perkembangan janin usia 21 minggu
Source: BabyCenter

Baruterus.com – Kandungan bunda sekarang sudah memasuki trimester kedua, bahkan sudah hampir diakhir trimester kedua. Selamat bunda! Bunda sudah berhasil melalui masa-masa kehamilan dengan baik. Masa kehamilan yang cukup menguras tenaga dan emosi bunda sudah berlalu. Kehamilan pada usia ini benar-benar akan memberikan kenyaman untuk kehamilan bunda. Perut bunda belum terlalu membesar dan ketidaknyamanan yang biasanya terjadi pada awal kehamilan, sebagian besar sudah menghilang.

Kini bunda sudah bisa menikmati kehamilan dengan lebih santai. Bunda bisa memanjakan diri, bahkan bunda bisa melakukan baby moon bersama pasangan karena pada usia ini kandungan bunda sudah lebih kuat. Pada usia ini bunda benar-benar bisa menjalani masa kehamilan dengan bahagia.

Pertanyaannya, apakah bunda mengetahui perkembangan janin usia 21 minggu yang berada di kandungan?

Bayi bunda sekarang sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini terbukti dengan bertambahnya berat bayi bunda. Beratnya sekarang sudah mencapai tiga perempat pound dan panjangnya kira-kira 10,5 inci. Pada usia ini juga, bunda sudah mulai menyadari kehadiran buah hati, tidak hanya melalui pemeriksaan USG yang bunda lakukan, tetapi bunda sudah mulai dapat merasakan tendangan janin dan dorongan pada perut. Gerakan bayi bunda ini pasti akan bunda nantikan. Menunggu gerakannya pasti menjadi rutinitas bunda yang baru. Jika bunda cermat dan memperhatikan gerakan ini terkadang memiliki pola, sehingga apabila bunda mengenal baik kebiasaan bayi maka akan menemukan pola aktivitas ini.

Perkembangan janin usia 21 minggu lain yang terjadi pada bayi bunda yaitu alis dan kelopak mata yang sudah mulai terbentuk. Jika bunda mengandung bayi dengan jenis kelamin perempuan maka vagina, ovarium dengan sel telur primitif, dan rahim bayi bunda sudah terbentuk. Jika bunda mengandung bayi dengan jenis kelamin laki-laki mama testis sudah terbentuk.

Pertumbuhan otaknya juga sudah semakin cepat. Tulang rawan yang semula terbentuk sebagai rangka, kini berganti menjadi tulang keras dan kerangka juga berubah menjadi rangka keras. Sumsung tulangnya juga sudah mulai dapat membentuk sel darah. Lengan dan kakinya sudah terbentuk secara proporsional.

Selanjutnya, apakah bunda juga menyadari perubahan tubuh dan kehidupan yang terjadi saat memasuki perkembangan janin usia 21 minggu?

Kehamilan bunda memang sekarang sudah menawarkan kenyamanan, tetapi bukan berarti tidak ada perubahan yang harus bunda alami. Kehamilan merupakan proses untuk mengubah hidup bunda, sehingga disetiap usia perkembangan juga membawa perubahan bagi hidup bunda. Salah satunya, peningkatan produksi minyak di wajah yang menyebabkan jerawat. Jika begitu, bunda harus lebih rajin untuk mencuci muka dengan sabun khusus atau pembersih yang aman dua kali sehari, dan pastikan setiap riasan yang bunda gunakan bebas dari minyak. Bunda juga lebih rentan terhadap varises, karena seiring bertambahnya usia kehamilan ada tekanan yang meningkat pada pembuluh darah di kaki Anda. Seringlah olahraga untuk ibu hamil guna menghindari gejala ini, tidak perlu berolahraga berat. Berjalan kaki secara rutin juga sudah cukup untuk mengurangi risiko tersebut.

Untuk menyehatkan bunda dan bayi bunda, pada perkembangan janin usia 21 minggu ini pastikan juga untuk mengkonsumsi makanan yang sehat serta kaya nutrisi dan juga bunda sebisa mungkin untuk mengonsumsi vitamin yang baik dan diresepkan oleh dokter atau bidan bunda.

Hubungi dokter bunda! Jika bunda mengalami gejala kehamilan ektopik atau keguguran seperti pendarahan dari vagina, kebocoran cairan vagina, pingsan atau pusing, tekanan darah rendah, tekanan pada perut, nyeri yang amat sangat pada panggul atau kram.

Terakhir, selamat menikmati masa-masa indah dan nyaman di kehamilan usia 21 minggu!