nutrisi si kecil
Source: Delish

Baruterus.com – Nutrisi si kecil merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, pasalnya asupan tersebut  yang akan menunjang seluruh kinerja dan fungsi tubuh termasuk pula dari sisi kesehatan tubuh. Sebagai orang tua tentu Anda sangat senang melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan maksimal apalagi ketika usianya semakin bertambah dimana si kecil akan bergerak dengan begitu lincahnya. Namun banyak orangtua yang tidak merasa begitu cepat pertumbuhan anaknya.

Sekarang mungkin saja si kecil sudah aktif bermain bahkan rasa penasarannya juga semakin besar terhadap hal-hal baru yang ia lihat. Disinilah peran Anda sebagai orangtua dimana dalam fase ini si kecil membutuhkan perhatian yang benar-benar ekstra. Tapi tidak hanya memperhatikannya agar si kecil terhindar dari benda-benda berbahaya melainkan asupan kebutuhan nutrisi dan gizi si kecil juga harus Bunda penuhi. Hal ini tentu saja untuk menunjang fase pertumbuhannya biar si kecil jadi tidak gampang sakit.

Perhatikan Nutrisi Si Kecil Yang Terdapat Pada Menu Makanannya

Sebenarnya tidak susah untuk mencukupi kebutuhan gizi si kecil. Anda dapat memulainya dari makanan untuk si kecil. Makanan menu 4 sehat dan 5 sempurna adalah menu makanan yang sangat penting karena makanan tersebutlah yang akan menjadi asupan gizi dan nutrisi untuk anak. Memilih menu makanan untuk si kecil juga dapat Anda berikan dengan berbagai variasi asal porsinya seimbang.

Berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh buah hati Anda ; Daging sapi, Daging ayam, Kacang-kacangan seperti kacang kedelai atau kacang kedelai hitam, Tahu, Telur, Ikan salmon, Sayuran ( brokoli, bayam, kubis dan wortel), Buah-buahan (alpukat, strawberi, pisang, jeruk, apel, blueberi dan tomat), Yogurt dan Cokelat. Semua jenis makanan tersebut adalah menu makanan sehat yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

Sebab semua jenis makanan tersebut telah memiliki semua jenis kebutuhan nutrisi anak. Protein, vitamin dan mineral yang sangat lengkap. Selain makanan minuman untuk si kecil juga menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan. Sejak kecil Bunda sudah bisa mengajarkan anak pentingnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, yang mana cairan tubuh juga punya pengaruh yang besar untuk fase pertumbuhannya.  Selain air putih, minuman sehat yang terbaik untuk si kecil adalah ASI dan susu termasuk pula susu untuk pertumbuhannya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ASI merupakan asupan yang sangat berharga untuk anak bahkan jika dibandingkan dengan segala jenis minuman entah itu susu atau pun jus buah ASI adalah minuman yang memiliki kandungan nutrisi, protein, vitamin dan mineral yang lengkap. Sedangkan susu termasuk susu untuk pertumbuhan anak adalah minuman sehat kedua yang harus Bunda berikan pada si kecil.

Susu pertumbuhan yang memang diciptakan khusus untuk menunjang fase pertumbuhan anak yang mana telah mengandung zat besi, protein dan karbihidrat kompleks itu sangat berbeda dengan susu formula. Susu formula hanya bisa dikonsumsi oleh bayi di bawah 6 bulan sementara susu pertumbuhan hanya bisa dikonsumsi bagi anak yang telah berusia 1 tahun ke atas. Walau berada dalam urutan kedua susu pertumbuhan memiliki manfaat yang luar biasa untuk si kecil. Karena susu pertumbuhan telah memiliki kandungan gizi, protein dan vitamin yang kompleks sehingga sangat baik untuk menunjang dan membantu pertumbuhan anak.

Piramida Gizi dan Nutrisi Si Kecil

Salah satu cara mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi anak yaitu dengan menggunakan piramida gizi. Mungkin Anda salah satu Ibu yang masih cukup asing dengan piramida gizi, memang cara ini masih tidak banyak digunakan di tanah air. Namun meski begitu piramida gizi sudah banyak membantu para orangtua untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

Pola piramida terdiri dari 4 bagian, dimana setiap bagian terdapat sejumlah makanan dan minuman. Bagian paling bawah merupakan menu makanan yang dianjurkan untuk lebih banyak dikonsumsi oleh si kecil sementara semakin ke atas makanan semakin berkurang.  Bagian bawah terdiri dari makanan yang merupakan asupan untuk sumber tenaga bagi si kecil. Mulai dari beras, roti, jagung, kentang, sagu dan singkong

Bagian tengah merupakan makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk menunjang fungsi dan kinerja organ tubuh si kecil. Di bagian ini terdapat buah-buahan dan sayuran seperti bayam, kacang panjang, kangkung, jeruk, pisang dan mangga. Bagian atas adalah makanan yang merupakan sumber protein dan lemak yang mana penting dalam pertumbuhan dan pembentukan otot anak.

Daging sapi atau daging ayam, telur, ikan, udang, tahu dan tempe adalah makanan yang memiliki kandungan lemak dan protein yang penting untuk si kecil Sedangkan pada bagian paling atas adalah makanan yang mengandung garam dan gula seperti makanan ringan, permen atau es krim. Apabila bagian bawah adalah bagian makanan yang dianjurkan untuk lebih banyak di konsumsi, semakin ke atas maka makanan yang ada di bagian tersebut semakin berkurang.

Itu artinya makanan ringan, es krim dan permen sangat penting untuk dikurangi bahkan lebih baik jika tidak diberikan sama sekali. Umumnya anak memang cenderung sulit untuk mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah. Namun Anda tidak perlu khawatir, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil maka Anda dapat melakukan kreasi saat memberikannya. Misalnya saja dengan mengganti menu makanannya atau memberikannya kue dan jus yang terbuat dari buah-buahan.