bakat-anak

Baruterus.com – mengetahui bakat anak merupakan kewajiban penting yang harus dilakukan oleh orangtua. Mengapa? karena dengan mengetahui bakat yang dimiliki anak, maka orangtua lebih mudah dalam mengarahkan anak dan mengembangkan bakat anak agar bisa menjadi bekal di masa depan. Tentu ini bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Lalu bagaimana cara mengenali bakat anak?

Persoalan paling umum yang sering dipertanyakan para orangtua adalah bagaimana caranya supaya dapat mengetahui dan mengenali bakat anak  sejak kecil. Karena memang tidak semua orangtua dapat melakukannya dengan mudah. Bahkan banyak pula orangtua yang memang tidak mengetahui cara mengenali bakat sang anak sehingga anak dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa ada pengarahan. Padahal bagi Anda para orangtua sangat penting untuk mengetahui kira-kira bakat apa yang dimiliki oleh buah hati sehingga orangtua pun mudah dalam membimbing dan mengarahkan anak.

Kapan bakat anak sudah bisa dikenali?

Bakat merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang lebih menonjol dibandingkan dengan kemampuan yang lainnya. Jadi artinya bakat menjadi suatu keunggulan yang bisa ditunjukkan. Memang bakat anak tidak bisa dilihat secara langsung dan cepat karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Bakat juga bukanlah suatu anugerah yang semua anak memilikinya. Bakat juga perlu untuk diasah dan dikembangkan. Maka dari itu kita bisa mengetahui pentingnya mengenali bakat anak sejak dini.

Cara mudah mengenali bakat anak.

Lalu bagaimana mengenali bakat anak? pertanyaan itu pasti kini muncul pada pemikiran Anda. Mengenali bakat sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Kita sebagai orangtua bisa mengenali bakat dengan cara mengamati bagaimana anak bertingkah dan berperilaku. Namun memang tidak bisa se’gampang’ itu untuk menyimpulkan bakat anak karena terkadang bakat anak tidak bisa langsung diketahui. Untuk lebih lengkapnya, berikut kami berikan ulasan mengenai cara mudah mengenali bakat anak.

  • Eksplor bakat melalui aktivitas

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan bagi Anda para orangtua. Cobalah untuk meminta anak melakukan sesuatu atau aktivitas. Dari situ Anda bisa mengetahui apakah anak bisa mengerjakan apa yang Anda minta dengan baik. Misalnya jika Anda meminta anak untuk menggambar sesuatu, jika ia tidak mau atau tidak bisa melakukannya maka mungkin saja ia tidak berbakat dalam hal seni terutama menggambar.

  • Jangan batasi kegiatan anak

Jangan pernah membatasi kegiatan anak jika kegiatan tersebut positif, karena siapa tau ia mempunyai minat dan bakat pada kegiatan tersebut. Misalnya jika anak ingin ikut kegiatan menari, maka biarkan saja ia mengikutinya karena mungkin saja bakatnya adalah menari.

  • Amati perilaku anak

Anda sebagai orangtua cobalah untuk mengamati tingkah laku sang anak. bagamana ia berbicara, bagaimana ia merespon sesuatu dan perilaku-perilaku lain yang bisa menggambarkan bakat sang anak. Misalnya jika ia selalu merespon positif jika di sekolah ia telah memenangkan atau melakukan sesuatu. Orangtua juga bisa mengamati bagaimana ekspresi sang anak. Misalnya saja dengan melihat kerutan dahi anak atau perubahan ekspresi anak ketika diminta untuk melakukan sesuatu. Salah satu indikator bakat jika anak mau bercerita kepada anak mengenai sesuatu dan disampaikan dengan kata yang seru dan menyenangkan.

Ketiga hal tersebut bisa Anda gunakan sebagai cara mudah mengenali bakat anak. Ingat! Bakat adalah sesuatu yang bisa muncul pada diri seseorang. Bakat bisa diasah dan dikembangkan namun tidak bisa dipaksakan. Terimakasih.