sakit saat hamil
Source: AloDokter

Baruterus.com – Merasakan sakit adalah sesuatu yang tidak menyenangkan, terlebih Anda merasakan sakit saat hamil. Tentunya rasa sakit itu akan menjadi sesuatu yang lebih buruk daripada sekedar tidak menyenangkan. Sakit saat hamil bisa terjadi karena biasanya sistem kekebalan tubuh melemah ketika Anda hamil, sehingga membuat Anda lebih rentan untuk merasakan sakit.

Anda mungkin akan berusaha untuk mencegah supaya tidak sakit saat hamil, tapi apakah cara Anda berhasil? Jika Anda masih gagal, tidak ada salahnya Anda menyimak sedikit ulasan yang akan kami paparkan tentang cara mencegah supaya tidak sakit.

Cara terbaik untuk mencegah rasa sakit saat hamil adalah dengan memastikan tubuh Anda untuk selalu sehat. Hal ini memungkinkan Anda untuk terhindar dari sakit ataupun bila terserang rasa sakit dengan mudah tubuh akan kembali sehat. Jika ingin sehat, maka Anda juga harus banyak mengonsumsi makanan yang sehat, karena tubuh sehat dimulai dengan makan makanan sehat. Vitamin dan nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan bergizi akan membangun dan mendukung sisitem kekebalan tubuh Anda. Vitamin tambahan untuk ibu hamil dan probiotik juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Anda juga dapat mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup. Protein dapat berperan dalam membangun sel baru dan sistem pertahanan kekebalan tubuh.

Istirahat yang cukup juga penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Anda dapat mencoba untuk tidur tepat waktu dan tidurlah sesuai dengan kebutuhan. Tidur saat sedang hamil memang tidaklah mudah, Anda mungkin akan disibukkan dengan memilih posisi nyaman, alih-alih dapat tidur nyenyak.  Namun Anda harus terus mencoba untuk rileks dan cobalah untuk tertidur dengan benar.

Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda pada masa kehamilan. Selain menjaga kesehatan, olahraga juga dapat membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Jika berolahraga dirasa terlalu berat untuk Anda, Anda dapat berjalan-jalan di pagi hari dengan bertelanjang kaki. Berjalan dapat membantu kelancaran pernapasan dan peredaran darah Anda. Hal itu juga membantu untuk menjaga kesehatan Anda.

Salah satu hal terbaik untuk mencegah rasa sakit saat hamil adalah dengan mencuci tangan secara teratur. Mencuci tangan dapat menghindarkan Anda dari kuman yang berpotensi untuk menularkan bibit penyakit. Menggunakan cairan atau tisu anti bakteri juga dapat membantu melindungi Anda dari kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

Anda mungkin kini sudah menjaga tubuh Anda untuk tetap sehat, tapi ternyata penyakit tetap menghampiri tubuh Anda, misalnya demam, flu, dan penyakit infeksi lainnya. Sekarang apa yang bisa Anda lakukan? Jangan khawatir, jika Anda sakit saat hamil ada beberapa langkah ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kembali kesembuhan.

Berikut adalah langkah awal yang harus Anda coba yaitu:

  1. Anda harus beristirahat, karena dengan istirahat tubuh akan lebih mudah mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya bekerja dengan baik. Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik akan membantu Anda sembuh dengan cepat.
  2. Anda juga harus menjaga tubuh untuk tidak kekurangan cairan. Cairan tubuh yang tetap terjaga juga dapat membuat tubuh kembali sehat, karena cairan yang hilang akibat suhu tubuh tinggi dan berkeringat akan dikompensasikan kembali.
  3. Anda pun harus mengkonsumsi vitamin dan suplemen, karena keduanya mengandung nutrien yang dapat berkontribusi meningkatkan kesehatan tubuh dan sistem kekebalan. Pyridoxine(B6), ascorbic acid (vitamin C), pangamic acid (B15), vitamin A dan E adalah semua vitamin yang diperlukan khusus untuk ibu hamil.

Langkah awal tersebut bukanlah cara tercepat untuk memulihkan kesehatan, terlebih dari flu yang Anda alami. Namun apabila cara itu Anda lakukan, maka tubuh memiliki cukup waktu untuk sembuh dari sakit. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi obat yang biasanya digunakan untuk obat flu, Hanya saja Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengkonsumsinya, karena tidak semua obat aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Anda harus yakin apa yang dikonsumsi adalah hal yang aman.

Berikut adalah daftar yang aman atau memiliki sedikit risiko untuk janin selama masa kehamilan, hanya saja Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumis obat untuk meringankan rasa sakit.

  1. Acetaminophen atau tylenol yang dapat digunakan untuk meredakan demam, sakit kepala, dan nyeri pada tubuh Anda.
  2. Anesthetic sore throat lozengesdapat digunakan untuk meringankan sakit tenggorokan.
  3. Codeine dan dextromethorphandapat digunakan untuk meredakan batuk.

Anda juga dapat mengunjungi dokter kandungan ketika sakit saat hamil mengakibatkan susah makan, susah tidur, dan jika tidak ada perubahan dalam beberapa hari. Dokter Anda mungkin dapat meresepkan antibiotik untuk penyakit infeksi.

Terakhir, jaga terus kesehatan Anda selama masa kehamilan. Tubuh Anda yang sehat adalah ladang berkembangnya janin dengan optimal.