senam hamil
Image Source: ocr nation

Baruterus.com – Jangan remehkan peran pakaian ketika sedang melakukan senam hamil. Pakaian tepat tidak hanya membuat ibu merasa nyaman selama melakukan senam tapi juga menjaga agar kondisi kandungan tetap baik.

Tentu saja ibu tidak boleh mengenakan pakaian yang terlalu ketat layaknya pakaian senam para wanita yang tidak sedang mengandung. Dan hal apalagi yang harus ibu perhatikan mengenai outfit untuk senam ibu kehamilan?

Baju Senam Yang Sedikit Longgar

Tinggalkan pakaian seksi senam. Ibu perlu membeli pakaian senam ibu hamil yang sedikit longgar. Kainnya lentur sehingga tidak menekan bagian perut ibu. Selain itu, kain juga lembut dan tipis agar sirkulasi udara baik. Dan yang paling penting lagi, kain baju senam harus mampu menyerap keringat dengan sangat baik.

Bolehkah menggunakan tank top? Justru pakaian yang satu ini sangat disarankan untuk digunakan. Pakaian semacam ini akan menghindarkan ibu dari rasa panas dan kegerahan. Dan keringatpun bisa lebih mudah keluar.

Celana Senam

Ada perbedaan antara celana senam untuk usia kehamilan muda dan tua. Memang pada saat hamil muda, ibu tidak direkomendasikan untuk melakukan senam ibu hamil. Akan tetapi, jika usia kandungan sudah hampir 3 bulan, sepertinya rahim sudah cukup kuat sehingga ibu tidak perlu khawatir untuk melakukan gerakan senam kehamilan. Ibu tidak perlu membeli celana ibu hamil lantaran perut ibu belum terlalu besar.

Lain hal jika usia kehamilan menginjak trimester kedua dan bahkan ketiga. Perut sudah semakin buncit sehingga dibutuhkan celana khusus untuk senam hamil. Celana ini memiliki karet pada bagian perut sehingga celana tidak menekan kuat pada bagian perut. Dengan demikian, ibu tetap merasa nyaman dan tidak khawatir bayi di dalam kandungan tertekan.

Bra Untuk Senam Ibu Hamil

Ada satu hal yang harus ibu ketahui. Beberapa gerakan dalam senam ibu hamil bisa membuat rasa nyeri pada bagian payudara. Itulah mengapa penting sekali ibu memilih bra yang tepat. Yaitu bra yang tidak terlalu longgar tapi juga tidak terlalu kecil. Bra yang terlalu kecil akan membuat ibu susah bernafas. Padahal, ketika ibu melakukan senam hamil, ibu harus memasuukkan dan mengeluarkan udara dengan lancar.

Bra yang terlalu longgar pun tidak boleh digunakan. Sangat disarankan agar ibu memilih bra dengan cup tebal dan tali berukuran lebar. Dengan demikian, ketika ibu melakukan gerakan-gerakan tertentu, guncangan tidak membuat payudara ibu terasa sakit.

Sepatu Senam Hamil

Tentu saja ibu tidak mau kaki bengkak, bukan? Itulah mengapa ibu sebaiknya menggunakan sepatu senam hamil. Agar ibu nyaman dalam melakukan gerakan tanpa khawatir mengalami kaki bengkak, pilihlah sepatu dengan bagian bawah yang empuk. Selain itu, ibu mungkin perlu membeli sepatu yang baru lantaran biasanya selama masa kehamilan kaki ibu sedikit membesar. Pastikan sepatu yang ibu pakai sedikit besar agar lebih nyaman ketika digunakan untuk melakukan gerakan.

Setelah ibu sudah siap dengan outfit tersebut, sekarang ibu bisa mengikuti program senam ibu hamil. Agar lebih semangat, sangat disarankan ibu mengikuti kelas senam kehamilan yang biasanya diselenggarakan oleh klinik bersalin atau rumah sakit terdekat. Dengan didampingi oleh instruktur, resiko cedera bisa dikurangi. Dan yang pasti, gerakan-gerakan tertentu bisa ibu lakukan dengan tepat sehingga ibu akan mendapatkan semua manfaat dari melakukan senam hamil. Selain outfit dan instruktur, ibu juga perlu memperhatikan hal-hal yang membuat kegiatan senam lancar.