makanan pendamping ASI

Baruterus.com – Buah hati terus berkembang hingga tidak terasa sudah tiba usia ke enam bulan keatas. Beberapa bulan lagi bayi akan berulang tahun pertama, suatu saat yang ditunggu – tunggu. Biasanya rasa lapar dua kali lipat muncul di usia 6 bulan yang mana mendorong keberadaan makanan pendamping ASI (Air susu ibu). Orang tua yang sudah berpengalaman tentu langsung paham apa itu makanan pendamping bayi, bagi ayah bunda dengan anak pertama mungkin hanya pernah mendengar.

Makanan pendamping air susu ibu banyak sekali dibahas baik oleh ahli gizi sampai mungkin saja mertua pernah ‘ceriwis’ mengenai makanan pendamping. Sebetulnya, makanan pendamping bayi adalah teknik memperkenalkan makanan padat secara perlahan pada bayi. Gampangnya, selama ini bayi terbiasa minum air susu baik dari bunda maupun formula. Manapun itu, tekstur makanan dengan air susu jelas beda jauh.

Mumpung masih Ramadhan, tidak ada salahnya di bulan suci ini mendalami ilmu agama termasuk ilmu mengasuh anak. Ya, ada pandangan islam seputar makanan pendamping ASI yang mungkin ayah dan ibu belum pernah mendengar. Bisa saja, ajaran Islam yang telah berjalan ratusan hingga ribuan tahun ini bisa memberi pencerahan lebih lanjut mengenai cara mengasuh bayi. Jangan salah, Islam tidak pernah meminta umatnya berhenti belajar.

Meskipun Rasul, dan kitab suci Al Qur’an telah memberi beragam contoh mengenai pendidikan anak, bukan berarti tidak dipelajari lebih dalam. Bangsa Eropa berhasil keluar dari dark ages atau tahun kegelapan dimana ilmu pengetahuan benar – benar minim karena ilmuwan Islam tidak berhenti berbagi ilmu berdasarkan Science dan ajaran Islam. Tentu tidak ada salahnya memahami fungsi makanan pendamping ASI dari sudut pandang ilmu pengetahuan maupun agama Islam.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak – anaknya selama dua tahun penih, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan”

Potongan ayat Qur’an surah Al – Baqarah (2:233) diatas menjelaskan mengenai durasi menyusui. Dalam Islam, disunnahkan untuk menyusui bayi sampai si kecil berusia dua tahun. Dalam pandangan medis, ayat Al – baqarah ada benarnya, memang ada beberapa keuntungan jika anak diperbolehkan untuk menyusui hingga dua tahun.

Robin Elise Weiss, seorang pakar menyusui bersertifikat serta ibu dari delapan anak kerap menulis mengenai manfaat menyusui diatas 6 bulan. Dirinya mengaku memang disarankan mulai makanan pendamping di usia 6 bulan walau demikian jika bayi belum butuh lantas buat apa ? Beberapa bayi masih mendapat manfaat dari susu bunda meski usianya sudah diatas 6 bulan.

Menurut Robin Elise Weiss, anggapan bahwa air susu ibu tidak lagi bermanfaat setelah usia 1 tahun itu salah besar. Air susu bunda merupakan keajaiban dunia dan nutrisi yang terkandung di dalamnya sama dengan makanan eksternal selama bunda menjaga kesehatan. Justru dengan menyusui hingga 2 tahun tubuh bunda bisa lebih sehat lagi.

Bayi yang disusui hingga dua tahun cenderung lebih kebal dari penyakit. Memang banyak penelitian membuktikkan adanya hubungan penerimaan vaksin pada tubuh anak dengan air susu ibu. Bayi yang disusui ekslusif cenderung lebih mudah mengolah vaksin menjadi daya tahan tubuh. Fakta menarik lagi, bayi yang mendapat air susu ibu punya kemampuan otak diatas rata – rata.

Lanjutan ayat yang sama yakni Qur’an surah Al – Baqarah (2:233) “Apabila keduanya ingin menyapih dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya”. Madsud dari ayat tersebut adalah bila kondisi anak memang tidak memungkinkan untuk konsumsi air susu ibu saja, maka orang tua diperbolehkan memulai sapih atau pemberian makanan pendamping.

The American Academy of Pediatrics atau akademi bidan Amerika setuju bila bayi mulai diberi makanan pendamping air susu ibu di usia 6 bulan. Pertimbangan dari saran tersebut adalah bayi usia 6 bulan cenderung mudah lapar. Pembesaran perut dan tubuh, belum lagi kesiapan bayi belajar duduk, merangkak, jalan, dan banyak lagi menuntut banyak energi.

Beberapa tanda bayi siap diberi makanan pendamping cukup jelas. Bunda tentu paham berapa lama bayi biasanya disusui, misalkan saja 2 jam. Kalau seandainya bayi sudah minum air susu ibu selama dua jam penuh dan masih menangis lapar, ada kemungkinan bayi tidak lagi puas dengan air susu bunda saja. Jika memang bunda dan ayah merasa sudah saatnya bayi mendapat asupan dari eskternal maka kewajiban menyusui selama dua tahun sirna. Bagaimana caranya ?

Berbasis dari dokter muslim Imam Ibn Qayyim al-Jawziyyah (d. 751 AH) dalam bukunya Tuhfat al-Mawdood bi Ahkaam al-Mawlood. Salah satu bab dalam buku tersebut diberi nama Fi fusool naafi’ah fi Tarbiyat al-Atfaal tuhmad ‘awaaqibuha ‘ind al-Kabr yang berarti bagaimana cara membesarkan anak. Mengingat Imam Ibn Qayyim al-Jawziyyah seorang muslim, kebanyakan dari penjelasan buku tersebut berdasarkan ajaran Islam.

“Orang tua yang memutuskan memberi anak asupan selain air susu ibu, harap melakukan dengan perlahan dibanding langsung memaksa. Perkenalan yang terlalu cepat hanya merusak tubuh dan mental bayi”

Semua ilmu medis sangat setuju bahwa kegiatan apapun termasuk merubah kebiasaan minum air susu ibu menjadi makanan padat harus perlahan maka dari itu makanan pendamping diciptakan. Terlalu memaksa anak bukannya bikin terbiasa malah bisa menimbulkan trauma mendalam. Makanan pendamping ASI sebaiknya diberi variasi dan nama serta tekstur yang mirip dengan air susu ibu supaya transisi bayi lebih mulus. Orang tua bisa memulainya dengan memperkenalkan buah-buahan sebagai MPASI.