evaluasi-pendidikan-indonesia

Baruterus.com – Sebuah evaluasi tentu sangat penting untuk mengukur suatu kegiatan yang telah dilakukan demi tercapainya tujuan. Dengan adanya evaluasi maka suatu kegiatan akan dinilai apakah sudah sesuai atau belum, jika belum maka perlu dilakukan tindakan konkret dari evaluasi tersebut. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan ini. Sistem pendidikan yang ada di Indonesia tentu belum sepenuhnya baik dan sesuai maka juga memerlukan sebuah evaluasi. Baik sistem, proses, sarana maupun prasarana dalam pendidikan Indonesia dinilai belum memiliki kualitas baik. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pentingnya evaluasi pada sistem pendidikan di Indonesia.

Jika melihat dunia pendidikan yang ada di Indonesia sekarang, tentu belum bisa jika dibilang ‘berkualitas’. Mengapa? ya, mungkin jika melihat pendidikan yang ada di kota-kota besar kita bisa mengatakan bahwa cukup baik pendidikannya baik sarana maupun prasarananya. Namun bagaimana dengan pendidikan yang ada di kota-kota kecil di Indonesia? di Indonesia bagian timur misalnya. Tentu belum banyak desa dan daerah yang memiliki pusat-pusat pendidikan. bahkan pendidikan hanya bisa dijangkau hingga Sekolah Menengah Pertama saja. Itupun dengan kondisi sekolah yang tidak layak dan dengan minimnya tenaga pengajar.

Jika kita melihat sistem pendidikan yang ada di Indonesia, tentu juga masih perlu dilakukan evaluasi. Melakukan evaluasi pendidikan yang ada di Indonesia, tentu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang kita miliki dimasa yang akan datang. Selain itu, evaluasi dapat dijadikan sebagai acuan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Berikut kami berikan beberapa pentingnya evaluasi untuk kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia.

  1. Bagi Pendidik

Dengan adanya evaluasi, maka pendidik mendapatkan umpan baik berupa hasil evaluasi yang selanjutnya akan di implementasikan di dalam dunia pendidikan. Pendidik mempunyai peran yang mengetahui apakah hasil evaluasi cocok dan dapat di implementasikan atau tidak. Jika sudah cocok maka hasil evaluasi yang ada bisa dilanjutkan yang kemudian bisa dijadikan sebuah sistem pendidikan yang baru demi terwujudnya kualitas pendidikan yang baik di Indonesia.

  1. Bagi Peserta Didik

Sedangkan bagi peserta didik, evaluasi pendidikan tentu menjadi sangat penting karena perbaikan sistem pendidikan yang dilakukan maka peserta didik pun juga mendapatkan pengajaran yang lebih baik. Dengan adanya evaluasi pendidikan, maka dapat lebih mudah mengetahui kemampuan para peserta didik. Selain itu dengan adanya evaluasi pendidikan maka mudah untuk melakukan pengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Dari segi materi pengajarannya, harus juga disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik. Maka dengan dilakukannya evaluasi, akan terlihat bagaimana perkembangan peserta didik dari yang sebelumnya dengan saat diberikan evaluasi.

  1. Bagi Instansi Pendidikan

Bukan hanya untuk guru atau tenaga pendidik dan peserta didik saja, evaluasi pendidikan juga penting bagi instansi pendidikan. Jika dilakukan evaluasi pendidikan tentu bukan hanya kualitas pendidik dan peserta didiknya saja yang meningkat, namun citra instansi pendidikan pun juga mendapatkan dampak baiknya. Instansi dapat dengan mudah mengontril dan mengatur bagaimana sistem pendidikan yang baik untuk diterapkan didalam instansi pendidikan tersebut.

  1. Bagi Pemerintah

Evaluasi pendidikan yang dilakukan tentu bertujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Dengan adanya evaluasi pendidikan tentu akan ada masalah-masalah terutama dalam bidang pendidikan yang terselesaikan. Hal ini cukup membantu pemerintah untuk tujuannya memberikan pendidikan yang layak bagi masyarakat Indonesia.

Demikian itulah beberapa manfaat pentingnya evaluasi untuk sistem pendidikan di Indonesia.