makanan ibu hamil
Source: Baby First Pakistan

Baruterus.com – Apakah bunda yang sedang hamil boleh puasa? Boleh donk. Bagusnya sih setelah trimester kedua atau konsultasi dengan dokter kandungannya terlebih dahulu. Yang terpenting adalah makanan ibu hamil dan jadwal makanan kudu diperhatikan. Alasannya, puasa itu tidak hanya sekedar boleh atau tidak makan tetapi lebih ke perubahan jadwal pola makan. Hal ini tentu akan mempengaruhi apa yang perlu kita konsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Menu makanan ibu hamil saat sahur

Bila kita membahas tentang makanan saat sahur, kita berbicara tentang asupan yang membuat kita bertahan selama lebih kurang 14 jam. Makanan yang cocok tentunya makanan yang memiliki karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan gandum. Makanan ini tidak akan cepat habis di dalam metabolisme tubuh.

Setelah itu tambahkan protein seperti telur, ikan atau daging ayam yang bagus untuk membentuk kecerdasan otak si kecil. Tambahkan juga makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur-sayuran agar pencernaan dan kesehatan bunda tetap terjaga. Jangan lupa juga perbanyak minum air dan susu ibu hamil.

Bunda perlu menghindari makan makanan yang terlalu asin, msg agar tidak terlalu cepat di siang hari. Selain itu bunda tidak baik mengkonsumsi makanan pedas dan asam agar tidak mengganggu kerja lambung. Usahakan juga bunda makan mendekati waktu Imsak agar puasa tidak terlalu lama.

Menu makanan ibu hamil saat berbuka

Begitu tiba pada jam berbuka, ita cenderung kalap. Karena terlalu lapar, kita jadi ingin makanan apapun yang terbersit di benak kita. Eits, tunggu dulu. Segala sesuatu yang terlalu mendadak dan berlebihan dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi pada kehamilan bunda. Nah bunda bisa mengikuti tips berikut ini.

 

  1. Setelah berbuka, bunda perlu minum segelas air putih. Air putih ini tentunya diminum agar bunda tidak mengalami dehidrasi. Selain itu air putih adalah perkenalan asupan makan ke perut agar kaget setelah kosong puluhan jam.
  2. Lanjutkan dengan makanan manis yang muda dicerna oleh tubuh. Tentunya makanan tersebut bukanlah minuman bersantan seperti kolak, biji salak dan lain-lain. Sirup dan teh manis juga kurang dianjurkan. Bunda sebaiknya makan buah potong. Alasan mengkonsumsi buah potong karena vitaminnya masih banyak dibanding jus. Salah satu buah yang baik dikonsumsi adalah kurma yang kaya akan vitamin B1.
  3. Setelah 30 menit hingga 1 jam kemudian, makanlah pelan-pelan menu utama makan malam. Menu makan malam ibu hamil tentu perlu mengandung karbohidrat, sayuran, protein dengan kadar yang lebih tinggi dan sedikit lemak. Bunda bisa makan sedikit-sedikit dibanding banyak sekaligus. Bisa bagi waktu sebelum dan sesudah sholat tarawih. Hindari makanan yang pedas dan dingin adalah keputusan terbaik yang bisa dilakukan.
  4. Tibalah waktu beristirahat. Kondisikan bunda bisa tidur dengan nyenyak dan siapkan makanan yang mudah dihangatkan pada saat sahur untuk keluarga seperti makanan berkuah. Lalu pergilah tidur agar bunda tidak terlalu capek.

Persiapan makanan untuk sahur dan berbuka puasa terkesan agak merepotkan bila bunda perlu menyiapkan semua makanan ibu hamil ini sendiri. Tetapi apa yang bunda lakukan sangat berarti bagi janin dan juga meningkatkan iman kepada Allah SWT. Jadi semangat yang bunda dan lakukan yang terbaik yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk menghubungi dokter bila ada kondisi yang mengkhawatirkan terjadi.