Pantangan Penderita Penyakit Maag
Source: healthxchange.sg

Baruterus.com – Anda sering mengalami sakit maag? Ya, penyakit maag adalah salah satu penyakit yang banyak sekali orang mengalaminya. Tentu Anda sudah tahu bukan apa itu penyakit maag? Ya, penyakit maag adalah suatu gejala penyakit yang menyerang lambung manusia akibat adanya luka atau peradangan pada lambung tersebut. Dan rasanya sudah pasti sangat sakit rasanya, perut menjadi mulas dan terasa perih dan malah mual jika mengkonsumsi sesuatu. Maag ini sendiri timbul karena beberapa faktor pemicu. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit mengenai beberapa pantangan yang harus dihindari oleh penderita penyakit maag agar terhindar dari serangan sakit maag.

Penyakit yang terjadi akibat radang atau luka pada lambung ini merupakan salah satu penyakit umum yang banyak terjadi di masyarakat. Penderitanya pun berasal dari berbagai usia, jangan dikira hanya kalangan muda atau orangtua saja. gejala-gejala yang timbul akibat penyakit maag ini cendrung mudah diamati seperti nyeri pada perut, mulas, perut menjadi kembung dan nyeri bagian atas perut. Dari gejala-gejala tersebut maka biasanya menyebabkan penderita maag tidak memiliki nafsu makan, keluar keringat dingin, wajah tampak lebih pucat, dan beberapa kondisi lainnya dimana menyebabkan penderita maag sulit melakukan aktivitasnya secara normal.

Jenis-jenis penyakit maag

Sebelum membahas mengenai pantangan-pantangan bagi penderita penyakit maag, kita harus ketahui terlebih dahulu apa saja sih jenis-jenis penyakit maag yang banyak sekali di derita oleh masyarakat ini berdasarkan pada tingkat keparahannya.

  • Maag ringan

Tingkatan maag yang paling rendah adalah maag ringan dimana gejala maag yang timbul masih ringan dan ketika dilakukan pemeriksaan oleh dokter maka terlihat di bagian dinding lambung terdapat asam lambung yang berlebih.

  • Maag sedang

Sedangkan pada level maag sedang ini penderita sudah mulai merasakan gejala-gejala seperti sakit dan nyeri pada perut dan mual.

  • Maag kronis

Penyakit maag yang lebih parah lagi adalah maag kronis dimana gejala yang timbul lebih parah dan muncul lebih sering karena terlalu sensitif.

  • Kanker lambung

Sedangkan jika termasuk pada kanker lambung, ini terjadi cenderung karena adanya bakteri merugikan yang terdapat di lambung yaitu Helycobacter pylori.

Apakah pantangan yang harus dihindari oleh penderita penyakit maag?

Jika kita sudah mengetahui apakah jenis maag yang kita alami, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana mencegahnya. Yaitu dengan menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya maag. Berikut ini beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita maag.

  • Makanan yang menaikkan asam lambung

Makanan yang dapat menaikkan asam lambung ialah seperti kopi dan minuman beralkohol yang kadarnya melebihi 20%.

  • Makanan yang banyak mengandung gas.

Agar tidak mengalami kembung maka hindari makanan yang mengandung gas seperrti sawi, nangka, pisang, lemak hewani dan minuman mengandung soda.

  • Makanan pedas

Tentu sudah banyak Anda ketahui bahwa penderita penyakit maag sangat dilarang mengkonsumsi makanan pedas. Ya, makanan yang terlalu pedas dapat menjadi salah satu pemicu gejala-gejala maag.

  • Makanan yang merusak dinding lambung.

Makanan yang dapat merusak dinding lambung ialah seperti banyak mengandung merica dan cuka atau makanan yang mengandung asam dengan kadar yang tinggi.

  • Makanan berkarbohidrat.

Makanan-makanan ini merupakan makanan berkarbohidrat yang dapat memicu terjadinya gejala-gejala maag yaitu seperti mie, beras ketan, singkong, dan jagung.

Beberapa makanan di atas adalah pantangan yang harus dihindari oleh penderita penyakit maag. Sebenarnya tidak masalah mengkonsumsinya asalkan dengan jumlah yang terkontrol dan pastikan sebelum mengkonsumsi makanan-makanan tersebut perut Anda sudah terisi. Karena jika perut belum terisi dan lambung kosong padahal asam lambung terus diproduksi sehingga lambung akan mencerna dinding lambung itu sendiri dan terjadi maag.