perkembangan janin 6 bulan
Source: Twin Overload

Baruterus.com – Tidak terasa kehamilan anda semakin besar, rasanya baru kemarin anda melakukan test kehamilan dan dinyatakan positif. Masih ingat kah anda rasa mual yang anda derita di awal kehamilan, kini sudah mulai sirna. Setidaknya 3 bulan lagi anda akan menyambut kedatangan buah hati anda. Anda yang memasuki bulan keenam mungkin penasaran seperti apa perkembangan janin 6 bulan? Apa yang bisa saya lakukan agar janin tumbuh sehat sampai hari kelahiran? Perubahan tubuh apa yang akan ada? Anda akan mendapatkan penjelasan, saran dan anjuran perkembangan janin 6 bulan yang bisa dilakukan anda maupun pasangan agar kehamilan tetap berjalan lancar sampai dengan hari melahirkan. Penasaran ? Mari simak penjelasan berikut ini.

Berhubung perut anda sudah pasti sedikit lebih besar dibanding bulan lalu, perbedaan ukuran perut tidak terlalu anda sadari. Namun, kebanyakan perempuan yang mencapai usia kehamilan 6 bulan mendapati pembengkakan di bagian tubuhnya terutama pada bagian lengan, tangan dan kaki. Tenang saja, tidak perlu cemas, fenomena bengkak ini biasa dikenal dalam dunia kedokteran dengan sebutan edema. Tubuh perempuan sedang rajin – rajinnya memproduksi cairan diantar saraf untuk memberikan kesegaran bagi anda dan janin, namun karena bagian pinggul banyak terkena beban berat, alhasil malah jadi bengkak. Agar edema tidak makin menjadi – jadi, anda harus tanamkan di kepala untuk tidak memaksakan diri saat berdiri dalam jangka waktu lama, memakai pakaian ketat (pakailah pakaian kehamilan atau pakian longgar), memakai kaus kaki, stocking hindari dulu, dan pakailah sanggahan kaki tiap kali anda duduk. Sangat disarankan pula untuk tidur miring ke satu sisi supaya kinerja ginjal lebih ringan sehingga pembuangan racun lebih cepat. Secara umum edema memang tidak berbahaya, malahan bengkak kecil karena edema banyak sekali dialami perempuan selama masa kehamilan. Terkadang bengkak bisa sampai di wajah, atau sekitar mata, dan tidak ada masalah. Meskipun, ada beberapa kasus yang cukup langka, perempuan salah mengartikan bengkak edema dengan preeclampsia. Berbeda dengan edema yang memang dipicu faktor alami, preeclampsia adalah penyakit berbahaya yang menyerang ketika tubuh kelebihan protein pada air seni serta tekanan darah tinggi.

Tantangan kedua untuk anda yakni menghadapi masalah pencernaan yang mungkin sedikit mirip dengan penyakit maag. Sama dengan edema, gangguan pencernaan disebabkan kinerja tubuh yang lain dibanding saat belum ada janin dalam diri anda. Pasti anda pernah mendengar hormon kehamilan, bukan? Ya, hormon kehamilan menyebabkan otot sekitar perut agar lebih rileks sehingga menurunkan kinerja usus. Analoginya, bila perut berisi karyawan yang selalu bekerja keras, kini karyawan tersebut diberi insentif dan beberapa di cutikan, otomatis kinerja kantor menurun. Padahal, semakin tua kehamilan, janin yang makin besar malah memberi banyak tekanan pada perut. Di saat otot perut santai, tentu saja tidak siap menghadapi beban tersebut sehingga menyebabkan gangguan pencernaan, disertai rasa mual dan keinginan muntah namun tidak bisa. Anda tidak perlu panik mencari bantuan medis untuk mengurangi rasa tidak nyaman di perut, ada cara mudah yakni meminum air panas teratur, banyak makan berserat, rajin berolah raga, serta gemar konsumsi yoghurt sudah bisa membantu. Kalaupun belum berhasil, ada baiknya anda berkonsultasi pada dokter.

Sakit punggung sudah pasti tidak bisa anda hindari, mengingat janin anda terus tumbuh besar. Anda mendapati tubuh terasa nyeri tiba – tiba dan berlangsung selama beberapa menit sudah seperti makanan sehari – hari. Hal ini sangat normal dan wajar, selama rasa nyeri tersebut tidak disertai penderitaan akan kontraksi yang tidak normal. Bila anda merasakan tekanan berlebihan di perut, segera hubungi dokter kepercayaan anda untuk diperiksa lebih lanjut.

Kalau kedua penjelasan diatas berfokus pada kondisi ibu, sekarang bagaimana kondisi janin sebenarnya? Mari direka ulang sedikit mengenai perkembangan janin bulan lalu (kelima). Perkembangan janin anda bulan lalu sudah sampai dengan lengan dan kaki bayi semakin panjang dengan posisi menekuk. Bila calon bayi anda laki – laki, calon ‘burung lelaki’ sudah tegak menghadap keatas, sedangkan calon bayi perempuan sudah memiliki rahim berisi 3 sel telur, suatu sel telur untuk seumur hidup anak anda. Bentuk dan letak puting juga makin terlihat jelas. Gigi sedang dalam masa penguatan, dan tulang yang makin perkasa. Sekarang, pada usia keenam, badan janin bertumbuh pesat, semakin panjang dan berat. Bila anda lihat lebih dekat, kulit janin berubah warna menjadi merah muda, karena aliran darah sudah mulai terbentuk di dalam kulit. Vernix caseosa yakni lapisan lilin tipis menyelimuti kulit bayi, sehingga melindungi bayi dari dingginya cairan amniotic. Jari – jari bayi benar benar bisa anda lihat jelas setiap kali melakukan pemeriksaan ultra sound. Paru – paru janin makin terbentuk meski belum dapat berfungsi total alias janin belum siap bernafas sendiri. Bila anda sudah mendambakan berkomunikasi dengan janin, sekarang saat yang paling tepat karena janin sangat aktif merespon suara pada usia yang keenam. Agar perkembangan janin 6 bulan maksimal, perdengarkan musik musik atau alunan religi, manapun yang anda rasa pantas, karena janin akan sangat senang, serta membantu kecerdasan tumbuh kembang. 

Bagaimana perkembangan janin di trimester ketiga? Simak ulasannya di Awal Sehat.