pola-asuh-orang-tua

BaruTerus.com – Sebuah studi baru dari Jepang mengungkapkan bahwa pola asuh orang tua memiliki dampak tertentu pada persepsi seorang anak dalam melihat pernikahan dan keluarga.

Para peneliti membagi pola asuh orangtua di Jepang ke dalam 5 kategori : supportive, strict, indulgent, uninvolved dan abusive. Lalu para peneliti menginvestigasi bagaimana setiap tipe pola asuh orang tua tersebut dapat memberikan dampak kepada tingkat kebahagiaan sang anak dan persepsi sang anak tentang pernikahan dan keluarga.

Supportive : tingkat kemandirian anak tinggi, tingkat kepercayaan tinggi, minat yang ditunjukkan pada anak & keluarga tinggi.

Strict : tingkat kemandirian anak rendah, tingkat kepercayaan menengah sampai tinggi, minat yang ditunjukkan pada anak menengah sampai tinggi.

Indulgent : tingkat kepercayaan tinggi atau rata – rata, waktu yang dihabiskan bersama keluarga rata-rata.

Not Involved : rendahnya minat yang ditunjukkan pada anak, sedikit waktu yang dihabiskan bersama keluarga, tidak memiliki banyak aturan.

Abusive : rendahnya minat yang ditunjukkan pada anak, tingkat kemandirian rendah, tingkat kepercayaan rendah.

Penelitian ini dipimpin oleh Profesor Nishimura Kazuo dari Universitas Kobe dan Profesor Yagi Tadashi dari Universitas Doshisha. Para peneliti menggunakan data dari survei online bersama dengan Rakuten Research, Inc yang dilakukan terhadap 10.000 orang pada bulan Januari 2016.

Para peneliti menganalisis efek dari pola asuh yang berbeda dari para orang tua, dan bagaimana antusiasiasme para anak untuk mulai memiliki keluarga mereka sendiri di masa depan.

Mereka menemukan bahwa anak dengan pendidikan supportive dari orang tua melihat ayah atau ibu mereka sendiri sebagai contoh orang tua yang ideal, sedangkan responden yang mengalami pola asuh abusive tidak melihat orang tua mereka sendiri sebagai model orang tua yang positif & tidak ingin ditiru apabila mereka memiliki keluarga.

Penelitian juga menunjukkan bahwa untuk pria dan wanita, pola asuh supportive menghasilkan anak engan prestasi tertinggi pada pendapatan, tingkat kebahagiaan, dan prestasi akademik.