Sebentar lagi hari raya Idul Fitri dan alhamdulillah perkembangan janin di kandungan ibu tetap berjalan baik sejauh ini. Kita doakan si kecil berkembang terus ya tanpa ada gangguan apapun juga bunda sehat selalu. Bunda yang sedang berencana untuk mudik saat hamil, perlu mencari tahu dulu informasi seputar mudik bagi ibu hamil.

Bunda bisa memilih mudik lewat jalur udara atau jalur darat. Untuk bunda yang memilih mudik dengan pesawat terbang, bunda perlu konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu. Beberapa maskapai akan meminta surat izin dari dokter sebelum mengizinkan bunda naik ke dalam pesawat. Maksimal kehamilan yang diizinkan oleh maskapai adalah 8 bulan.

Sepanjang penerbangan, bunda perlu makan sedikit. Bunda juga menghindari pesawat yang berukuran kecil karena turbulansi biasanya lebih berasa. Selain itu ruang duduknya juga biasa lebih sempit dan kurang nyaman bagi bunda yang tengah hamil. Biasakan untuk memilih posisi duduk dekat koridor pesawat untuk memudahkan bunda berjalan di dalam pesawat dan beraktifitas sederhana agar tidak terjadi pembengkakan pada kaki atau bagian tubuh lainnya.

Mudik lewat jalur darat tersedia beberapa pilihan: mobil pribadi, bis atau kereta. Bunda perlu memilih kendaraan yang nyaman bagi bunda dan memiliki waktu tempu yang tidak terlalu lama.

– Bila bunda memilih naik mobil pribadi, pilihlah mobil yang memilki air bag. Gunakan seat belt sepanjang perjalanan agar terhindar dari bahaya dan mengurangi goncangan. Bawa bantal dan selimut untu kenyaman bunda beristirahat. Setiap beberapa jam sekali, bunda perlu keluar dari mobil untuk berjalan atau merenggangkan kaki.

– Bagi bunda yang memilih menggunakan bis, pastikan bunda hanya melakukan perjalanan yang singkat (tidak lebih dari 4 jam) karena bunda tidak bebas berhenti dalam perjalanan. Bunda juga perlu ingat bis biasa hanya memiliki kamar kecil yang membatasi ruang gerak bunda. Jadi ketika bunda ingin buang air kecil, bunda bisa ke wc umum di tempat pemberhentian.

– Kereta tentunya lebih nyaman dibandingkan bis karena masih memungkinkan bunda untuk jalan-jalan di koridor. Selain itu bunda kudu berpegangan saat menggunakan kamar kecil di kereta.

 

Selain pilihan transportasi, bunda juga perlu membawa beberapa perlengkapan sepanjang perjalanan.

1. Air minum

Bunda perlu minum cukup banyak pada saat berbuka agar tidak terjadi dehidrasi. Bunda perlu memastikan botol air bunda penuh di samping bunda. Bunda perlu menghindari teh, kopi dan alkohol demi kenyamanan dan kesehatan bunda.

2. Cemilan Sehat

Bunda bisa membawa potongan buah, susu atau kue untuk menemani bunda sepanjang perjalanan mudik sehingga terhindar dari kelaparan yang terlalu lama. Kelaparan yang terlalu lama akan menyebabkan janin kekurangan nutrisi untuk perkembangannya di kandungan bunda.

3. Baju dan sepatu yang nyaman

Kenakanlah baju dan sepatu yang nyaman. Baju bunda tentu perlu rapi tetapi tidak terlalu sempit sehingga menahan perut bunda apalagi sampai membuat bunda sesak. Sepatu yang nyaman juga diperlukan karena bunda akan banyak gerak agar tidak terjadi kram.

4. Perlengkapan bebersih

Badan yang lengket tentunya tidak nyaman. Bawalah perlengkapan bebersih seperti tissue basah, kering, sabun cuci muka dan parfum sehingga bunda bisa merasa segar sepanjang perjalanan.

Sekian tips mudik nyaman bagi ibu hamil dari kami. Bila mengikutinya, niscaya tidak ada gangguan selama kehamilan dan perkembangan janin berjalan baik hingga waktunya dilahirkan ke dunia. Ayah dan bunda pasti sudah tidak sabar menunggu dan mengajaknya bermain.