sekolah-tk

Baruterus.com – Sebelum memasuki pendidikan dasar atau SD, biasanya anak akan melalui tahap pendidikan dini atau yang disebut dengan sekolah TK (Taman Kanak-kanak). Meskipun program pendidikan oleh pemerintah adalah 9 tahun dimulai dari SD, namun kini banyak sekali orangtua yang tertarik untuk memasukkan anaknya ke TK terlebih dahulu. Biasanya anak bisa masuk di Taman Kanak-kanak adalah ketika ia berusia 4,5 hingga 5 tahun. Jadi sebelum masuk ke sekolah dasar pada usia 5 tahun anak sudah bisa didaftarkan di TK. Lalu yang perlu di ketahui, sebenarnya apa sih pentingnya sekolah taman kanak-kanak?

Orangtua memasukkan anaknya ke taman kanak-kanak tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak faktor yang dipertimbangkan yang menjadi alasan mengapa orangtua perlu menyekolahkan anaknya di Taman Kanak-kanak. Sekolah taman kanak-kanak ada tentu juga semata-mata ada saja namun sekolah TK dimaksudkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sang anak. jadi nanti ketika sudah masuk ke sekolah dasar atau SD sang anak sudah siap dan mampu untuk menerima ilmu dan pelajaran yang diberikan. Intinya Taman Kanak-kanak berfungsi untuk mempersiapkan anak dan sebagai bekal pertama bersekolah.

Memasukkan anak ke sekolah taman kanak-kanak sebenarnya juga memberikan keuntungan bagi orangtua anak tersebut. Mengapa? jika Anda memasukkan anak Anda ke sekolah taman kanak-kanak sama saja meringankan tugas Anda. Bagaimana bisa? Ya, karena biasanya di TK anak sudah mulai diajarkan bagaimana belajar sambil bermain dan yang paling penting adalah banyak sekali pelajaran-pelajaran moral dan pendidikan karakter yang diajarkan kepada anak. Misalnya ilmu dan pelajaran tentang bagaimana tata cara sebelum makan dan hal lain yang mungkin sudah tidak diberikan di tingkat sekolah berikutnya.

7 Pentingnya Memasukkan Anak ke Sekolah TK.

Sekolah taman kanak-kanak merupakan sekolah yang dibuat mengenai bagaimana caranya memperkenalkan anak dengan berbagai ilmu namun dengan cara bermain karena pada usia-usia tersebut anak masih lebih suka bermain daripada belajar. Lalu apakah sekolah TK membantu perkembangan anak? Ya, untuk lebih jelas dan detailnya, simak ulasan dan informasi berikut mengenai pentingnya sekolah taman kanak-kanak.

  • Membantu anak belajar membaca dan berhitung

Manfaat pertama yang didapatkan anak ketika ia memasuki sekolah taman kanak-kanak adalah membantunya untuk bisa membaca, menulis dan berhitung. Ya, karena TK adalah tahap awal sekolah anak maka fungsinya adalah memperkenalkan anak dengan huruf dan angka agar mudah dalam belajar membaca, menulis dan berhitung.

  • Melatih anak untuk bersosialisasi.

Manfaat kedua memasukkan anak ke TK adalah untuk membantu dan melatih anak untuk bisa bersosialisasi. Dengan sekolah TK maka anak bisa bertemu banyak teman, guru yang mau tidak mau menuntutnya untuk bisa bersosialisasi. Tentu hal ini penting bagi anak nantinya agar mudah bersosialisasi dengan lingkungan.

  • Melatih kemampuan berkomunikasi

Selain sosialisasi, dengan bersekolah TK ini anak juga dilatih bagaimana berkomunikasi yang baik dengan orang lain terutama di luar lingkungan keluarga. Karena setiap hari bertemu dengan teman-teman, guru dan lainnya maka akan membantunya untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain.

  • Mengasah keberanian dan mental anak

Di sekolah TK, anak akan dilibatkan dengan aktifitas-aktifitas yang secara tidak langsung untuk mengasah keberanian dan mental sang anak. Misalnya saja ketika diminta untuk maju ke depan bernyanyi di depan teman-teman. Hal tersebut contoh kecil yang dapat melatih keberanian anak.

  • Membentuk kepribadian anak.

Point penting yng terakhir adalah melalui sekolah TK, anak diajarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan karakter dan kepribadian mulia. Disana ia akan dikenalkan tata cara dan adab sebelum melakukan sesuatu dan pelajaran lainnya yang dapat membentuk kepribadian baik pada anak.

Nah, itulah berbagai manfaat dan pentingnya memasukkan anak ke sekolah TK. Namun sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya yang didapatkan ketika anak bersekolah di Taman kanak-kanak. Terimakasih.