Pantangan Ibu Hamil
Image Source: Stay At Home Mum

Baruterus.com – Pantangan ibu hamil memang ada bermacam macam. Mulai dari pantangan yang sering anda dengar mulai dari mitos pantangan ibu hamil dari kenalan, atau bahkan orang tua anda. Tidak salah juga, karena masa kehamilan sedikit unik dimana anda tidak menyangka kegiatan sehari – hari ternyata bisa membahayakan anda dan janin. Berita baik untuk anda disini akan dibahas daftar pantangan ibu hamil yang mungkin bagi anda dan pasangan tidak pernah anggap sebagai sesuatu yang berbahaya. Bisa jadi, anda sering membiarkan kewaspadaan anda turun hanya karena anda meremehkan resiko yang anda dengar. Jangan sampai anda gagal hanya karena hal sepele. Mari simak penjelasan berikut:

01. Asap rokok

“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, hipertensi, gangguan kehamilan, dan janin”
Peringatan yang selalu diaung – gaungkan media pemasaran produk rokok seolah – olah tidak asing lagi. Jika diingatkan, perokok umumnya beralasan “kan’ urusan saya, badan saya sendiri ini” tanpa pikir dua kali anda hanya bisa diam. Sayangnya, produk berbasis tembakau satu ini, tidak hanya membahayakan penikmat rokok namun juga orang yang berada di sekitar atau dikenal dengan sebutan perokok pasif. Meski anda sudah menjauhi untuk tidak menikmati rokok selama masa kandungan, bila pasangan anda masih santai minum kopi sambil merokok dan minta ditemani ngobrol, ya, percuma saja.

Tahukah anda, berdasarkan penelitian oleh Beth L. Pineles, Edward Park, Jonathan M. Samet berjudul “Penelitian sistematis dan metode meta analisa berkaitan keguguran dan efek pada janin terhadap asap tembakau selama masa kehamilan” menguatkan teori mengenai bahaya asap rokok pada calon bayi. Sampel yang diambil adalah warga Amerika, dimana standart nikotin hanya berkisar 1.0 mili gram, dengan hasil cukup memprihatinkan. Perempuan yang gemar merokok selama kehamilan memiliki kemungkinan keguguran, kerusakan plasenta, janin mati mendadak paling tidak sekitar 14 persen. Sedangkan, perempuan hamil yang terlalu sering menghisap asap rokok berkemungkinan keguguran, janin mengekrut, dan kematian bayi mendadak sebesar 12% – 26%, ini berlaku di Amerika. Jangan bernafas lega dulu, pasalnya kandungan nikotin Amerika sebetulnya malah lebih sedikit dibanding tanah air Indonesia. Nikotin dalam rokok Indonesia bisa mencapai minimum 2.0 mili gram, belum termasuk rokok kretek yang bisa jadi dua kali lipat dari rata – rata kandungan nikotin dalam rokok biasa. Yakin, masih mau diam membiarkan pasangan atau anda bersahabat dengan rokok?

02. Vitamin A

Selama bertahun – tahun vitamin A telah dibanggakan oleh banyak orang. Manusia oportunis pun tidak mau ketinggalan, beredarlah produk suplemen vitamin A di pasaran bagi anda yang tidak menyukai sayuran atau sumber vitamin A dalam buah. Vitamin satu ini memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi sayang, lain cerita bagi anda yang berbadan dua. Pembatasan vitamin A ternyata cukup diperlukan demi menjaga calon bayi anda tetap hidup. Ambil contoh, wortel. Sayuran berwarna merah dengan bentuk seperti tongkat sihir gemuk tentu tidak sulit ditemukan, pasar sampai toko besar (Super market) pasti menyediakan wortel. Masalahnya, sebelum anda hamil saja, terlalu banyak memakan wortel malah membuat sel telur semakin sulit menyambut kedatangan sperma. Sedangkan, bila dikonsumsi saat anda sedang mengandung, wortel bisa membuat rahim terlalu rileks, sampai akhirnya tidak mampu menopang bayi. Alhasil, anda bersalin jauh lebih cepat dari jadwal sehingga kemungkinan besar janin anda belum siap dan langsung meninggal ketika lahir. Usut punya usut, wortel termasuk bahan alami untuk menggugurkan kandungan ! Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kelebihan asupan vitamin A anda sebelum terlambat.  

03. Jauhi pasir kucing

Siapa yang tidak suka kucing?
Mahluk imut – imut ini memang menduduki peringkat nyaris setara dengan Anjing bila melihat dari segi peliharaan. Anda mungkin pernah mendengar mitos bahwa kucing adalah hewa kotor yang bisa menyebabkan anda mandul. Sebenarnya mitos satu ini salah besar, kucing merupakan salah satu hewan yang sangat menjaga kebersihan, bahkan lidah kucing di klaim sebagai alat pembersih alami super yang pernah ada. Yang perlu anda hindari bukan kucing anda, tapi pasir tempat kucing membuang air. Bila anda tipe pemelihara yang menggunakan pasir sintetis sebagai tempat kucing memuaskan ‘panggilan alam’, minta tolong pada orang lain untuk membersihkan pasir. Kalaupun anda terpaksa, pakailah kaus tangan dan tutup hidung anda, jangan lupa cuci tangan sampai bersih benar.
Masalah bukan karena kucing anda kotor, tapi parasite bernama toxoplasmosis. Hewan kecil nan tak terlihat menempel pada bulu kucing kala hewan kesayangan sejuta umat ini sedang bermain di luar ruangan. Konsumsi tikus liar juga bisa menyebabkan kucing tidak sengaja membawa toxoplasmosis. Memang infeksi toxoplasmosis tidak terlalu terlihat, kalau bisa dibilang nyaris seperti flu, tapi bukan flu. Toxoplasmosis justru berbahaya bagi janin anda dan bisa menyebabkan keguguran, bahkan kemungkinan kehilangan calon bayi anda sebesar 40 persen bila sampai terinfeksi. Anda tidak perlu membuang kucing anda, tapi jaga perilaku kucing anda. Caranya tentu saja, menyediakan makanan di dalam supaya kucing tidak perlu keluar, Jangan bawa kucing di luar termasuk anda sendiri tanpa mengenakan kaus tangan, dan minta orang lain membersihkan pasir kucing. Bicaralah pada dokter anda bila anda mulai merasa tidak enak badan, karena pantangan ibu hamil terpenting adalah mengobati, lebih baik mencegah.

Selain itu Anda juga tidak baik mengkonsumsi mie instant seperti yang dilansir di forum Awal Sehat Nestle.