menu makanan bayi 1 tahun
Source: Anakkos.com

Baruterus.com – Siapa sangka jika nasgor atau nasi goreng bisa dijadikan pilihan menu makanan bayi 1 tahun yang sehat. Tentu Mom pernah dengar informasi bawasannya nasi goreng bukan menu makanan yang sehat. Apalagi jika diberikan untuk bayi yang usianya baru 1 tahun. Namun, ada fakta menarik yang harus Mom ketahui. Ternyata, nasi goreng bisa dijadikan sebagai menu makanan sehat untuk bayi usia 1 tahun.

Mengubah Nasi Goreng Menjadi Menu Makanan Sehat

Ada alasan ilmiah mengapa nasi goreng bukan menu makanan yang sehat. Dan alasan utamanya adalah kandungan nutrisi yang sangat sedikit. Apalagi cara memasaknya dilakukan dengan digoreng. Hampir semua makanan yang cara memasaknya digoreng tidak begitu sehat. Minyak mengandung kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Karena kurangnya kandungan nutrisi tersebut, maka ada tips agar nasi goreng yang Mom berikan menjadi menu makanan anak 1 tahun yang penuh dengan nutrisi.

  • Cara Menggoreng

Saat Mom menggoreng nasi, sebaiknya gunakan minyak yang tepat. Dalam hal ini, sangat disarankan agar Mom menggunakan minyak zaitun. Bisa juga Mom gunakan minyak sayur. Menurut ilmu kesehatan, kedua jenis minyak tersebut mengandung lemak tak jenuh tunggal atau ganda di mana risiko terkena penyakit jantung bisa dihindari.

 

  • Hindari Bumbu Kemasan

Sekarang, membuat nasi goreng semakin muda. Sudah ada bumbu kemasan yang khusus digunakan untuk membuat nasi goreng. Namun penggunaan bumbu nasi goreng kemasan seperti itu tidak disarankan.

Akan lebih baik jika Mom membuat bumbu sendiri. Cukup menggunakan bawang merah, bawah putih, sedikit garam, dan kecap. Itu sudah membuat nasi goreng lezat. Agar mengandung gizi yang tinggi, tambahkan juga sayur-sayuran seperti wortel yang sudah dipotong kecil-kecil, sosis, dan suiran daging ayam.

  • Tambahkan Wijen

Setelah nasi goreng sudah matang, sajikan dengan menaburkan wijen di atasnya. Namun, wijen harus terlebih dahulu disangrai agar renyah. Anak pasti semakin suka dengan menu makanan bayi usia 1 tahun yang satu ini.

Meskipun bentuknya kecil, wijen ternyata mengandung banyak sekali nutrisi lho. Wijen mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang si kecil. Selain itu, kandungan zink dan zat besinya juga cukup tinggi. Jadi, selain membuat nasi goreng semakin lezat, wijen juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk pemenuhan nutrisi si kecil.

Nah, sekarang Mom sudah tahu kan bagaimana membuat nasi goreng menjadi menu sehat untuk sang buah hati?

Jangan Terlalu Sering Membuatkan Nasi Goreng

Meskipun Mom sekarang sudah tahu bagaimana menyajikan menu nasi goreng yang sehat untuk si kecil, bukan berarti Mom bisa menyajikan nasi goreng setiap hari ya. Tentu menu makanan harus variatif.

Terlalu sering mengkonsumsi nasi goreng bisa menyebabkan anak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini disebabkan minyak sayur serta bahan-bahan lainnya yang membuat berat badan anak naik berlebihan. Apalagi jika setiap membuat nasi goreng, Mom tambahkan bahan yang kandungan proteinnya tinggi seperti telur dan daging.

Akan lebih baik jika Mom membuatkan menu nasi goreng entah itu satu atau dua kali dalam satu minggu. Sementara itu, Mom harus menyiapkan variasi makanan lainnya. Jika Mom tidak memiliki waktu untuk menyiapkan menu makanan untuk si kecil, Mom bisa siapkan bubur Nestle Cerelac. Ini merupakan bubur yang mudah dibuat dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Bubur ini juga cocok jika Mom mengajak si kecil melakukan perjalanan jauh. Mom tinggal seduh dengan air hangat. Bubur sehat dan bergizi siap untuk disantap sang buah hati.

Pentingnya Makanan Bervariasi

Setidaknya ada dua alasan utama mengapa Mom harus tahu banyak mengenai berbagai menu makanan untuk bayi 1 tahun.

  • Kebutuhan Nutrisi Terpenuhi

Tidak semua nutrisi terkandung di dalam satu menu makanan lho Mom. Oleh sebab  itu, untuk memastikan semua nutrisi untuk tumbuh kembang anak didapatkan, Mom harus menyiapkan menu makanan yang berbeda setiap hari. Akan lebih baik jika Mom juga mempertimbangkan kandungan nutrisi dari setiap bahan makanan yang ibu gunakan.

  • Menghindari Anak Susah Makan

Ada banyak faktor penyebab anak susah makan. Salah satu penyebabnya adalah menu makanan yang selalu sama. Menu makanan yang sama dan Mom siapkan terus menerus bisa membuat si kecil bosan dan akhirnya tidak mau makan. Lain hal jika Mom siapkan menu makanan yang bervariasi. Selain menghindari anak susah makan, ia juga akan mengenal makanan dengan rasa dan tekstur yang berbeda-beda.

Jadi, sesekali Mom bisa buatkan nasi goreng atau nasgor. Namun jangan lupa juga Mom harus sering membuatkan menu makanan dengan kuah dan sayur. Kuah dan sayur bisa menghindarkan si kecil mengalami masalah pencernaan seperti diare dan susah buang air besar. Pasalnya, sayuran mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu.

Saat si kecil berusia 1 tahun, tidak hanya makanan bergizi saja yang dibutuhkan. Kebutuhan gizi lebih banyak sehingga Mom harus melakukan antisipasi jangan sampai si kecil kekurangan nutrisi. Selain menu makanan, Mom juga harus tahu bagaimana membuat menu cemilan sehat untuk sang buah hati. Penuhi juga kebutuhan nutrisi harian si kecil dengan memberikan susu balita terbaik. Dengan memberikan menu makanan bayi 1 tahun yang sehat ditambah dengan cemilan serta susu, Mom bisa pastikan tumbuh kembang balita lebih optimal.