steriliser
Source: Mother & Baby

Baruterus.com – Merawat seorang bayi tentu bukanlah perkara yang mudah. Bunda dituntut tahu dan mengerti bagaimana cara merawat bayi baik hal-hal yang menyangkut sang buah hati maupun kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan. Termasuk juga ketika hendak berpergian jauh ke luar kota namun masih memiliki anak yang masih menggunakan botol susu. Padahal, ketika akan menggunakannya, botol susu perlu disterilkan dari bakteri-bakteri agar tak masuk ke dalam tubuh sang bayi. Nah, artikel kali ini kami akan bahas tentang masih perlukah membawa steriliser ke luar kota atau ada alternatif lain?.

Salah satu hal kecil yang juga harus menjadi perhatian bagi para ibu ketika memiliki bayi adalah perawatan botol susu. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan dan diketahui bagaimana cara merawat botol bayi. Peralatan makan dan minum bayi haruslah steril dari bakteri karena sudah diketahui bahwa bayi memiliki daya tahan tubuh yang belum kebal sehingga rentan terhadap penyakit. Namun jika akan berpergian apakah masih harus menggunakan steriliser atau bisa menggunakan cara yang lain?

Melakukan sterilisasi menjadi pilihan utama bunda untuk menjaga agar botol susu anak tetap bersih dan higienis. Biasanya, sterilisasi bisa digunakan dengan cara manual maupun menggunakan alternatif seperti alat steriliser dan sejenisnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan sterilisasi botol susu bayi.

  • Manual

Karena manual berarti Anda melakukannya dengan sendiri tanpa ada bantuan dengan alat sterilisasi. Pertama, cucilah botol susu bayi dan perlengkapannya sebelum sisa susu dan makanan melekat dan kering di dalamnya. Karena jika terlanjur kering dan melekat, sisa susu dan makanan susah dibersihkan dan bisa mengandung bakteri Kedua, sterilkan botol susu ketika hendak digunakan yaitu dengan cara merendamnya dengan air panas. Fungsi dari air panas adalah membunuh kuman dan bakteri yang melekat di botol susu. Cara dan metode ini biasa digunakan oleh orangtua jaman dahulu untuk menjaga botol tetap sehat dan steril.

  • Alat sterilisasi

Selain dengan cara manual, sterilisasi botol juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat sterilisasi. Alat sterilizer botol susu kini mudah Anda dapatkan karena hampir semua toko perlengkapan bayi menggunakannya. Pertama, cuci botol susu dan perlengkapan makan bayi sebelum disterilkan. Kedua, gunakan alat sterilisasi untuk menghilangkan bakteri dari botol susu. Untuk metode dan alat steriliser Anda bisa pilih beberapa pilihan berikut ini.

  1. Penguap elektronik

Salah satu jenis alat sterilisasi botol susu yang biasa digunakan oleh orangtua adalah penguap elektronik. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa langsung sterilkan botol susu sekaligus enam botol. Durasinya juga cukup cepat yaitu kurang lebih 5 menit. Letakkan botol susu bayi di alat sterilisasi dengan posisi telungkup. Tutup rapat alat sterilisasi dan nyalakan alat sterilisasi sesuai dengan petunjuk.

  1. Penguap microwave

Hampir sama dengan metode dan alat sebelumnya, penguap microwafe ini memanfaatkan uap sebagai media untuk mensterilkan botol susu. Lakukan sesuai dengan metode penguap elektronik.

  1. Sterilisasi dingin

Alat ini adalah alternatif bagi orangtua yang membutuhkan alat sterilisasi yang mudah dibawa kemana saja. Anda hanya perlu membeli tablet atau cairan sterilisasi dan masukkan ke dalam wadah berisi air. Lakukan sterilisasi sesuai dengan aturan, dosis dan petunjuk yang dianjurkan.

Itulah beberapa metode dan alat sterilisasi yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Kunjungi Mothercare.co.id , toko perlengkapan bayi secara online dan raih kupon mothercare . Terimakasih