mengajarkan-anak-mandiri

Baruterus.com – Menjadi orangtua bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Sebagai orangtua, kita mesti perlu mengajarkan dan mendidik anak-anak kita sebaik mungkin agar anak dapat tumbuh dengan karakter yang baik. Salah satu karakter yang harus ditanamkan setiap orangtua kepada anak adalah karakter mandiri. Namun memang, mengajarkan anak untuk bisa mandiri tidak semudah itu. Bahkan tidak semua orangtua bisa menanamkan kemandirian pada anak. Nah, artikel kali ini kami akan membahas mengenai Tips Sederhana Mengajarkan Anak Untuk Mandiri Melalui Makanan.

Karakter baik perlu ditanamkan kepada anak sejak kecil terutama karakter mandiri. Sifat mandiri ini sangat penting bagi anak karena dengan adanya sifat mandiri anak tidak akan selalu menggantungkan masalah kepada orang lain terutama orangtua. Namun tentu menanamkan karakter mulia dalam diri anak tidak bisa secara instant akan tetapi perlu dipupuk sedikit demi sedikit sejak kecil. Bukan hanya melalui lingkungan sekolah saja, namun dari keluarga juga harus memberikan peran penting dalam membentuk karakter anak.

Beberapa hal sederhana sebenarnya bisa digunakan sebagai sarana untuk mengajarkan anak karakter baik. Salah satunya adalah mengajarkan anak mandiri dari makanan. Untuk mendorong tumbuh dan kembangnya tentu orangtua harus tau bagaimana caranya mengajarkan hal-hal baik kepada anak namun tidak terlihat memaksakan kehendak. Lalu bagaimana caranya mengajarkan mandiri pada anak melalui makanan? Yang dimaksud dengan mengajarkan mandiri pada anak melalui makanan adalah mengajarkan secara langsung atau praktek beberapa hal baik kepada anak ketika waktunya makan, misalnya saja:

  • Ajarkan anak untuk menyiapkan alat makan sendiri

Salah satu cara untuk mengajarkan mandiri kepada anak adalah dengan mengajarkan anak untuk menyiapkan alat makan sendiri. Dengan menyiapkan alat makan sendiri berarti mengajarkan anak untuk tidak manja dan jika terbiasa maka anak menjadi lebih mandiri bukan hanya ketika akan makan tetapi dalam hal-hal lain.

  • Makan sendiri.

Bukan hanya menyiapkan alat makan sendiri tetapi ajarkan anak untuk makan sendiri. Jangan pernah melarang anak jika anak ingin makan sendiri dengan alasan meja berantakan. Dukung dan beri kesempatan untuk menyendok makanan dan makan sendiri. Dan jangan pernah melarang anak untuk makan dengan alasan dia belum bisa. Mengapa? karena jika Anda melakukan itu sama saja Anda mencegah anak untuk melakukan sesuatu atas kemampuannya sendiri. Jika hanya masalah meja kotor, nanti juga bisa dibersihkan kembali.

  • Makan Bersama

Ketika mengajak anak untuk makan bersama sebenarnya bukan hanya mengajarkan anak mandiri tetapi juga mengajarkan hal lain seperti kedisiplinan dan kebersamaan bersama keluarga. Hal seperti ini tentu sangat penting, komunikasi di dalam keluarga bisa didapatkan dengan cara makan bersama.

  • Mengajarkan anak menyiapkan bekal sendiri.

Hampir sama sebenarnya dengan point pertama, Anda bisa mengajarkan anak untuk menyiapkan bekalnya sendiri untuk ke sekolah. Jangan diartikan anak harus memasak sendiri makanannya namun misalnya dengan menyiapkan box makanan, sendok, tempat minum dan lain sebagainya.hal itu sama saja mengajarkan anak untuk bisa menyiapkan keperluannya sendiri.

Mengajarkan anak untuk bisa hidup dengan mandiri dari usia dini mempunyai banyak keuntungan dan manfaat yaitu seperti mampu menumbuhkan rasa kepercayaan diri sang anak dan juga memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba sesuatu. Dan tanpa disadari hal-hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang bukan hanya diterapkan dalam hal makan saja namun bisa diterapkan dalam hal-hal lain. Demikian itulah beberapa tips sederhana mengajarkan anak untuk mandiri melalui makanan yang bisa Anda terapkan kepada anak Anda agar anak tumbuh dengan sikap mandiri didalam dirinya.