perkembangan janin 5 bulan
Source: Mother How

Baruterus.com –Anda yang memasuki bulan kelima mungkin penasaran seperti apa perkembangan janin 5 bulan ? Apa yang bisa anda lakukan agar janin tumbuh sehat sampai hari kelahiran? Perubahan tubuh apa yang akan ada ? Kali ini anda akan mendapatkan penjelasan, saran dan anjuran agar kehamilan tetap berjalan lancar sampai dengan hari melahirkan. Penasaran ? Mari simak penjelasan berikut ini.

Tidak perlu jauh melihat ke dalam, perkembangan pertama akan selalu terlihat tiap kali anda bangun di pagi hari, bersiap mengenakan pakaian, dan bercermin hingga nampak refleksi tubuh anda sekarang. Ya, perut anda semakin besar dan melebar, bahkan anda sendiri tidak percaya tubuh anda bisa terlihat sedemikian ‘lebar’. Walaupun anda jarang bercermin, efek dari perut yang terus tumbuh ini akan sangat terasa di punggung. Anda akan benar – benar merasa hamil mengingat ada manusia yang anda bawa di dalam tubuh anda. Hal ini dikarenakan berat badan bayi sangat menekan saraf – saraf yang terkumpul di punggung sehingga mengharuskan anda membenarkan postur setiap waktu, bila tidak anda harus menyambut sakit punggung. Waktu tidur akan menjadi tantangan tersendiri di usia kehamilan kelima. ‘Gundukan’ di perut anda akan menghalangi anda untuk memakai posisi tidur yang biasa, karenanya peran bantal sangat penting disini. Bila biasanya anda tidur berpelukan dengan suami, mungkin usia kelima adalah saat yang tepat untuk berbicara dengan pasangan betapa anda ingin menemukan posisi tidur mandiri, karena, yah posisi menghimpit satu sama lain bukanlah hal menyenangkan pada tahap satu ini.

Bila anda sudah memiliki anak, atau bisa dibilang ini adalah kehamilan kedua anda, memperkejakan pengasuh atau meminta bantuan orang yang anda percaya untuk menjaga anak anda selama sisa kehamilan mungkin ide yang cukup bagus, terutama bila anak masih balita. Mengapa? Anak yang masih kecil cenderung membutuhkan kehangatan ibu, gendongan adalah satu – satunya jalan memanjakan balita yang masih tersisa. Padahal, ibu hamil dilarang keras memberi beban lebih di perut, membawa barang berat atau balita hanya membuat perut ibu semakin tertekan dan bisa membahayakan kondisi janin. Kalau anda memang keberatan meminta bantuan orang terpercaya seperti mertua atau teman, dan memperkejakan pengasuh, mungkin anda bisa memanfaatkan selendang saat menggendong balita. Teknik menggendong juga cukup berbeda dimana bunda harus memastikan bahwa beban terfokus pada dada dan bukan bagian lainnya, perut hingga kemaluan termasuk area terlarang untuk diberi beban.

Ciri – ciri fisik lain diantaranya adalah rambut. Pada banyak kasus, perempuan hamil mendapati rambut semakin tebal dan sedikit berantakan. Menurut pengakuan mereka, rambut jarang sekali rontok dibanding sebelum hamil. Jika anda termasuk penggemar rambut tebal, tentu anda akan sangat senang dengan kabar satu ini. Walaupun, anda mungkin tidak segembira itu jika tahu kaki anda tidak mengalami hal yang patut ditepuk tangani. Pasalnya, anda tidak lagi mampu berdiri dalam waktu lama tanpa ada rasa sakit yang menganggu. Sangat menjelaskan kenapa banyak angkutan umum memasang peringatan untuk mengutamakan kursi duduk bagi penumpang lansia, dan ibu hamil. Gurat gurat kehamilan semakin tampak jelas di paha dan beberapa bagian tubuh lain, hal ini wajar saja, anda tidak perlu sedih. Ketidak nyamanan fisik sebenarnya belum apa – apa bila dibanding tantangan psikis. Ibu hamil rentan terhadap rasa sedih tanpa alasan yang jelas. Ketakutan serta keraguan membesarkan anak bisa saja muncul mendadak meski tak ada angin, hujan, ataupun pemicu lainnya. Hormon yang terus bergejolak adalah pemicu mood swing yang cukup sulit dihindari, anda hanya bisa meminta pengertian pasangan dan dukungan dari orang orang sekitar guna melalui fase mood swing.

Sekarang, bagian paling menyenangkan yakni fakta perkembangan janin 5 bulan. Seperti yang telah dijelaskan di awal, perut ibu akan semakin membesar. Hal ini berbanding lurus dengan ukuran janin saat ini. Bayangkan saja, anda sedang mengandung janin berukuran paling tidak 13 centi meter, plus berat dua kali lipat dibanding masa kehamilan usia keempat ! luar biasa bukan perjuangan ibu? Bagian – bagian tubuh bayi yang lain juga semakin terbentuk. Contoh saja, lengan dan kaki bayi semakin panjang dengan posisi menekuk. Bila calon bayi anda laki – laki, calon ‘burung lelaki’ sudah tegak menghadap keatas, sedangkan calon bayi perempuan sudah memiliki rahim berisi 3 sel telur, suatu sel telur untuk seumur hidup anak anda. Bentuk dan letak puting juga makin terlihat jelas. Gigi sedang dalam masa penguatan, alangkah membantunya jika anda mulai berkonsultasi bagaimana memberi asupan fluoride pada janin agar gigi calon anak nanti menjadi kokoh nan indah. Begitu pula dengan tulang yang makin perkasa, meminta pada bunda agar rajin memberi asupan kalsium. Jangan lupa, tiap kali anda melakukan Ultra sound segera cek permukaan kulit janin, saraf – saraf akan sangat terlihat bak aurora di tengah malam kutub sungguh indah. Dan perkembangan janin 5 bulan terakhir terletak pada jari bayi, dimana cetakan jari sudah ada.

Sekalipun perut anda sudah membesar, anda tetap belum boleh makanan setengah mentah. Penyebabnya bisa anda baca di sini.