pengeluaran-tak-terduga

Baruterus.com – Tentu sudah Anda ketahui bahwa penting sekali untuk merencanakan keuangan. Meskipun bukan untuk suatu acara atau hanya kebutuhan selama sebulan, perencanaan keuangan tetap perlu dilakukan. Mengapa? karena rencana keuangan bertujuan untuk mengukur seberapa besar penerimaan dan pengeluaran yang akan Anda gunakan. Namun tak jarang rencana keuangan yang Anda buat tak sesuai dengan realisasinya terutama dalam hal pengeluaran. Meskipun sudah membuat daftar pengeluaran, seringkali pengeluaran tak terduga muncul. Nah, sebenarnya apa saja yang menjadi sumber pengeluaran tak terduga tersebut?

Seringkali Anda dalam merencanakan keuangan tak sesuai dengan apa yang terjadi. Hal ini wajar saja, karena memang Anda tak bisa memprediksi dengan tepat apakah yang akan terjadi sebulan kedepan. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat alokasi pengeluaran yaitu untuk pengeluaran tak terduga atau yang sering disebut dengan dana darurat. Dana darurat dibuat dengan tujuan untuk mengantisipasi dan berjaga-jaga jika dalam sebulan kedepan membutuhkan dana atau pengeluaran yang tidak terencana dalam pos-pos pengeluaran.

Membuat pos pengeluaran dana darurat juga menghindarkan Anda untuk berhutang. Karena dengan membuat pos dana daurat maka ketika Anda membutuhkan dana Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencari dana untuk menutupinya. Berbicara mengenai dana darurat tentu berkaitan dengan hal-hal yang dapat dikatakan sebagai sumber pengeluaran tak terduga. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit mengenai sumber pengeluaran tak terduga untuk mempersiapkan kebutuhan finansial Anda.

  • Sakit

Satu hal yang paling sering menyebabkan adanya pengeluaran tak terduga adalah sakit. Tentu yang kita inginkan adalah selalu sehat, akan tetapi sakit juga tidak bisa dihindari. Jika sakitnya masih termasuk sakit yang ringan mungkin kita bisa mengatasi masalah biayanya dengan mudah. Namun bagaimana jika sakitnya parah yang mengharuskan dirawat di Rumah sakit. Tentu butuh biaya besar bukan? Sakit bisa datang kapan saja namun tidak dapat diprediksi kapannya. Jadi, untuk berjaga-jaga mempersiapkan dana jika sakit, Anda harus membuat pos pengeluaran tak terduga.

  • Kecelakaan

Selain sakit, hal lain yang bisa membuat pengeluaran tak terduga adalah jika terjadi kecelakaan. Ketika Anda ditimpa musibah dan kecelakaan tentu membutuhkan dana untuk membiayainya. Perhitungkan dan berikan rencana keuangan untuk kecelakaan dan musibah ini dalam rencana keuangan Anda.

  • Traktiran

Hal lain yang dapat membuat pengeluaran Anda membengkak adalah jika tiba-tiba Anda harus mengeluarkan uang untuk traktiran. Entah traktiran karena ulang tahun atau acara-acara lainnya akan lebih aman jika keuangan Anda dilindungi dengan adanya dana darurat. Namun meskipun demikian, usahakan sesuai dengan budget Anda saja.

  • Diskon

Siapa yang tak tahan jika melihat pajangan dengan diskon dimana-mana. Bukan hanya wanita saja, semua orang tentu tertarik jika ada suatu barang yang diberi potongan harga atau diskon. Apalagi jika diskonnya besar, tentu ini menjadi godaan bagi Anda. Nah, agar bisa menahannya maka sebelum belanja barang diskon pikirkan terlebih dahulu apakah barang tersebut dibutuhkan atau tidak dan jangan lupa melihat kondisi keuanganmu.

  • Hadiah dan Sumbangan

Senang ya jika mendapatkan kabar teman akan menikah? Ya, kan tetapi sebenarnya hal ini menjadikan sumber pengeluaran tak terduga Anda. Tentu kita memerlukan dana untuk memberikan hadiah atau sumbangan.

Itulah 5 sumber pengeluaran tak terduga yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui sumber pengeluaran tak terduga diharapkan rencana keuangan dapat direalisasikan dan tidak membuat keuangan jadi boros.