Pola Asuh Orang Tua

Baruterus.com – Hadirnya anak menjadi anugerah terindah bagi setiap orang tua. Karena dengan hadirnya anak, berarti orang tua sudah diberi kepercayaan untuk dapat menjaga anugerah tersebut. Anak merupakan pelita hati bagi orang tuanya, dimana harus dijaga dan di didik agar menjadi anak yang memiliki kepribadian dan karakter yang baik. Nah, untuk kali ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai peran penting pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak.

Banyak yang mengatakan bahwa seperti peribahasa ‘buah jatuh tidak jauh dari pohonnya’. Peribahasa tersebut artinya bahwa perilaku dan sifat-sifat anak tidak akan beda jauh dengan perilaku dan sifat orang tuanya. Mengapa hal ini terjadi? Persamaan sifat dan perilaku ini terjadi karena ketika masih fase balita dan anak-anak, anak akan cenderung memiliki sifat dan kebiasaan meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Keluarga dan orang tua adalah orang yang paling dekat dan yang paling berpengaruh terhadap perilaku sang anak.

Lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap anak.

Keluarga adalah lingkungan pertama yang dikenal oleh sang anak ketika dia lahir. Baik kondisinya, hal-hal yang ada di dalam sebuah keluarga menjadi pusat perhatian sang anak. Anak sejak kecil akan mulai belajar dari orang-orang terdekatnya terutama orang tua. Misalnya meniru tingkah laku orang tua, meniru gaya berbicara dan meniru hal-hal lain yang mereka dengar dan lihat. Bukan hanya hal positif saja, namun hal negatif pun juga dengan polosnya ia tiru karena pada masa itu anak belum dapat membedakan mana hal yang baik dan mana hal yang tidak baik.

Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua, jangan kaget jika hal tersebut juga dilakukan oleh anak meskipun dengan tingkah lucunya memperagakan apa yang ia lihat dan ia dengar. Maka dari itu, kita dapat mengetahui betapa pentingnya pola asuh yang dilakukan oleh orang tua terhadap karakter sang anak.

Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak.

Menjadi orang tua memang bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan. Orang tua memiliki tanggung jawab yang tidak ringan dalam membentuk karakter dan kepribadian sang anak. Bahkan dapat dikatakan bahwa sifat dan perilaku anak ketika dewasa sangat dipengaruhi oleh bagaimana orang tua mendidik dan mengasuh anak sejak masih kecil. Apabila orang tua selalu melakukan hal yang baik dan mengajarkannya kepada anaknya dengan sikap lembut dan rasa kasih sayang maka anak akan meniru dan belajar untuk menjadi seorang yang sama dengan orang tuanya. Begitu juga sebaliknya, apabila orang tua sering berperilaku kasar dan berbicara yang tidak sopan maka jangan heran jika anak nantinya akan tumbuh dengan sikap dan perilaku yang sama.

Anak akan merekam semua yang dilakukan orang tua di otaknya. Maka dari itu, pembentukan karakter sejak dini harus sudah diterapkan oleh orang tua. Pembentukan karakter mulia dapat dilakukan dengan cara memberikan dan mengajarkan anak dengan karakter dan kebiasaan-kebiasaan yang baik. berilah kasih sayang yang cukup kepada anak, karena dengan memberikan kasih sayang yang cukup, anak tidak akan mencari perhatian di luar dari lingkungannya. Sehingga anak akan lebih terbuka kepada orang tua, ia akan lebih mudah dalam mengekspresikan yang ia inginkan.

Di zaman globalisasi seperti saat ini, sebagai orang tua Anda harus lebih memperhatikan perlaku dan sifat anak. Karena dengan semakin berkembangnya zaman, banyak sekali dampak yang tidak baik yang mudah sekali ditiru oleh anak. Dan sangat perlu diketahui oleh orang tua bahwa cara asuh mempengaruhi karakter anak. Semoga bermanfaat.

Image Source: parkinsonsmovement.com