perkembangan bayi 5 bulan
Source: Bundoo

Baruterus.com – Pada perkembangan bayi 5 bulan ini, si kecil kesayangan bunda akan lebih ekspresif dari usia sebelumnya. Dia akan menjulurkan tangannya, bila meminta bunda menggendongnya. Buah hati bunda juga mungkin sudah bisa untuk tertawa atau tersenyum, jika bunda membuat ekspresi yang lucu atau bercanda dengannya.

Perkembangan fisik pada usia 5 bulan ini juga menunjukkan kecepatan yang pesat. Berbanding lurus dengan fisik si kecil. Mobilitasnya juga mengalami peningkatan. Hal ini seiring dengan bertambah kemampuannya untuk duduk, merangkak, berguling, dan berdiri walaupun masih harus dibantu orang lain.

Perkembangan fisik bayi usia 5 bulan secara lengkap adalah sebagai berikut.

  1. Pada usia ini si kecil mungkin juga sudah dapat duduk tanpa bantuan bunda dalam beberapa saat. Dia juga sudah bisa menyangga tubuhnya dengan tangan walaupun hanya sebentar. Hanya saja bunda perlu menyangga punggungnya untuk mencegah si kecil terjatuh.
  2. Si kecil juga sudah gemar untuk berdiri dengan bantuan bunda. Hal ini terjadi karena otot kakinya sudah lebih kuat dari bulan sebelumnya. Mungkin banyak dari bunda yang berpikir kalau dengan membiasakan si kecil berdiri akan berdampak negatif pada pertumbuhan tulang. Padahal bayi usia 5 bulan tidak masalah bila bunda membantunya untuk berdiri. Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Jennifer Shu, M.D., seorang dokter anak,  dan co-author Heading Home with Your Newborn yang menyatakan bahwa membantu bayi berdiri tidak apa-apa, tidak berdampak negatif pada pertumbuhan tulangnya.
  1. Bunda mungkin juga pada usia ini menemukan si kecil demam tinggi dan sering rewel. Hal ini mungkin karena  gigi si kecil akan tumbuh. Bunda bisa memberikan mainan untuk merangsang giginya, sehingga dia tidak merasa kurang nyaman lagi pada bagian yang akan tumbuh gigi.
  2. Dia juga mungkin sudah bisa merangkak dengan gaya merangkak ala tentara, menggunakan tangan untuk menarik tubuhnya. Bunda dapat mengawasinya bila si kecil sudah mulai merangkak, untuk mencegah dia terjatuh atau menabrak benda di sekitarnya.
  3. Bunda pada usia ini mungkin memergoki si kecil sudah mahir untuk memegang benda dengan jari-jari tangannya. Hal ini terjadi akibat otot jarinya berkembang dengan baik, sehingga dengan mudah jari-jari itu membuka dan menutup dengan baik. Untuk lebih melatih kemampuan ini, bunda dapat menempatkan mainan yang dapat dia pegang di tangan kiri dan memintanya memindahkan ke tangan kanan.
  4. Otot lengannya juga sudah berkembang dengan baik. Hal ini terbukti dengan bayi bunda sudah dapat mengapai benda yang berada di sekitarnya. Bunda dapat terus meningkatkan kemampuannya dengan meletakkan benda-benda yang menarik perhatian untuk mengambilnya.

Perkembangan fisik banyak juga yang mengasosiasikan dengan perkembangan bertambahnya tinggi dan berat badan, serta ukuran lingkar kepala dan lingkar lengan. Pada bayi 5 bulan dengan jenis laki-laki-laki biasanya memiliki berat badan 6,1-9,2 kg dengan panjang atau tinggi 61,9-69,9 cm, sedangkan bayi perempuan beratnya 5,5-8,7 kg dengan tinggi 59,9-68,2 cm.

Sementara, lingkar lengan bayi laki-laki berkisar 40.1-45 cm sedangkan bayi perempuan 38.9-44 cm. Lingkar lengannya pun menjadi indikasi perkembangan bayi 5 bulan, bayi laki-laki memiliki 12-16,3 cm dan untuk bayi perempuan berkisar 11,5-16,1 cm.

Perkembangan fisik bayi 5 bulan juga ditentukan dengan perkembangan otak buah hati bunda. Perkembangan ini yang akan berkontribusi dengan perkembangan fisik bayi pada usia 5 bulan.