Baruterus.com – Menjadi ibu hamil terkadang memiliki tantangannya tersendiri. Apalagi saat bulan puasa dan lebaran nanti tiba, biasanya untuk ibu hamil di trisemester pertama akan merasakan morning sickness dan berbagai macam penyakit lainnya. Dimana rasa mual, ingin muntah, dan lelah yang luar biasa pada kehamilan 12 minggu. Belum lagi saat flu melanda, tidak boleh asal minum obat flu untuk ibu hamil, karena bisa jadi itu akan menganggu janin yang ada di dalam kandungan.

Dan berbicara mengenai obat flu untuk ibu hamil, untuk sebagian orang terkadang menganggap flu itu biasa. Namun nyatanya, flu dapat menimbulkan risiko komplikasi yang lebih tinggi bagi ibu yang sedang mengandung, sebut saja bronkhitis atau pneumonia. Karena tidak boleh asal minum obat, apalagi obat-obat kimia yang banyak beredar saat ini. Dimusim pancaroba seperti saat ini jelas sekali ibu hamil untuk menjaga staminanya, terutama bagi yang menjalankan puasa dan bersiap-siap menyambut hari raya.

Kalau Anda melihat iklan-iklan di televisi mungkin ada beberapa iklan obat flu yang aman diminum untuk ibu hamil. Tapi pada kenyataannya, Anda tidak boleh membeli atau minum obat flu meski sedang dilanda flu berat. Selain kandungannya yang belum tentu pas untuk Anda, akan berakibat fatal pada kandungan bila Anda tetap ingin minum obat flu tersebut, seperti keguguran ataupun anak terlahir dengan cacat.

Lantas, adakah obat flu yang cocok dan aman untuk ibu hamil itu apa?

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah flu yang terjadi saat kehamilan, diantaranya adalah:

  • Banyak minum air atau cairan

Saat flu melanda, suhu tubuh Anda akan meningkat. Rongga hidung juga tenggorokan akan memproduksi lendir (dahak) yang lebih banyak sebagai salah satu bentuk mekanisme pertahanannya. Bahkan dahak tersebut akan menggumpal di rongga hidung dan tenggorokan menjadi terlalu kental sehingga membuat susah untuk dikeluarkan. Minum banyak cairan adalah solusi yang pas untuk Anda, karena akan membantu menurunkan suhu tubuh dan mengencerkan dahak. Selain air, buah yang banyak mengandung cairan juga dapat menjadi alternative lainnya, sehingga Anda tetap merasa nyaman saat flu.

  • Menghirup uap atau steam

Menghirup uap atau steam adalah obat flu lainnya yang dapat Anda lakukan. Caranya adalah: tuang air panas dalam sebuah wadah yang tahan panas, kemudian Anda hirup uap air panasnya. Bila ingin praktis, beli dan nyalakan humidifier dalam ruangan. Uap airnya tersebut akan membantu mengencerkan dahak dan mencegah flu.

  • Kumur-kumur air garam

Ternyata garam yang biasanya dipakai untuk masak merupakan salah satu obat flu yang manjur untuk ibu hamil. Saat batuk dan sakit tenggorokan adalah respon tubuh apabila ada kuman atau bakteri masuk dalam saluran pernafasan Anda saat flu melanda. Berkumurlah dengan air garam, meski demikian air hangat dan garam efektif ‘membilas’ kuman dan bakteri tersebut sehingga batuk dan sakit tenggorokan Anda berkurang.

  • Konsumsi air perasan jeruk dan madu

Para ahli sepakat bahwa air perasan jeruk dan madu adalah obat flu untuk ibu hamil yang baik, karena selain dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan akibat flu, jeruk yang mengandung vitamin C dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda. Namun harus tetap berhati-hati, karena vitamin C akan rusak pada suhu tinggi. Oleh sebab itu jangan menyiram air panas pada perasan jeruk. Tetapi sediakan terlebih dahulu air hangat, lalu beri perasan jeruk dan madu. Dengan demikian, vitamin C pada jeruk tidak hilang.

  • Sup ayam

Umumnya semua orang tidak tahu hubungan flu dengan sup ayam, tapi kabar baiknya sup ayam dapat menjadi obat pilek untuk ibu hamil yang sangat manjur. Kenapa? karena bumbu-bumbu yang dipakai dalam membuat sup ayam (bawang putih, bawang merah, dan lada) dapat melepaskan zat anti peradangan alami yang berguna melawan virus. Sedangkan fungsi protein yang terdapat dalam daging ayam sangat membantu untuk memperbaiki membran sel yang berdampak pada cepatnya proses pemulihan.

Bagaimana? Ternyata tanpa obat-obatan kimia, Anda yang sedang hamil masih tetap dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi dalam kandungan dengan cara-cara diatas. Dimana cara-cara diatas merupakan obat flu untuk ibu hamil yang paling alami saat flu datang melanda di bulan ramadhan dan hari raya nanti. Namun, bila flu tidak kunjung reda ada baiknya untuk tetap memeriksakan diri Anda segera, karena bagaimanapun juga flu pada ibu hamil tidak boleh dianggap enteng. Semoga ulasan tersebut bermanfaat!