mampu mengingat hal yang ia telah lakukan kemarin dan apa yang akan ia lakukan besok. Keteraturan akan membantu meningkatkan proses berpikirnya dan juga meningkatkan rasa aman si kecil.
  • Jangan paksa bayi untuk berinteraksi dengan orang yang belum ia kenal sebelumnya. Biarkan ia beradaptasi dengan caranya sendiri. Takut dan menjauhi orang yang tidak dikenal wajar terjadi saat si kecil mengembangkan kemampuan sosialnya. Saat bayi mulai membedakan mana orang yang ia tidak kenal dan mana yang keluarganya, ini adalah tanda bahwa keterikatan dengan Ibu dan keluarga sudah terbentuk. Saat mengenalkan orang baru pada bayi, misalnya pengasuh yang baru, lakukan dengan perlahan. Sarankan pengasuh barunya untuk tersenyum, berbicara, atau bermain dengan si kecil saat ia duduk di pangkuan Ibu. Saat ia merasa nyaman, si kecil mulai terbuka dan akan mulai berinteraksi dengan pengasuhnya.
  • Coba ulangi sebuah kata ketika si kecil berusaha mengikutinya. Koreksi bahasa ocehannya dengan menyebutkan kata yang benar sehingga kemampuan bahasanya akan terasah.

Yang tetap perlu diingat adalah, perkembangan bayi 8 bulan berbeda satu sama lainnya. Pemberian stimulus memang akan membantu tumbuh kembangnya, namun setiap bayi memiliki masanya sendiri. Tak perlu kuatir jika bayi Ibu memiliki perkembangan yang lebih lambat dari bayi lainnya. Jika bayi Ibu tidak menunjukkan ciri-ciri perkembangan tertentu di usianya sekarang, boleh jadi ia akan melakukannya nanti. Tetaplah memberikan makanan bernutrisi dan stimulus sesuai tahap tumbuh kembangnya agar perkembangan bayi berjalan optimal. Perhatikan juga grafik perkembangan bayi melalui KMS untuk memastikan bayi Ibu tumbuh sehat dan normal.