Perkembangan Janin 6 Bulan
Source: momjunction.com

Baruterus.com – Pada perkembangan janin 6 bulan, Anda sudah bisa berinteraksi dengan calon bayi lewat sentuhan dan suara atau musik yang didekatkan pada perut. Bayi sudah dapat merespon Anda dengan berbagai gerakan. Apabila pada saat hamil usia 5 bulan Anda belum begitu yakin apakah ia bisa  mendengar atau merasakan maka ketika usia kehamilan memasuki 6 bulan ini, bayi sudah akan bergerak sangat aktif dan dapat merespon bunyi dan sentuhan. Suara kencang, misalnya saja teriakan atau bunyi musik akan merangsang dirinya melakukan gerakan atau tendangan. Pada awal masa kehamilan 6 bulan, bayi Anda berbobot sekitar  0,6 kilogram dengan panjang kurang lebih  34,6 cm.

  • Minggu ke 25. Detak jantung bayi akan melambat menjadi sekitar 140 denyutan per menit. Walau begitu, frekuensinya lebih tinggi dibandingkan detak jantung orang dewasa. Si kecil tidak lagi terlihat kurus, namun mulai menjadi bayi dengan lemak  yang ada di bawah kulitnya. Kulit yang sebelumnya terlihat keriput akan mulai menjadi halus. Layar USG dapat menampilkan rambutnya yang sudah tumbuh. Dia juga terkadang akan cegukan dan Anda dapat merasakannya. Secara bertahap, bayi akan membuang urine ke dalam kantung ketuban. Kelopak matanya bisa terbuka dan sedikit lagi bisa berkedip. Walau belum sempurna, namun otak, sistem pencernaan, dan jantung bayi sudah akan terbentuk.
  • Minggu ke 26. Beratnya kurang lebih 760 gram dengan panjang sekitar 36 cm. Matanya sudah bisa terbuka sepenuhnya. Bayi mulai bisa bernapas sedikit demi sedikit guna mempersiapkan untuk memulai hidup di dunia. Dia bisa mendengar suara Anda ketika sedang berbicara dengan orang lain. Saraf penglihatannya sudah akan bekerja dan dapat merespon terhadap cahaya. Apabila Anda menyorot sinar lampu  ke perut Anda, maka bayi akan berusaha memalingkan wajah agar tidak silau. Bila bayi Anda laki-laki, maka buah zakarnya akan mulai turun mendekati skrotum.
  • Minggu ke 27. Berat janin sudah mencapai  875 gram dengan panjang sekitar  36 cm. Kelopak matanya sudah bisa menutup dan membuka sendiri. Bayi tidur dan bangun di waktu yang tepat, walau jadwalnya tidak selalu sama dengan jadwal miliki Anda. Beberapa ahli mengatakan bahwa bayi mulai bermimpi mulai dari kandungan hingga usia 27 minggu. Walau begitu, belum bisa diketahui apa yang mereka mimpikan saat tidur. Si kecil akan lebih sering mengalami cegukan, namun hal ini merupakan hal wajar sebab paru-parunya yang semakin matang.
  • Minggu ke 28. Pada minggu ini  bayi akan memiliki berat badan mencapai 1 kg dengan panjang sekitar 38 cm. Sudah mulai tumbuh bulu mata. Saat ini dia bisa mengedipkan mata. Lapisan lemak dan tulang sudah semakin berkembang. Walau begitu, tulangnya baru akan mengeras setelah lahir nanti. Jaringan dalam otaknya akan semakin berkembang dengan pesat.

Perubahan Yang Terjadi Pada Tubuh Ibu ketika Perkembangan Janin 6 Bulan

Ketika masa hamil 25 minggu, rahim Anda berukuran sebesar bola sepak.  Pada usia kehamilan memasuki trimester ketiga ini, banyak ibu yang akan mengalami kram pada kaki hemoroid, konstipasi, dan , insomnia. Disamping itu, karena posisi rahim yang tepat berada di bawah tulang rusuk, maka Anda dapat merasakan sedikit sulit bernapas. Anda bisa merasakan pergerakan bayi yang merespon suara dan cahaya serta pergerakannya ketika cegukan. Terkadang bayi juga akan merespon ketika sang ibu melakukan suatu gerakan olahraga. Pergerakan ini biasanya akan menjadi penguat hubungan emosional ibu dan bayi.

Setiap berkonsultasi kepada dokter kandungan, biasanya dokter akan memeriksa tekanan darah Anda. Pemeriksaan contoh urine juga dibutuhkan untuk mendeteksi kondisi tertentu, misalnya saja preeklamsia dan diabetes. Apabila tes darah menandakan bahwa status resus Anda yaitu resus negatif , maka Anda akan dianjurkan untuk menjalani tes anti ketahanan tubuh . Ada kemungkinan  bahwa antibodi ini terdapat dalam darah Anda bila bayi Anda berstatus resus positif. Pada kondisi ini, Anda harus mendapatkan suntikan anti-D demi mencegah reaksi ketidakcocokan antara Anda dan si kecil.

Pada usia kehamilan 25 minggu, sebagian calon ibu akan mengalami pegal-pegal dan kaku pada jari dan tangan. Hal ini dikarenakan saraf yang ada pada pergelangan tangan terjepit, sehingga mengakibatkan tekanan dan rasa nyeri. Apabila dirasa mengganggu, And bisa bertanya kepada dokter untuk memperoleh pengobatan yang tidak membahayakan janin.

Hal-Hal  Yang Perlu Diperhatikan Saat Pertumbuhan Janin 6 Bulan

Semakin pesatnya pertumbuhan pada waktu  ini, janin memerlukan nutrisi yang banyak dari makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya Anda selalu menjalankan pola makan sehat yang mengandung banyak serat serta melakukan olahraga yang tepat untuk ibu hamil. Akan tetapi jauhi dalam mengonsumsi ikan terlalu banyak sebab kandungan merkuri yang mungkin ada di dalamnya bisa membahayakan janin. 2 sampai 3 porsi ikan dalam satu minggu merupakan takaran yang disarankan. Perubahan tubuh para wanita ketika hamil dapat membuat mereka kurang percaya diri.

Peran pasangan sangat penting dan dibutuhkan untuk membuat wanita selalu merasa nyaman. Bersantai dengan memanjakan diri dengan melakukan perawatan bisa menimbulkan perasaan lebih tenang dan aman. Kondisi psikologis yang baik sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Apabila ketika hamil 6 bulan ini Anda telah merasakan kaki sering pegal dan bengkak,  maka saat hamil 7 bulan nanti kondisi ini akan sama seiring pertambahan berat badan si kecil. Akan tetapi gerakan dan respon bayi yang lebih terasa akan menghibur Anda dalam menjalani masa perkembangan janin 6 bulan ini.