perkembangan janin 4 bulan
Source: ffdk

Baruterus.com – Selamat, bagi anda yang sudah melalui era pertama kehamilan yakni usia hamil 4 bulan. Tentu kegembiraan anda semakin membesar karena hari persalinan kurang 5 bulan lagi. Anda yang memasuki bulan keempat mungkin penasaran seperti apa perkembangan janin 4 bulan ? Apa yang bisa saya lakukan agar janin tumbuh sehat sampai hari kelahiran? Perubahan tubuh apa yang akan ada ? Topik kali ini adalah penjelasan perkembangan janin 4 bulan. Tidak hanya penjelasan saja, pada bagian akhir akan ada saran dan anjuran yang bisa dilakukan agar kehamilan tetap berjalan lancar sampai dengan hari melahirkan. Penasaran? Mari simak penjelasan berikut ini.

Perut perempuan yang hamil hingga 4 bulan akan semakin terlihat besar, bahkan garis pinggul kian tak tampak. Bagian atas rahim umumnya berada di antara pusar dan tulang kemaluan. Bila anda sudah sering mengikut artikel ‘seri kehamilan’, anda mungkin sudah membaca bahwa persiapan baju longgar untuk kehamilan akan sangat dibutuhkan. Jika belum dan tidak mempersiapkan satupun, jangan coba – coba memaksakan diri mengenakan gaun atau pakaian ketat ! Anda bisa mengeluarkan ‘kartu’ cinta pada pasangan dengan meminjam kaus atau apapun, terlebih bila pasangan anda memiliki ukuran jauh lebih besar, untuk sementara. Karena, janin sudah mulai mampu bergerak – gerak, anda bisa merasakan gerakan tersebut untuk pertama kalinya, jadi jangan batasi ruang gerak janin dengan pakaian yang tidak membuat anda leluasa.

Kalau dulu anda sering mengeluh mual, pusing, dan semacamnya terutama pada pagi hari, seharusnya usia 4 bulan sudah jauh lebih berkurang atau malah hilang sama sekali. Walaupun, tetap saja anda tidak bisa melarikan diri dari rasa tidak nyaman lain yang menghantui kehamilan anda. ‘perasaan tersebut’ termasuk namun tidak terbatas pada cepat lelah, ling lung, gemar buang angina, hidung berdarah (mimisan), gusi luka, nafsu makan naik, mata kaki bengkak, kaki gatal, nadi terlihat, keputihan, gurat kehamilan (stretch mark), dan kesulitan bernafas. Anda juga mendapati dada terasa panas seperti terbakar, apalagi kala anda berbaring. Biang kerok perasaan terbakar satu ini adalah hormon yang seharusnya bertugas membuat perempuan merasa lebih rileks malah membuat asam lambung yang naik keatas, diperparah dengan rahim membesar.

Sedangkan, banyak update baru dari dalam tubuh anda. Ternyata, sebagian besar pekerjaan jantung anda adalah memompa darah 20% lebih cepat dari biasanya, hal ini dilakukan tubuh agar janin mendapatkan banyak oksigen sebagai satu – satunya sarana bertahan hidup. Ditambah dengan kenyataan bahwa bentuk janin sekarang semakin jelas. Jari – jari makin terbentuk, kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, janin sedang dalam tahap pengerjaan. Patut dibanggakan pula gigi dan tulang janin yang makin kokoh siap memperkuat diri. Bila anda punya kemampuan lebih untuk melihat janin anda secara langsung, anda akan sangat kagum bila melihat gerakan gerakan seperti mengisap jempol, menguap, merenggangkan badan, sampai membuat ekspreksi. Bisnis kedokteran banyak memanfaatkan situasi kehamilan 4 bulan dengan menawarkan alternatif teknologi guna melihat perkembangan janin 4 bulan lebih jelas nan leluasa. Anda hanya perlu berpikir apakah anda ingin tahu atau tidak dan merogoh kocek yang diminta. Tentu saja memuaskan rasa ingin tahu secara psikologis mampu membuat perempuan lebih tenang sehingga kehamilan berjalan lancar. Analoginya, akan lebih baik berjalan menyusuri gua gelap sambil mengenggam lilin dibanding tidak memperoleh pencahayaan sama sekali.

Kalau anda tipe orang sadar kesehatan dimana anda gemar mengunjungi dokter bahkan tanpa ada keluhan sekalipun, proses pemeriksaan 4 bulan tidak jauh berbeda dengan proses bulan sebelumnya. Berat badan, tekanan darah, ukuran bentuk janin, berat rahim, tes air seni (mengetahui kadar gula dan protein), detak jantung, dan gejala bengkak di kaki atau tulang kering terlebih bila disertai pusing, kebutaan permanen, serta sakit perut akan menjadi makanan anda sehari – hari.

Prosedur tersebut cukup standar, bila tidak ada masalah anda bisa lanjut pada konsultasi atau seperti yang dijelaskan pada paragraph sebelumnya, memanfaatkan penemuan manusia era 21. Paling terkenal, bahkan anda sendiri sudah pernah mendengar atau melihat di adegan film barat, adalah ultra sound. Kegiatan dimana seorang perempuan hamil, di lumuri gel dingin pada bagian perut, untuk kemudian digosok menggunakan suatu alat yang menyambung ke layar komputer. Ya, teknologi temuan Ian Donald pada tahun 1956 telah menjadi revolusi pada dunia medis khusunya kehamilan. Ultra sound tidak hanya membuat anda mampu melihat kondisi janin saat ini, namun juga mengetahui apakah anda memiliki anak kembar, serta posisi janin. Namun hal terpenting dari ultra sound  ialah memeriksa usia janin dan apakah ada kecacatan pada janin atau tidak. Salah satu resiko melahirkan adalah anak yang terlahir dengan suatu kekurangan secara fisik, dengan ultra sound and memiliki kesempatan untuk melakukan atau mengambil tindakan terbaik guna menyelamatkan bayi anda. Selain ultra sound, AFP (Alpha fetoprotein) banyak digunakan untuk mengetahui kondisi kehamilan. Bedanya, AFP memanfaatkan tes darah. Bila tes darah menunjukkan kandungan AFP terlalu tinggi, berarti kehamilan anda lebih cepat dari estimasi atau anda mengandung anak kemabar. Bila tingkat darah rendah, perkembangan janin 4 bulan bisa mengarah pada kecacatan yang nanti akan diperiksa lebih lanjut.

Anda mau lebih detil lagi mengenai trimester kedua ini? Anda bisa membaca ulasan dari Awal Sehat dari Nestle dan diet yang baik untuk ibu yang hamil 4 bulan dari Bidan untuk mendapatkan nutrisi terbaik.