Anak Cinta Lingkungan Hidup
Source: fullyaliveministry.com

Baruterus.com – Lingkungan hidup merupakan bagian penting dari kehidupan manusia di muka bumi. Maka dari itu, manusia selayaknya selalu menjaga dan melestarikan lingkungan demi kelangsungan hidupnya. Akan tetapi tidak semua orang memiliki kesadaran seperti itu. Banyak yang tidak peduli terhadap alam dan lingkungan dan dengan sengaja justru memanfaatkannya untuk kepentingannya sendiri bahkan dengan cara merusak. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, kesadaran akan pentingnya alam dan lingkungan harus ditanamkan sejak dini. Salah satu cara menumbuhkan kesadaran anak akan cinta lingkungan adalah dengan pendidikan hidup.

Menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan pada diri anak-anak memang tidak lah mudah. Karena memang pada masa seperti anak-anak tersebut, kesadarannya atau rasa perduli akan lingkungan belum muncul. Nah, tugas kita sebagai orangtua ialah melatih kepedulian anak-anak terhadap lingkungan sekitarnya. Mengajarkan hal-hal positif tentang menjaga alam dan lingkungan di sekitar kita. Baik dari kegiatan sehari-hari di lingkungan rumah dan masyarakat atau dengan adanya pendidikan lingkungan hidup yang diberikan di sekolah.

Menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan dari hati.

Mengajarkan anak tentang pendidikan lingkungan hidup harus ditumbuhkan dari rasa dan menggunakan hati. Percuma saja mengajarkan kepedulian akan lingkungan hidup jika di dalam hatinya belum memiliki rasa peduli terhadap lingkungan. Pendidikan lingkungan harus diberikan dengan rasa peduli sehingga anak-anak juga dapat merasakan kepedulian tersebut dan mencontohnya. Untuk bisa kepedulian itu tumbuh, tidak hanya pengetahuan dan ketrampilan saja yang dibutuhkan melainkan juga rasa peduli dan mental yang di mulai dari hati.

Mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan kepada anak-anak tidak bisa jika hanya dengan memberikan materi pengetahuan secara formal saja melainkan harus disertai dengan contoh yang nyata yang kemudian mereka akan menirunya. Sentuh hati anak-anak untuk bisa mencintai lingkungan sekitar, dimulai dengan kecintaan terhadap lingkungan terdekatnya. Karena pasti anak-anak leboh cepat merespon dan memperhatikan sesuatu  dengan tindakan langsung daripada hanya sekedar penyampaian materi saja.

Cara menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan hidup dengan contoh-contoh yang baik.

Guru adalah seseorang yang akan ditiru oleh muridnya. Baik perkataan, perbuatan maupun sikap akan menjadi pembelajaran bagi setiap muridnya. Jadi, guru harus mengajarkan kebiasaan dan contoh yang baik untuk murid-muridnya. Salah satunya adalah kebiasaan untuk peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar. Pendidikan lingkungan hidup merupakan suatu proses membentuk dan mengembangkan kesadaran dan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar. Dari pendidikan lingkungan hidup, guru akan menanamkan nilai-nilai akan cinta pada lingkungan kepada muridnya dan diharapkan akan lahir generasi-generasi penerus yang sadar dan peduli terhadap lingkungan, masyarakat, bangsa dan negaranya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa kepedulian anak terhadap lingkungan seperti memberikan pembelajaran mengenai:

  • Menyadari bahwa manusia bertugas untuk menjaga alam dan lingkungan.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana menyadarkan manusia terhadap tugas dan tanggungjawabnya yaitu menjaga alam dan lingkungan. Tanpa adanya kesadaran maka pendidikan yang diberikan akan sia-sia

  • Mencintai alam dengan hal-hal sederhana

Menumbuhkan kecintaan anak-anak kepada alam dan lingkungan dapat dicontohkan dengan tindakan dan perilaku sederhana seperti mengajarkan anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, tidak mengotori atau merusak lingkungan, mengajarkan anak untuk menanam pohon dan hal sederhana lainnya.

  • Biasakan anak untuk tidak merusak.

Cara selanjutnya untuk bisa menumbuhkan rasa peduli anak terhadap lingkungan adalah dengan membiasakan anak untuk tidak merusak alam. Misalnya saja tidak menginjak rumput di taman atau mencabut tanaman sembarangan.

Menanamkan dan menumbuhkan kesadaran anak terhadap lingkungan dapat dimulai dari hal kecil. Pendidikan lingkungan hidup menjadi sarana yang tepat untuk mengajarkan anak agar cinta terhadap lingkungan. Semoga bermanfaat.