menu sehat ibu hamil
Source: Mom Junction

Baruterus.com – Pagi hari adalah saat paling tepat bagi siapapun memulai aktivitas. Tubuh yang sudah beristirahat pada malam hari, bisa saja tak optimal kalau sarapan tidak memakai menu sehat ibu hamil. Terlepas dari selera bunda yang terpenting daftar makanan sehat ibu hamil berikut ini wajib masuk daftar sarapan bunda hamil di pagi hari:

1. Keluarga gandum
Banyak orang menghindarkan diri dari gandum karena adanya karbohidrat dengan anggapan bikin gendut. Pernyataan satu ini terbilang tepat namun tidak sepenuhnya. Karbohidrat memang bikin gendut kalau pengkonsumsinya hanya duduk malas di rumah tanpa melakukan apapun. Dengan perlakuan yang tepat, karbohidrat justru harta karun berharga.

Karbohidrat termasuk jenis makanan sulit cerna. Artinya, tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencerna karbohidrat dibanding jenis kandungan lain. Karena alasan itulah, karbohidrat membuat orang kenyang lebih lama, dengan asupan energi lebih besar dibanding jenis kandungan lain.

Perbedaan keluarga gandum dengan yang lain harus dipahami. Beberapa keluarga gandum terkontaminasi karena tambahan bahan lain di dalamnya. Ambil contoh saja, roti tawar putih memang mengandung karbohidrat, sayangnya kandungan gula dalam roti tawar putih cukup tinggi menjadikan manfaat gandum itu sendiri tidak terasa. Pemasaran roti gandum yang cenderung mengedepankan kesehatan tidak sepenuhnya salah.

Rasa muntah dan mual terutama pada awal kehamilan bisa disebabkan beragam hal. Namun yang pasti, perasaan tak nyaman tersebut bisa diatasi dengan makan sedikit namun sering. Berhubung aktivitas bunda kebanyakan cukup padat, meski ibu rumah tangga sekalipun sudah pasti butuh energi, keluarga gandum jadi pilihan yang tepat. Apalagi, makanan gandum bisa dipadu padankan dengan beragam bahan lain yang bisa menambah nutrisi.

2. Telur
Siapa sih, yang tidak pernah makan telur ?
Kecuali bunda dan ayah terlahir dalam keluarga penganut gaya hidup vegan, yakni orang – orang yang menolak konsumsi bahan makanan hewani termasuk telur dan madu, maka dapat dipastikan telur minimal ada di rumah. Cikal bakal anak ayam ini tidak hanya murah, tersedia cepat, dan distribusi luas, namun juga fleksibel dan kaya akan gizi.

Nyaris tak satupun resep masakan yang tidak mampu memasukkan elemen telur ke dalamnya. Kue, sup, rebus, sampai dengan goreng sekalipun semua bisa memanfaatkan telur. Kemampuan adaptapsi telur terhadap beragam jenis hidangan menjadikan telur tergolong bahan makanan yang patut diincar dan tersedia dalam situasi apapun.

Satu hal yang membuat telur masuk jajaran makanan untuk ibu hamil adalah kandungan protein di dalamnya. Penelitian telah membuktikkan pembetukan sel dalam tubuh banyak didorong oleh protein. Bahkan, fungsi utama protein adalah memastikan sel – sel dalam tubuh manusia selalu dalam kondisi prima.

Janin dalam perut bunda sedang dalam tahap yang cukup kritis. Karena semua masa depan bayi ditentukan sejak masa kandungan itu sendiri. Kekurangan protein ibarat kekurangan batu bata untuk rumah, percuma saja. Pastikan bunda selalu makan telur setiap harinya terlepas bagaimana cara mengolahnya, walau yang terbaik tentu saja menjaga bentuk telur tetap murni.

Mitos yang beredar yakni makan terlalu banyak telur bikin bisul itu kurang tepat. Ya, kelebihan protein bisa memicu adanya bisul. Kendati demikian, batas konsumsi protein lewat telur bisa mencapai hingga 10 telur lebih. Artinya, kalau bunda tidak berencana makan telur melebihi kapasitas perut, seharusnya tidak ada hubungan antara bisul dengan makan telur.

3. Produk sapi
Kalau lihat sapi biasanya orang mengkaitkan dengan steak, sape, gulai, tengkleng, dan makanan berbahan dasar daging merah. Padahal, sapi sendiri punya banyak fungsi dibanding mati di sembelih dan berakhir di atas panggangan atau rebusan. Ketika sapi hidup, sejatinya hewan putih nan gemuk satu ini malah memberikan manfaat yang cukup sustain bagi manusia.

Perawatan sapi sendiri gampang – gampang susah. Uniknya, walau sapi, terutama sapi betina tidak dirawat secara high class layaknya sapi kobe, kelenjar susu sapi tetap menggalang produksi. Ya, susu sapi sudah dipastikan tak asing lagi di telinga.

Guna mencari pengolahan susu bercita rasa maksimal dan menaikkan nilai jual, manusia telah memutar otak guna menemukan resep paling tepat. Misalkan saja, langkah mudah seperti mengocok susu dalam wadah tertutup rapat dengan cepat sudah menghasilkan mentega untuk keperluan masak.

Tahun dua ribu enam belas, produk olahan susu mencapai masa kejayaan. Beredarnya video viral yang sekedar menunjukkan betapa lezatnya tarikan keju membuat pecinta kuliner tak kuasa menahan nafsu untuk mencari keju. Varians hidangan keju bermacam – macam mulai dari yang terlihat mudah macam keju panggang atau keju celup.

Lepas dari cita rasa produk olahan susu, ternyata kandungan susu sangat diperlukan. Salah satu alasan kuat produk olahan susu sangat populer terletak pada kalsium. Senyawa kalsium sangat berguna bagi pertumbuhan tulang. Berat janin yang nantinya akan bertambah terus menerus, belum lagi permintaan kalsium untuk janin menjadikan asupan kalsium faktor yang tak bisa diremehkan.

4. Buah – buahan  dan sayur-sayuran
Rasa manis, nan segar terutama di tanah air Indonesia membuat buah – buahan begitu nikmat. Mengingat tanah air Indonesia begitu subur, pasti tak susah menjadikan buah dan sayur bagian hidangan untuk ibu hamil. Kandungan serat dan vitamin sudah pasti membantu perkembangan janin serta memastikan bunda tetap sehat. tentu buah dan sayur masuk dalam menu sehat ibu hamil paling utama walaupun sekedar satu sampai dua jenis buah saja sehari.