cara mendidik anak yang baik dan benar

Baruterus.com – Menjadi orangtua bukan lah sesuatu yang mudah untuk dijalankan. Maksudnya adalah orangtua memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu tugas orangtua adalah mendidik anaknya agar tumbuh menjadi seorang yang berkepribadian yang baik. Tentu hal tersebut bukanlah hal gampang dan tak semua orangtua mempu untuk mendidik anaknya dengan baik. Bahkan orangtua yang merasa telah mendidik anaknya dengan baik sekalipun pasti pernah melakukan kesalahan. Nah, untuk menambah wawasan bagi orangtua maka kali ini kami berikan sedikit informasi mengenenai Bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar.

Menjadi orangtua berarti siap untuk menjadi sosok panutan bagi anaknya. Baik dalam perkataan, sifat bahkan sikap dan perilaku. Jadi, menjadi orangtua harus sadar bahwa setiap perbuatan yang dilakukannya akan selalu menjadi perhatian dan contoh bagi anaknya. Salah satu hal yang harus diajarkan oleh orangtua kepada anaknya bagaimana mengajarkan anak bagaimana menjadi seorang yang mandiri dan tangguh dalam menghadapi segela keadaan dan tantangan. Tentu hal ini bukan hanya bermanfaat bagi anak ketika masa kecilnya namun juga menjadi bekal kelak di kemudian hari.

Setiap anak tentu akan tumbuh menjadi seorang yang dewasa maka dari itu perlu bagi mereka bekal untuk bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan bagaimana cara menghadapi segala sesuatu yang ada dihadapannya. Karena tentu, tidak setiap menit anak akan selalu berada dalam awasan orangtua. Jadi, pasti adakalanya anak akan mengalami masalah yang belum pernah ia tangani sendiri. Dengan menamkan ajaran yang baik dan mengajarkan kepada anak bagaimana cara mendidik anak agar menjadi pribadi yang tangguh diharapkan anak akan dapat mengatasi permasalahan yang dialaminya sendiri.

Cara Mengajarkan Anak Menjadi Pribadi Yang Tangguh.

Ketangguhan yang terdapat di dalam diri seseorang pasti muncul karena adanya permasalahan yang dihadapinya. Ketika suatu masalah mampu untuk diatasnya dengan baik maka akan muncul dalam dirinya sikap tak mudah menyerah dan tangguh. Tentu ketangguhan tak muncul begitu saja melainkan melalui proses yang harus ditanamkan sejak dini. Orangtua harus mulai mengajarkan sifat dan kepribadian yang baik bagi anak agar ketika anak mengalami suatu permasalahan ia dapat mengambil sikap dan keputusan meskipun memiliki resiko yang besar. Akan tetapi tak semua orangtua mengerti dan mengajarkan hal tersebut kepada anak. bahkan ada yang selalu ingin melindungi anaknya walaupun anak berada di pihak yang salah. Padahal sikap tersebut salah dan justru menghambat perkembangan sang anak.

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Pribadi Yang Berani dan Mandiri.

Sikap tangguh yang dimiliki anak tentu berawal dari sikap-sikap lain yang sudah tertanam dalam dirinya yaitu seperti sikap berani untuk mengambil keputusan dan resiko dan sikap mandiri untuk tidak bergantung pada orang lain. Dengan adanya sikap berani dan mandiri tentu menjadikan anak terbiasa untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan tidak tergantung pada orang lain. Namun Anda sebagai orangtua juga perlu untuk selalu mengawasi anak dan memahami kondisi sang anak karena tentu masukan dan saran dari orangtua sangat diperlukan bagi anak. Akan tetapi, berikan saran dan masukan yang dapat mendorong perkembangan anak dan biarkan anak untuk mengambil sikapnya sendiri.

Cara Mengajarkan Anak Menjadi Pribadi Yang Tak Mudah Menyerah

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk menanamkan sikap tak mudah menyerah pada anak. Contohnya saja ketika anak belajar naik sepeda. Meskipun anak sering terjatuh dan gagal mengayuh sepeda sebagai orangtua Anda harus selalu memberikan semangat dan memberikan motivasi kepada anak agar tak mudah menyerah dan selalu mencoba. Hal ini sangat penting bagi anak karena ketika nanti mengalami kegagalan baik dalam pendidikan, usaha, pekerjaan atau hal lainnya anak tidak pernah putus asa untuk selalu mencoba dan mencoba lagi. Karena hal yang paling penting dalam sebuah kegagalan adalah bagaimana menumbuhkan semangat dalam diri untuk tidak mudah menyerah pada keadaan dan bangkit mencoba untuk memperbaiki keadaan.

Cara Mengajarkan Anak Untuk Bisa Bersikap Adil

Selain ketangguhan, sepertinya sikap adil juga perlu ditanamkan dalam diri setiap anak. Terkadang kita sebagai orangtua ingin mengajarkan kepada anak agar bersikap adil akan tetapi kita sendiri sebagai orangtua tak bisa menerapkannya atau tidak bisa bersikap adil kepada anak. Ajarkan kepada anak bahwa adil tidaklah harus sama akan tetapi adil adalah bagaimana menempatkan sesuatu sesuai dengan porsinya.

Tentu anak sering iri atau cemburu ketika kakaknya mendapatkan sesuatu yang melebihi darinya. Sikap iri dan cemburu yang berlebuhan ini jika tidak segera ditangani maka bisa jadi membawa dampak yang buruk bagi anak. Anak bisa menjadi pribadi yang egois dan tak bisa menerima keadaan. Nah, pada moment seperti itulah peran orangtua sangat penting untuk memberikan pengertian kepada anak untuk bisa saling mengalah karena sesuatu yang didapat oleh kakaknya adalah pas dan sesuai dengan porsinya.

Beberapa sikap di atas ialah sikap yang tak dapat begitu saja atau secara instant melainkan dapat tumbuh dari ajaran atau didikan yang diberikan oleh orangtua sejak ia masih kecil. Karena ketika masih kecil anak mudah untuk menyerap dan menerapkan didikan baik yang diajarkan kepadanya. Disinilah sangat penting bagi orangtua untuk mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar terutama sejak kecil untuk menjadikan anak tumbuh menjadi anak yang berkepribadian baik. Terimakasih.