sistem-pendidikan-indonesia

Baruterus.com – Bagi orangtua tentu merupakan suatu kewajiban untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anaknya. Pendidikan merupakan satu hal yang sangat penting bagi anak terutama untuk mempersiapkan masa depannya. Dengan pendidikan yang berkualitas maka pengetahuan dan wawasan anak semakin luas. Sayangnya, pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya memiliki kualitas yang baik jika terutama yang berada di pedesaan. Hal ini jauh berbeda dengan sistem pendidikan yang ada di Luar Negeri, Australia misalnya. Nah untuk mengetahui lebih lanjut simak ulasan berikut mengenai perbedaan sistem pendidikan di dalam dan luar negeri.

Pendidikan di Indonesia dilalui secara bertahap, dari mulai Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD, selanjutnya Taman Kanak-kanak atau TK, selanjutnya ke Sekolah Dasar atau SD, lalu Sekolah Menengah Pertama atau SMP hingga Sekolah Menengah Atas atau SMA. Namun untuk minimal pendidikan pemerintah menetapkan program belajar 9 tahun dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama. Akan tetapi, bagi yang ingin melanjutkan pendidikan maka boleh jika melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi.

Sistem Pendidikan di Indonesia.

Untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, pendidikan menjadi salah satu sarana yang harus dilalui. Namun memang, semakin tinggi pendidikan yang dilalui tentu membutuhkan biaya yang lebih banyak pula. Hal ini yang masih menjadi kendala bagi setiap orangtua dimana mereka menginginkan pendidikan yang tinggi bagi anaknya namun tidak memiliki cukup dana untuk dapat membiayainya. Itulah mengapa banyak sekali kasus anak putus sekolah di Indonesia. Meskipun pemerintah mempunyai program dan bantuan pendidikan akan tetapi program tersebut dirasa belum efektif untuk menurunkan tingkat kasus anak putus sekolah dikarenakan masalah ekonomi. Pemikiran akan lebih enaknya bekerja daripada sekolah juga menjadi penyebab mengapa anak sekolah mulai malas bersekolah.

Perbedaan Sistem Pendidikan di Indonesia dengan Luar Negeri.

Tugas orangtua bukan hanya mempersiapkan dana untuk biaya pendidikan namun juga harus memilih dan memberikan pendidikan dengan kualitas yang baik. Orangtua harus mengenal betul sistem pendidikan yang akan ditempuh oleh anaknya. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) serta Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau (KTSP) merupakan beberapa sistem yang pernah digunakan dalam sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Mengapa sistem pendidikan penting? Karena sistem pendidikan yang digunakan mempengaruhi kemampuan anak didik baik ketika menempuh pendidikan maupun ketika si anak telah lulus dan menjalankan kehidupannya. Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai sistem pendidikan berikut kami berikan perbedaan antara sistem pendidikan di Indonesia dengan sistem pendidikan di Luar negeri.

Bagaimana sistem pendidikan yang digunakan di Indonesia?

pada dasarnya ada 3 jenjang pendidikan yang terdapat di Indonesia. pertama, pendidikan dasar kedua, pendidikan menengah, ketiga pendidikan tinggi. Dalam sistem pendidikan di Indonesia, ada tiga aspek yang diutamakan yaitu pengetahuan, keterampilan serta sikap. Jadi, ketiga aspek tersebutlah yang digunakan dalam menilai anak didik ketika menempuh pendidikan. sedangkan aspek yang lain seperti spiritual, intelektual, personal juga menjadi penting untuk dipertimbangkan.

Yang menjadi pembeda dengan sistem pendidikan di luar negeri yaitu di UK Cambridge misalnya. Sistem pendidikan kita masih bersifat umum saja dan kurang dalam mengarahkan anak didik ke arah pendidikan dimana ia memiliki bakat dan kemampuan. Atau sistem pendidikan di Amerika Serikat yang menekankan aspek sains, teknologi, teknik, seni, dan aspek-aspek keilmuan lainnya. Mungkin hal ini yang menjadikan kelemahan sistem pendidikan di Indonesia. Nah, itulah perbedaan sistem pendidikan Indonesia dengan Luar negeri. Bagi Anda para orangtua, pilihlah sistem pendidikan yang sesuai dengan bakat sang anak karena anak akan lebih maksimal dalam menjalani pendidikannya. Terimakasih.