sifat-pemalu-anak

Baruterus.com – salah satu masalah yang kerap kali dialami oleh anak-anak adalah sifat pemalu yang berlebihan. Sifat pemalu yang dimiliki oleh anak sebenarnya adalah hal yang biasa dan justru baik. Namun jika sifat pemalu yang dimiliki menjadi berlebihan ini yang menjadi satu masalah. Biasanya anak yang memiliki sifat pemalu yang berlebihan cenderung untuk tidak berani dalam mengekspresikan dirinya dan sulit berkomunikasi dengan orang lain. Nah, sifat pemalu yang berlebihan inilah yang harus diatasi oleh setiap orangtua. Jangan biarkan sifat pemalu berlebihan tertanam dalam diri anak sehingga orangtua perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah sifat pemalu yang berlebihan pada anak.

Ada banyak kasus mengenai anak yang memiliki rasa malu yang berlebihan. Biasanya anak pemalu akan lebih merasa kurang nyaman terhadap kondisi dan lingkungan sekitar. Akibatnya anak pemalu akan sulit untuk mengekspresikan dirinya dan kurang bisa mengoptimalkan bakat yang ada dalam dirinya. Tentu hal ini menghambat prestasi dari anak tersebut. Bahkan karena merasa malu yang berlebih, anak cenderung menjadi anak yang pendiam dan sulit berkomunikasi sekalipun dengan keluarga atau teman-temannya sendiri.

Peran Penting Orangtua Bagi Anak Pemalu.

Ketika anak terlanjur memiliki sifat pemalu yang berlebihan maka orang pertama yang bertanggungjawab dan bisa merubah sifat tersebut adalah orangtua itu sendiri. Orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam membantu perkembangan anak salah satunya juga jika anak memiliki rasa malu yang berlebih. Orangtua harus aktif dalam berkomunikasi kepada anak sehingga anak tidak merasa seperti mempunyai teman dan lebih berani dalam mengekspresikan dirinya. Orangtua perlu tahu bagaimana anaknya ketika berada di sekolah. Jika anak menjadi anak yang pendiam dan tidak berani mengutarakan pendapat maka perlu dilakukan pendekatan yang mendalam kepada anak untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Sifat Pemalu Berlebihan Pada Anak.

Untuk mengatasi sifat pemalu pada anak, perlu dilakukan pendekatan baik oleh orangtua maupun orang terdekat seperti keluarga dan guru sekolah. Beberapa cara sebenarnya dapat dilakukan untuk mengatasi sifat pemalu yang berlebihan. Berikut adalah cara mudah untuk mengatasi sifat pemalu yang berlebihan pada anak.

  • Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Cara yang harus dilakukan oleh orangtua pada anak untuk mencegah rasa malu yang berlebihan pada anak adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak itu sendiri. Latih kepercayaan diri anak sejak dini dengan cara mengikutsertakan anak dalam suatu acara dimana melibatkan banyak orang, lomba misalnya.

  • Biasakan Anak Untuk Mudah Bersosialisasi.

Cara selanjutnya adalah untuk membiasakan anak untuk mudah bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dengan membiasakan anak untuk mudah bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan maka anak akan terlatih untuk berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain sehingga dapat memicu kepercayaan diri anak tersebut.

  • Support Bakat Anak

Untuk mengatasi sifat anak yang pemalu seharusnya anak selalu mendapat dukungan oleh orangtuanya apalagi jika anak memiliki suatu bakat atau kemampuan. Jangan pernah mengecilkan kemampuan anak, justru selalu dukunglah bakat yang dimiliki oleh anak.

  • Berikan Apresiasi

Ketika anak melakukan suatu yang membanggakan atau berani untuk tampil di depan umum maka jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi dan punjian sebagai bentuk dukungan.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi sifat pemalu berlebihan pada anak. Latih keberanian anak sejak kecil dan jangan lupa selalu mendukung bakat dan kemampuan anak. Terimakasih.