Perkembangan Janin Usia 5 Minggu
Source: raisingchildren.net.au

Baruterus.com – Masa kehamilan adalah suatu masa yang paling menyenangkan bagi setiap wanita yang sudah memiliki pasangan. Hingga setiap usia perkembangan janin yang ada dalam kandungan selalu menjadi suatu yang dinanti dan dipantau dengan suka cita. Terlebih trimester awal kehamilan, Anda pastilah sangat memantau perkembangan janin agar sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Dengan demikian Anda bisa mengatur dan mengendalikan segala hal yang berguna menjaga kesehatan si buah hati dalam kandungan.

Lalu apakah Anda tahu perkembangan janin setiap minggunya itu berbeda? Bagaimana dengan perkembangan janin usia 5 minggu atau trimester awal kehamilan? Apakah Anda juga mengetahuinya? Ataukah Anda hanya mendengar penjelasan sekilas dari bidan maupun dokter kandungan saja?  Setiap calon ibu pasti ingin tahu apa yang akan terjadi dan akan dilakukan pada minggu ke 5 kehamilannya, gejala apa yang dimilikinya, dan bagaimana perkembangan bayi pada tahap ini. Mari kita simak ulasan tentang perkembangan janin usia 5 minggu di bawah ini.

Bagaimana perkembangan janin atau bayi Anda di usia 5 minggu?

Pada perkembangan janin usia 5 minggu, jauh di dalam rahim embrio Anda tumbuh dengan kecepatan yang tinggi. Pada tahap ini, janin sudah berukuran sebesar biji wijen dan lebih mirip dengan kecebong kecil daripada manusia. Namun perkembangan ini akan terus berkembang sampai hari kelahiran tiba. Janin sudah memiliki tiga lapisan-ektoderm, mesoderm, dan endoderm-yang kemudian akan membentuk organ dan jaringannya.

Tabung syaraf atau neural tube-dari otak, sumsung tulang belakang, saraf, dan tulang punggung akan tumbuh- mulai berkembang di lapisan atas atau ektoderm. Lapisan ini juga akan membentuk atau memunculkan kulit, rambut, kuku, kelenjar susu, kelenjar keringat, dan enamel gigi.

Sistem jantung dan peredaran darah sudah mulai terbentuk di lapisan tengah atau mesoderm. Pada minggu ini sebenarnya jantung yang kecil sudah mulai terbagi dalam bilik dan mulai berdetak serta mulai memompa darah. Lapisan ini juga akan membentuk jaringan otot, tulang rawan, tulang, dan jaringan subkutan (di bawah kulit).

Lapisan ketiga atau endoderm akan membentuk paru-paru, usus, dan sistem saluran kencing dini, tiroid, hati, dan pankreas. Sementara itu, plasenta primitif dan tali pusar yang mengantarkan makanan serta oksigen ke janin mulai bekerja.

Bagaimana hidup Anda akan berubah saat usia janin memasuki 5 minggu?

Pada perkembangan janin usia 5 minggu, Anda mungkin merasakan beberapa ketidaknyamanan yang berhubungan dengan kehamilan. Meskipun pada usia kehamilan 5 minggu, perut belum membesar dan nampak seperti wanita hamil, akan tetapi beberapa perubahan akan mulai nampak pada tubuh Anda. Banyak wanita hamil yang mengalami sakit dan ukuran payudara lebih besar, nyeri yang menganggu di perut, peningkatan terhadap sensitifitas bau yang berbeda, mengantuk, lemas, letih,  kelelahan, dan sering buang air kecil bahkan mulai dari minggu-minggu awal. Anda mungkin juga akan mengalami mual, meski banyak kasus yang terjadi mual muncul justru pada beberapa minggu mendatang.

Jika anda tidak mengalami tanda-tanda itu bukan berarti tidak normal. Jangan lupa bahwa setiap kehamilan itu unik, karena tubuh setiap individu itu berbeda. Anda mungkin tidak merasakan adanya perubahan yang terjadi dan itu cukup normal, apalagi usia kehamilan masih terbilang muda.

Wanita hamil pada minggu ini wajar bila mengalami mual dan muntah. Namun hanya karena mual dan muntah tak lantas menghalangi Anda untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk janin. Sebaiknya Anda makan dalam porsi yang sedikit, namun dalam intensitas yang sering. Anda juga bisa mengonsumsi susu ibu hamil, buah, roti tawar, biscuit yang terasa asin sebagai camilan yang bisa dikonsumsi antara waktu makan.

Jika mual dan muntah Anda dipicu oleh bau yang kurang sedap, maka Anda dapat menghindari sumber bau. Anda bisa menggunakan masker atau mintalah pada orang sekeliling Anda untuk tidak membuka atau membuat sumber bau di dekat Anda.

Pada usia janin 5 minggu, seorang wanita biasanya mengalami berbagai macam perasaan baru. Misalnya ledakan emosi, sensitifitas. Kemungkinan perasaan Anda akan berganti dengan cepat, mungkin hari ini Anda penuh dengan keceriaan dan energi, tapi besuk Anda akan merengek dan tak berdaya. Hal itu wajar dan normal, tapi sekali lagi setiap orang akan berbeda, mungkin Anda salah satu orang yang mengalami hal tersebut atau justru Anda tidak mengalaminya sama sekali.

Peringatan: Ingat masa ini adalah masa yang sangat rawan, masih ada risiko keguguran yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda harus mengurangi aktifitas yang berat atau membutuhkan energi besar dan olahraga yang berat.

Catatan: Banyak pakar yang menyatakan bahwa perkembangan setiap janin usia 5 minggu mungkin mengalami perbedaan. Arikel ini membahas secara umum perkembangan tersebut.