Menu mpasi 6 bulan

Menu mpasi 6 bulan ternyata lebih penting dari yang diperkirakan. Beberapa orang menganggap bayi akan mau makanan padat ketika tiba masanya dan meninggalkan air susu ibu. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, meskipun memang ada masa transisi antara menyusui dengan makanan padat. Dengan tiga resep sederhana dibawah ini, diharapkan masa transisi bagi bunda maupun si kecil lebih mudah dan lancar. Pasalnya rasa juga menentukan kesan si kecil.

01. Bubur brokoli instant

Ibu yang tidak punya banyak waktu untuk memasak namun masih ingin menyiapkan yang terbaik untuk buah hatinya maka resep satu ini cocok untuk anda. Tenang, meski ada kata instant, bukan berarti bubur satu ini benar – benar instant, sebenarnya hanya sekedar kiasan karena cara pembuatan cepat dan mudah. Tidak semua ibu menyenangi waktu sempit bahkan tentang memasak sekalipun. Apa daya, tuntutan hidup tidak selalu menuruti anda.

Bahan yang anda butuhkan diantaranya 1 cangkir brokoli, 2 sampai 4 sendok kuah kaldu sayur, 2 sendok minyak zaitun murni, dan 1 sendok rempah kesenangan bayi. Anda mungkin tidak tahu cara membuat kaldu sayur, dan sebetulnya sangatlah mudah. Cukup rebus sayur dan biarkan airnya tersimpan rapi karena rasa sayur telah melekat pada air, maka dari itu dinamakan kaldu sayur.

Hanya ada 2 langkah besar yang anda perlukan guna menyajikan bubur brokoli instant. Langkah yang perlu anda lakukan yakni mengukus brokoli hingga empuk, kemudian anda hanya perlu menumbuk semua bahan diatas menjadi halus seperti bubur. Hasil yang serupa bisa anda peroleh dengan membeli bubur instant, tapi kembali lagi pilihan anda untuk membuat dari awal atau membeli dari toko. Manapun itu usahakan selalu memberikan yang terbaik menurut pertimbangan anda bagi malaikat kecil yang masih bergantung pada anda.

02. Bubur kacang polong

Tidak dapat dipungkiri, kacang polong memang bukan bahan makanan yang membangkitkan selera. Namun mengingat adanya vitamin A, C, zat besi, dan protein dalam satu biji kacang polong tentu penampilan bukan lagi bahan pertimbangan bagi orang tua. Tenang saja, resep satu ini membuat kacang polong terlihat seperti menu mpasi 6 bulan enak yang cukup menggairahkan dengan warna hijau terang.

 

Anda akan memerlukan ¾ cangkir kuah sayur, Sejumput daun thyme, 1 sendok mentega, ½ cangkir air susu, 1 sendok tepung, ¾ cangkir kacang polong dan ¼ cangkir bawang putih. Sebagai catatan, air susu yang dimadsud bisa menggunakan susu formula apabila air susu ibu tidak tersedia dan sebaiknya bawang putih telah dipotong kecil – kecil agar memudahkan.

Panaskan panci kecil kemudian gabungkan semua bahan kecuali mentega, dan tepung. Rebus, serta tunggu hingga mendidih, baru kemudian turunkan kadar panas. Buka penutup lalu aduk perlahan searah jarum jam selama kira kira 15 menit. Hancurkan campuran dengan menggunakan blender. Selagi menunggu, lelehkan mentega menggunakan panci yang sama dan taburkan tepung. Aduk perlahan hingga keduanya menyatu. Matikan kompor, dan perlahan tambahkan susu, jika ada gumpalan, aduk saja terus. Nyalakan kompor ke tingkat sedang, terus aduk hingga memiliki tektur tebal. Tambahkan campuran yang sudah dihancurkan tadi hingga menyatu dan hidangkan.

03. Bubur tanah air


Mari diakui bahan pokok utama dari tanah air tercinta Indonesia adalah beras . Sampai – sampai ada istilah kalau belum makan beras  berarti belum kenyang. Tidak salah juga, selain memang beras  mudah dimakan serta dimasak, cara menanam padi cikal bakal beras sangat mudah di Indonesia. Maka dari itu, bubur tanah air disini akan menggunakan beras sebagai satu – satunya bahan serta bintang utama. Bila anda termasuk orang tua yang sangat ingin menjaga kesehatan bayi, anda bisa memilih beras  merah. Seperti yang telah anda dengar, beras merah memiliki lebih banyak manfaat bila dibandingkan dengan beras  putih. Tapi, menggunakan beras putih sebenarnya tidak ada masalah untuk resep menu mpasi 6 bulan, toh di lidah sama enaknya.

Bahan yang anda butuhkan bukan beras mentah melainkan beras yang sudah dijadikan bubuk. Anda hanya bergantung pada teknologi untuk membuat bubu beras yakni blender yang cukup kuat untuk menghancurkan bahan keras seperti beras. Pertama anda mencuci beras hingga bersih kemudian keringkan agar beras tidak lagi lembab. Baru anda bisa menghancurkan beras hingga menjadi bubuk dengan menggunakan blender berkekuatan tinggi. Asal anda tahu saja, bubuk beras bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya selama disimpan dalam wadah yang ditutup rapat. Kalau anda merasa membuat bubuk beras terlalu rempong, sudah banyak beredar bubuk beras di pasaran siap beli. Tentu saja, bila anda memutuskan beli tentu memakan biaya lebih tinggi, kecuali jika anda harus membeli blender canggih.

Ketika bubuk beras siap, cara pembuatan bubur tanah air hanya membutuhkan bahan kedua yakni air bersih.  Seperti membuat bubuk bayi biasa, anda hanya perlu memanaskan air lalu melarutkan bubuk beras di dalamnya. Aduk hingga membentuk konsitensi kental layaknya bubur namun tidak terlalu kental. Ingat, resep bubur bayi diperuntukkan bagi bayi yang masih bergigi lemah sehingga anda ingin benar – benar lembek meski bukan cair. Sentuhan akhir agar bubur bayi nusantara terasa familiar sebagai menu mpasi 6 bulan ialah menambahkan air susu ibu ke dalamnya atau susu formula jika bayi lebih suka susu formula, manapun pilihan bunda.

Apakah bunda siap membuatkannya untuk si kecil? Jika bunda ingin makanan yang lebih variatif, bunda hanya perlu mengingat kandungan gizi yang dibutuhkan si buah hati seperti yang bisa bunda lihat di Awal Sehat Nestle.