Cara Mengatasi Anak Susah Belajar
Souce: PBS

Baruterus.com –Peranan orang tua dalam kehidupan anak- anak sangat penting, salah satunya dalam kegiatan belajar. Ketika masa kanak-kanak hal yang paling kita butuhkan yaitu perhatian dari orang terdekat kita yaitu orang tua. Tuntutan mereka bertambah seiring mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Belajar bagi anak-anak adalah hal yang membosankan, namun apabila kita mengarahkannya akan menjadi lebih baik . Jangan pernah menganggap remeh peranan mendampingi buah hati kita dalam belajar karena ini adalah salah satu cara mengatasi anak susah belajar.

Memang ada perbedaan anak ketika didampingi belajar dengan yang tidak. Anak yang tidak  didampingi belajar akan cendrung malas, karena kurang mendapat perhatian. Secara psikologis sangat berpengaruh ketika seorang anak didampingi oleh orang tuanya, karna ia akan merasa diperhatikan sehingga dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Pada umumnya jauh lebih penting membentuk anak agar mau belajar daripada mendorong anak untuk memiliki prestasi. Anak-anak yang biasa belajar demi prestasi tinggi biasanya tidak akan bertahan lama. Sedangkan anak- anak yang senang belajar akan mampu mengembangkan dirinya sendiri di masa datang.

Untuk alasan inilah orang tua perlu meluangkan waktu untuk mendampingi  anak-anak dalam belajar.

Ada 3 hal sisi positif :

1. Hubungan kedekatan antara orang tua dan anak

Hubungan bisa terjalin dekat  antara orang tua dan anak, ketika orang tua mendampingi  anak belajar. Jika kita sebagai orang tua mendampingi anak saat belajar otomatis rasa percaya diri mereka timbul,mereka gak akan malu atau takut ketika mereka mengalami ketidakmampuan.

2. Orang tua dapat mengetahui perkembangan anaknya secara persis dan akan kebutuhan belajarnya

Dengan kita mendampingi anak kita belajar, kita akan tahu seberapa mampunya mereka di bidang studi yang mereka pelajari. Contoh mereka belum mampu dalam menghitung  dan membaca maka tugas orang tua adalah  membantu mereka.

3. Bentuk perhatian dari orang tua terhadap anak

Jika kita mengasihi anak-anak kita maka pastilah kita ingin yang terbaik untuknya. Maka  ketika anak-anak belajar peranan kita untuk menunjukan bahwa kita mengasihi mereka lewat belajar bersama.

 

Ada beberapa tips agar orang tua mendampingi anak-anaknya ketika belajar:

  1. Berikan teladan yang baik

Anak-anak mencontoh, apa yang orang tuanya lakukan. Maka dari itu kita harus mengembangkan sikap suka belajar,membaca buku bersama atau berdiskusi. Bahkan saat belajar pun orang tua tidak menonton tv.

  1. Sikap yang positif dan sportif dari orang tua

Penting bagi kita sebagai orang tua memeriksa diri apakah kita tipe orang tua yang positif dan sportif bagi anaknya. Sebab kalau kita adalah orang tua yang suka mengeluh dan suka mengkritik dan memarahi anak dalam belajar, maka anak akan menerima pesan bahwa kita sebagai orang tua memiliki pandangan negatif terhadap mereka. Akibatnya anak akan menjadi tidak mau belajar  dan tidak suka terhadap bahan pelajaran tersebut.

  1. Bantulah anak memilih waktu belajar

Jangan meminta anak belajar dalam kondisi letih, ngantuk atau marah- marah. Gunakan waktu yang pas untuk mengajaknya belajar, agar suasana tidak berubah menjadi tegang. Biarkan anak- anak beristirahat sejenak, bahkan setelah mereka mandi.

  1. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Menurut penelitian otak akan bekerja dengan optimal apabila suasana belajar dalam suasana kondusif. Suasana ruangan yang nyaman, menyenangkan dan menyegarkan.