kesehatan-ibu-hamil

Baruterus.com – Tentu menjadi berita bahagia ketika mendengar sang istri telah hamil. Masa-masa tersebut merupakan masa yang paling dinantikan oleh setiap pasangan. Kelahiran yang lancar, bayi yang tumbuh cerdas tentu menjadi harapan keluarga. Terutama jika merupakan kehamilan pertama, kesehatan ibu hamil baik fisik maupun mental menjadi prioritas utama. Maka dari itu, tentu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan ibu hamil hingga menjelang persalinan karena dari ibu hamil yang sehat maka nantinya diharapkan proses kelahiran dapat berjalan dengan lancar.

Hal utama yang paling dipikirkan oleh semua keluarga ketika memiliki anggota keluarga yang sedang hamil adalah kesehatannya. Baik sang ibu ataupun calon bayi harus dalam keadaan yang sehat. Berbagai cara dilakukan untuk bisa selalu menjaga kesehatan ketika hamil. Misalnya dalam menjaga asupan nutrisi sang ibu. Sangat penting tentunya untuk memilih makanan untuk ibu hamil yang tentunya memiliki nutrisi dan gizi yang baik. Akan tetapi, memang hal tersebut tidak lah mudah karena biasanya setiap ibu hamil memiliki kebiasaan muntah ketika makan. Sehingga menjadi sangat sulit untuk memberikan makanan yang bernutrisi dan bergizi baik.

Setiap tahap kehamilan merupakan proses yang harus dilalui setiap ibu hamil. Dari usia 4 minggu hingga 9 bulan usia normal kehamilan. Nah, padahal banyak sekali gangguan kesehatan yang mudah menimpa ibu hamil terlebih lagi jika usia kehamilan mencapai 9 bulan. Padahal kesehatan ibu hamil sangat penting karena juga untuk memastikan calon bayi dalam kondisi yang sehat dan normal untuk bisa dilahirkan. Ketika sudah mencapai usia 9 bulan, tentu banyak sekali perubahan yang terjadi dan bahkan ada yang mengatakan bahwa ada beberapa perubahan baik fisik maupun mental yang terjadi pada ibu hamil menjelang persalinan. Maka dari itu, ibu hamil harus selalu menjaga kandungannya, misalnya saja dengan tips-tips berikut ini.

  • Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Telah disebutkan sebelumnya bahwa makanan merupakan faktor terpenting dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Pilihlah makanan yang bernutrisi dan mengandung banyak manfaat terutama untuk menjaga ketahanan tubuh ibu hamil dan calon bayi. Dari mulai sayuran, buah, susu hingga suplemen ibu hamil menjadi sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin.

  • Lakukan Olahraga

Selain makanan yang sehat, harus juga diimbangi dengan melakukan olahraga secara rutin. Akan tetapi jangan dikira, olahraga ibu hamil sama dengan olahraga biasa. Untuk ibu hamil, dengan senam ibu hamil, yoga, bahkan berlari-lari kecil atau jalan kaki saja sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar dan rileks.

  • Istirahat yang Cukup

Ibu hamil sangat rentan terhadap kelelahan, maka dari itu memastikan ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup juga penting. Boleh saja melakukan aktivitas namun akan lebih baik jika frekuensinya dikurangi sehingga ibu hamil tidak cepat merasa lelah.

  • Rajin Periksa ke Dokter

Hal penting selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan janin dan memastikan kondisi ibu hamil dan calon bayi dalam keadaan sehat.

  • Lingkungan yang Sehat

Selain internal, menjaga kesehatan ibu hamil juga dilakukan dengan melihat kondisi sekitar atau lingkungan. Mengapa? ibu hamil biasanya lebih sensitif, baik dari kondisi kesehatan maupun kejiwaannya. Jadi, selalu perhatikan lingkungan sekitar Anda yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik fisik maupun psikologi sang ibu.

Menjaga kesehatan ibu dan calon bayi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Berbagai cara dan tips menjaga kesehatan ibu hamil diatas dapat Anda terapkan untuk menjaga ibu dan calon bayi selalu dalam keadaan yang sehat hingga masa kelahiran. Terimakasih.