resep makanan bayi 8 bulan
Sumber: Sulekha Day Center

Baruterus.com – Resep makanan bayi 8 bulan sangat banyak macamnya. Bayi berusia 8 bulan memang sudah waktunya mengonsumsi makanan yang berbeda dengan yang ia konsumsi pada usia sebelumnya. Hal itu dikarenakan usia 8 bulan merupakan usia dimana bayi harus sudah mendapatkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang otomatis harus mendapatkan gizi yang lebih beragam.

Usia 8 bulan merupakan usia dimana bayi sudah mulai bisa bergerak lebih aktif seperti merangkak dan juga duduk. Tentu saja dengan perubahan sikap dari bayi yang lebih aktif tersebut, maka apa yang ia konsumsi haruslah berbeda, harus terdapat gizi-gizi yang banyak pada apa yang ia konsumsi. Selain itu bayi sudah diperbolehkan untuk memakan makanan yang sedikit lebih keras demi untuk melatih gigi dari bayi.

Tentu saja dengan melihat perkembangan bayi yang berubah aktif tersebut, peran orang tua sangatlah penting. Orang tua harus tau dan harus mengerti apa yang seharusnya bayi anda konsumsi. Namun jika anda masih bingung maka Anda bisa mengetahui beberapa resep makanan tanpa garam di sini yang pastinya cocok untuk anda berikan ke bayi anda yang berusia 8 bulan.

Resep Makanan Bayi 8 Bulan Agar Cepat Gemuk

Resep makanan untuk si kecil usia 8 bulan ini adalah makanan yang sudah terbukti kesehatannya dan akan menjadikan bayi anda lebih sehat, berat badan naik dan lebih aktif. Berikut ini beberapa resep makanan untuk bayi usia 8 bulan ;

  • Bubur Daging Beras Merah

Bahan-bahan yang diperlukan 50 gram beras merah, 100 gram daging cincang, 450 ml air, 1 buah tomat (dicincang), 50 gram wortel ,50 gram bayam merah, 1 sendok seledri (dicincang), dan ½ sendok keju parut.

Cara membuatnya adalah Rebus beras merah dengan air hingga mengembang. Masukkan gilingan daging dan tomat, lalu biarkan sampai mendidih. Tambahkan bayam, wortel, keju, dan seledri, lalu aduk rata. Sajikan dengan hangat

  • Bubur pisang susu

Bahan-bahan yang diperlukan, 1 pisang dengan ukuran kecil (dilumatkan), 2 sendok makan susu formula, dan 200 ml air matang. Cara membuatnya adalah Seduh susu formula dengan air matang, Campur dengan pisang yang telah dilumatkan, Aduk hingga rata dan Siap disajikan.

Untuk buah bisa diganti dengan buah lain misalnya alpukat maupun perasan jeruk ataupun buah-buah lainnya yang memiliki vitamin cukup tinggi. Lebih baik setiap harinya anda mengganti menu makanan untuk buah hati anda agar ia tidak merasa bosan dan memiliki gizi yang beragam.

Resep Makanan Bayi Usia 8 Bulan Yang Bergizi

Memberikan asupan gizi yang sesuai dengan usia bayi merupakan hal yang harus anda perhatikan, agar disesuaikan dengan perkembangan pada bayi anda. Ketika bayi anda memasuki bulan ke 8, gerakan-gerakannya sudah lebih aktif, seperti merangkak atau mulai duduk. Selain itu bayi anda lebih aktif menggunakan tangannya untuk meraih objek yang menarik disekitarnya.

Kepekaan yang dimiliki bayi usia 8 bulan sudah ditandai dengan ikatan emosional bersama orang tuanya dan keluarga lainnya. Semenjak anda memberikan MPASI (makanan pendamping ASI) di usia yang disarankan (6 bulan), maka anda dapat memperhatikan asupan gizi yang lebih beragam di usia ini.

Perhatikan juga jenis makanan bayi yang anda berikan, ketika bayi memiliki alergi atau riwayat alergi pada keluarga, maka sebaiknya anda lebih baik menghindari telur, kacang-kacangan atau gandum. Meskipun pada dasarnya jenis alergi pada masing-masing keluarga berbeda. Tingkatkan jenis asupan sayuran dan buah-buah yang beragam sehingga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhannya.

Selain itu memberikan cemilan sehat dapat anda berikan pada usia ini. Pada usia ini penggunaan tambahan rasa dapat diberikan, tambahan rasa dapat dihasilkan dari margarin, keju  atau butter untuk membangkitkan selera makan. Selain itu juga cemilan buah dapat diberikan pada usia ini. Didukung dengan pertumbuhan gigi pada usia ini, buah yang kaya akan nutrisi dapat membantu perncernaan bayi anda.

Penyajian buah dapat lebih kental dari sebelumnya seperti dikerok atau dilumatkan. Anda boleh memberikan potongan buah kecil-kecil untuk melatih giginya, akan tetapi anda tetap harus memberikan pengawasan pada bayi anda. Buah yang harus anda hindari adalah buah yang mengandung serat tinggi seperti buah sirsak, buah yang mengandung alkohol seperti durian dan nangka atau buah yang terlalu asam karena akan mengakibatkan gangguan pada perut. Berikut ini menu makanan yang bisa diberikan untuk si kecil usia 8 bulan ;

  • Bubur Daging Beras Merah

Bahan yang diperlukan 50 gram beras merah, 100 gram daging cincang, 450 ml air, 1 buah tomat dicincang, 50 gram wortel, 50 gram bayam merah, 1 sendok seledri dicingcang dan 1/2 sendok keju parut.

Cara membuatnya adalah rebus beras merah dengan air hingga mengembang kemudian masukan gilingan daging dan tomat. Biarkan hingga mendidih. Tambahkan bayam, wortel, keju dan seledri. Aduk rata , sajikan ketika hangat.

  • Bubur Pisang Susu

Bahan yang diperlukan 1 Pisang dengan ukuran kecil (dilumatkan), 2 sendok makan susu formula dan 200 ml air matang. Cara membuatnya adalah Seduhlah susu formula dengan 200 ml air matang kemudian campur dengan pisang yang telah dilumatkan, aduk hingga rata. Anda dapat menyajikan langsung kepada bayi.

Anda bisa menggantinya dengan jenis buah lain seperti dengan perasan jeruk atau alpukat pada hari yang berbeda, pada bayi berusia  8 bulan fungsi gigi sudah semakin berperan, sehingga anda dapat memberikan buah yang lebih variatif dan mulai memperhatikan resep makanan bayi 8 bulan.