manfaat-minum-air-putih

Baruterus.com – Kebiasaan apa yang Anda lakukan sebelum dan setelah bangun tidur? Apakah kebiasaan tersebut termasuk kebiasaan yang baik dan bermanfaat bagi tubuh? Sebenarnya ada banyak kebiasaan yang bermanfaat yang bisa Anda lakukan di waktu sebelum dan setelah bangun tidur. Salah satunya adalah dengan minum air putih setelah dan sebelum tidur. Tentu jika Anda yang belum mengetahui manfaatnya menganggap hal ini adalah hal yang sepele. Namun jangan disepelekan, ternyata ada banyak manfaat minum air putih sebelum dan setelah bangun tidur.

Kebiasaan minum air putih sebelum dan setelah bangun tidur tentu belum banyak dilakukan oleh kita. Meskipun sepele, minum air putih hangat ternyata bukan hanya melepas dahaga saja namun juga memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Beberapa ahli kesehatan pun juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi air putih hangat setiap pagi dan malam hari karena dapat menghindarkan dari beberapa macam penyakit. Nah untuk lebih lengkapnya berikut kami berikan beberapa manfaat dan khasiat yang mungkin bisa Anda rasakan jika melakukan kebiasaan mengkonsumsi air putih hangat sebelum dan setelah bangun tidur. Berikut ulasannya.

  • Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, hanya dengan minum air putih hangat sebelum dan setelah bangun tidur dapat menurunkan berat badan Anda? Ya, terutama bagi wanita kebiasaan ini ternyata cukup memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh dan mampu untuk mengurangi berat badan.

  • Mencegah Dehidrasi

Selain dapat menurunkan berat badan, tentu dengan mengkonsumsi air putih hangat di pagi dan di malam hari akan mencegah kita untuk mengalami dehidrasi. Apalagi dengan keadaan cuaca yang cukup terik di siang hari, dengan segelas air putih hangat rasanya cukup membantu menghindarkan kita dari dehidrasi.

  • Tubuh Lebih Segar

Dengan minum air putih hangat sebelum tidur maka akan membuat suhu tubuh kita lebih stabil dan dapat membantu pembentukan otot. Selain itu dengan mengkonsumsi air putih hangat sebelum tidur membuat kita tidak kekurangan cairan ketika tidur sepanjang malam. Sedangkan minum air putih hangat setelah tidur akan membuat tubuh lebih segar dan fresh di pagi hari. Badan akan terasa lebih segar dan tidak mudah lesu.

  • Membantu Proses Detoksifikasi

Dengan mengkonsumsi air putih hangat secara rutin maka akan dapat membantu proses detoksifikasi yang ada dalam tubuh. Bahkan dengan kebiasaan rutin ini dapat membersihkan tubuh kita dari berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh dan membersihkan urin.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Nah, selain manfaat diatas ternyata dengan minum air putih hangat sebelum dan setelah bangun tidur akan membantu memperlancar sirkulasi darah di dalam tidur. Dengan begitu, maka akan membuat organ yang ada dalam tubuh kita dapat bekerja secara maksimal.

  • Mengatasi Sembelit

Sudah disinggung sebelumnya bahwa konsumsi air putih hangat memperlancar pencernaan, maka secara tidak langsung dapat mengatasi sembelit. Apalagi jika Anda konsumsi secara rutin ketika perut masih dalam keadaan kosong kemudian mengkonsumsi air putih hangat maka dapat meningkatkan gerakan usus dan membersihkan partikel makanan sisa sehingga terhindar dari sembelit.

  • Meredakan Sakit Tenggorokan

Manfaat yang biasanya dirasakan dengan minum air putih hangat adalah dapat meredakan sakit tenggorokan. Apalagi ketika kita sedang mengalami radang tenggorokan atau panas dalam, maka dengan mengkonsumsi air putih hangat setelah bangun tidur membuat tenggorokan tidak kering dan mengatasi sakit tenggorokan dan panas dalam.

Demikian itulah 7 manfaat minum air putih hangat sebelum dan setelah bangun tidur. Manfaat tersebut dapat lebih terasa jika Anda lakukan secara rutin di pagi dan malam hari.