penyakit-akibat-begadang

Baruterus.com – Anda sering begadang? Hati – hati penyakit muncul karena sering begadang. Tidur larut malam telah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Terlebih lagi bagi mereka yang memang mempunyai aktifitas di malam hari baik bekerja atau melakukan sesuatu. Namun kebiasaan tidur laut malam atau begadang ini merupakan kebiasaan buruk dan dapat menimbulkan bahaya penyakit. Untuk lebih lengkapnya berikut kami berikan sedikit informasi mengenai beberapa penyakit yang bisa muncul karena terlalu sering begadang.

Begadang merupakan kebiasaan buruk yang tanpa disadari membawa dampak buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal ini sudah diketahui, namun karena menjadi sebuah kebiasaan maka sulit untuk dihilangkan. Begadang membuat tubuh menjadi tak bertenaga karena yang seharusnya tubuh bisa beristirahat namun terganggu karena begadang. Jika malam hari begadang, keesokan harinya pasti ada beberapa dampak yang dirasakan secara langsung seperti mudah lelah atau sakit kepala karena kurang tidur. Meskipun termasuk gangguan kesehatan yang ringan namun hal ini juga tak bisa jika dibiarkan berkepanjangan.

Karena berbagai alasan, banyak orang yang sering begadang dan tak memperhatikan kondisi dan kesehatannya. Lembur kerja, nongkrong dengan teman, main game bahkan begadang karena sesuatu yang tak jelas. Memang, dampak yang dirasakan setelah begadang tidak terlalu parah, akan tetapi jika terus menerus melakukan kebiasaan buruk ini maka jangan kaget jika penyakit mudah sekali muncul. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan beberapa dampak buruk akbat sering begadang dari mulai yang ringan hingga yang paling parah.

  • Mudah Lemas

Sudah disebutkan diawal bahwa dampak paling cepat dirasakan setelah begadang adalah tubuh menjadi mudah sekali lemas. Bahkan ketika melakukan aktiftas sehari-hari menjadi kurang bertenaga dan tidak semangat.

  • Masuk Angin

Selain tubuh yang mudah lemas, karena seringnya begadang maka Anda akan mudah terkena masuk angin. Mengapa? karena angin malam tidak baik bagi kesehatan apalagi jika Anda begadang diluar rumah yang dapat menyebabkan perut kembung akibat angin dan badan yang kurang fit.

  • Sakit Kepala

Karena begadang maka otomatis Anda kurang tidur. Kurang waktu tidur ini juga dapat meyebabkan sakit kepala karena tidur yang terlalu malam dan bangun terlalu siang. Hal ini dikarenakan otak jua memerlukan istirahat.

  • Insomnia

Sering ya kita mendengar istilah tersebut? Insomnia adalah suatu penyakit dimana seseorang mengalami susah tidur yang dikarenakan kebiasaan tidur yang terlalu malam. Bahkan jika dilakukan terus menerus menyebabkan penyakit insomnia jangka panjang.

  • Mudah Lupa

Tahukan Anda bahwa begadang membuat pikun? Ya, karena tidur terlalu malam maka otak terlalu banyak mengingat dan kurang istirahat. Hal ini menjadikan fungsi otak terganggu yang akhirnya menyebabkan penderita mudah sekali lupa alias pikun.

  • Depresi

Bukan hanya penyakit ringan, namun kebiasaan begadang juga menimbulkan penyakit-penyakit serius salah satunya adalah depresi. Jika seharusnya tubuh dan otak beristirahat selama 7 hingga 8 jam per hari namun karena begadang hanya menjadi kurang dari 5 jam per hari maka hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti mudah emosi, stress bahkan gejala depresi.

  • Serangan Jantung dan Stroke.

Beberapa studi menyatakan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan beberapa penyakit serius yaitu penyakit jantung dan stroke.

Demikianlah beberapa gangguan hingga penyakit serius yang diakibatkan karena terlalu sering begadang. Usahakan untuk meminimalisir kebiasaan seperti hindari minum kopi atau melakukan aktifitas yang kurang penting di waktu malam. Selain itu, jaga pola tidur 7 hingga 8 jam per hari dan tak lupa berolahraga secara rutin agar terhindar dari serangan penyakit.