Resep Bubur Bayi 6 bulan

Baruterus.com – Siapa sih yang tidak tahu brokoli ? Sayuran hijau bak pohon mini satu ini memang kerap dimusuhi para bayi bahkan orang dewasa sekalipun. Pantas dimusuhi memang mengingat warna hijau pekatnya bikin firasat tidak enak. Layaknya kata orang bijak, “jangan menilai sesuatu dari penampilan saja” memang pantas untuk menggambarkan brokoli terutama saat menghidangkan pada si kecil. Dengan resep bubur bayi 6 bulan yang tepat, seharusnya membiasakan makan brokoli bukan hal sulit.

Masih menjadi perdebatan apakah 6 bulan usia paling cocok untuk memperkenalkan brokoli. Kebanyakan orang tua mulai menawarkan brokoli kala bayi menginjak usia 8 bulan. Beberapa bayi bisa menerima brokoli di usia 6 bulan pula, hal ini menunjukkan penerimaan bayi terhadap brokoli cukup beragam tergantung kondisi fisik masing – masing. Tentu saja, agar bayi mau makan brokoli, cara mengolah brokoli untuk bayi 6 bulan atau lebih harus tepat sasaran, bukannya bikin trauma.

Kenapa sih, harus brokoli ?

Pertama – tama, brokoli kaya akan kalsium dan zat besi, dua nutrisi penting dalam tumbuh kembang bayi termasuk di masa depan nanti. Kalsium berperan dalam pembangunan tulang yang nantinya menopang tubuh anak. Zat besi memegang pekerjaan sebagai produsen hemoglobin, kandungan sel darah merah yang tujuan hidupnya distributor oksigen ke seluruh tubuh karenanya tubuh bayi terasa lebih segar dan sehat.

Daya tahan tubuh bayi menjadi faktor penting dalam segala macam situasi. Tanpa tubuh yang sehat, perkembangan hingga si kecil dewasa penuh gelak tawa tentu hanya impian belaka. Brokoli mampu membantu memperkokoh benteng pertahanan tubuh agar aman dari bakteri dan kuman. Kemungkinan muncul alergi dan asma dapat diturunkan pada bayi yang rajin mengkonsumsi brokoli setiap harinya. Beberapa dokter medis bahkan menempatkan brokoli di antara deretan makanan super.

Berbicara mengenai vitamin C, umumnya orang akan menjawab jeruk sebagai pilihan utama. Asal tahu saja, terlepas dari warna hijau brokoli, ternyata kandungan vitamin C dalam brokoli cukup tinggi. Vitamin C tidak hanya berguna memperputih kulit atau menjaga ketahanan tubuh. Kekuatan vitamin C sebenarnya terletak pada kemampuan menyerap asupan nutrisi dan vitamin yang masuk dalam tubuh. Kerja keras orang tua memasukkan beragam makanan sehat tidak akan sia – sia.

Sekarang bunda dan ayah sudah lebih tahu kenapa brokoli pantas naik daun ketika membicarakan topik bubur bayi 6 bulan sehat. Bagaimana cara orang tua memilih brokoli di pasaran sangat menentukan kadar gizi di dalamnya. Warna hijau pekat yang banyak dimusuhi selera manusia justru menandakan brokoli tersebut kaya akan nutrisi. Brokoli kuning dengan daun yang hijau cerah berarti brokoli tersebut belum cukup matang dimasak. Langsung hindari daun brokoli yang terasa kenyal usai direbus karena bisa berarti terlalu banyak kimia.

Dasar mengolah brokoli untuk bayi dimulai dari pengkukusan. Seringkali, orang – orang terlalu lama mengukus brokoli hingga daunnya terlalu layu dan lembek. Panas yang berlebihan pada brokoli bisa menyebabkan ‘hangusnya’ nutrisi dalam brokoli. Bisa dibilang brokoli terbaik sekalipun akan sia – sia. Setelah mencuci dan memotong – motong daun brokoli, kukus brokoli selama 3 sampai 4 menit, hanya untuk membuat brokoli sedikit lebih empuk bagi malaikat kecil ayah bunda.

Merebus brokoli tidak harus selalu memakai air. Kreatif dengan beragam jenis kuah dan kaldu malah makin meningkatkan cita rasa brokoli. Kaldu ayam misalnya, kukus brokoli dengan kaldu ayam dan tutup rapat. Perlahan tapi pasti brokoli akan menyerap rasa kaldu ayam sehingga rasanya jempol dua.

Bubur bayi brokoli buah

Keuntungan resep bubur bayi menggunakan brokoli ada pada rasa brokoli itu sendiri. Brokoli bisa dicampur dengan bahan lain tanpa merusak cita rasa bahan itu sendiri. Pada resep bubur bayi brokoli buah, bunda atau ayah akan membutuhkan bawang, apel, brokoli kukus, dan minyak zaitun. Oseng – oseng semua bahan hingga harum dan empuk. Campurkan brokoli ke dalam masakan dan masak hingga matang. Mencapai tekstur halus, tinggal blender dan jadilah bubur.

Bubur keju brokoli

Pernah mendengar fondue ? Hidangan dengan mencampurkan beraneka buah dan sayur ke dalam keju leleh cukup populer di dunia. Konsep sederhana ini bisa diterapkan untuk malaikat kecil ayah bunda tanpa jerih payah berlebih. Pertama rebus ayam yang sudah dipotong kecil – kecil sampai matang, jangan lupa brokoli sudah dikukus. Sambil menunggu, lelehkan keju mozzarella dan cheddar lalu campur menjadi satu. Rasa manis keju leleh, ayam, dan brokoli bercampur menjadi satu larutan bubur pasti bikin malaikat kecil ayah dan bunda senang.

Bubur brokoli kismis

Terkadang kombinasi aneh justru menghasilkan sesuatu di luar imajinasi semua orang. Kismis dan brokoli sepertinya tidak pernah ditakdirkan bersatu, itu sih, kata logika. Merebus brokoli dan kismis bersama – sama bisa membuat perpaduan rasa yang cukup unik. Setelah keduanya empuk tinggal di blender dan coba rasakan. Orang tua dan bayi bisa – bisa ketagihan dengan resep satu ini.

Bubur brokoli ala carte

Siapa bilang makanan mewah harus ribet ? ada cara mudah membuat bubur bayi yang enak dari brokoli. Pertama – tama, kukus brokoli seperti biasa. Waktu tunggu digunakan untuk oseng – oseng bawang Bombay dan bawang putih agar rasa keduanya menjadi manis. Setelah semua bahan dasar siap, blender semua campuran tadi dalam yoghurt. Bubur bayi 6 bulan satu ini siap dihidangkan.

Buat orang dewasa kalau masakan tanpa dibumbui garam, hambar rasanya. Namun kalau untuk bayi, Anda perlu menguranginya. Inilah alasan bayi tidak boleh terlalu banyak konsumsi garam. Kalau resep brokoli kurang banyak, bisa simak di sini.