makanan ibu hamil
Source: intermountainhealthcare.org

Baruterus.com – Menu makanan ibu hamil supaya anak cerdas tentu harus mengandung nutrisi seperti protein, AA – DHA, asam amino, asam lemak omega 3 6 9 dan lain sebagainya. Berbagai nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam perkembangan otak janin di dalam kandungan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa awal dari perkembangan kecerdasan anak yaitu sejak masih di dalam kandungan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi awal kecerdasan anak tersebut, diantaranya yakni pola hidup sehat orang tua, gen atau keturunan serta ditentukan juga oleh nutrisi yang diberikan seorang ibu kepada calon bayi.

Semakin kebutuhan nutrisi-nutrisi yang sudah saya jelaskan tadi terpenuhi, semakin maksimal pula perkembangan otak janin Anda. Selain nutrisi untuk perkembangan kecerdasan anak, dibutuhkan juga nutrisi-nutrisi lain selama kehamilan. Seorang ibu hamil dituntut untuk bisa menjaga asupan nutrisi dan kebutuhan gizi untuk Anda dan sang janin agar kesehatannya tetap terjaga sampai proses persalinan tiba. Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi impian bagi semua orang tua.

Daftar Makanan Ibu Hamil Supaya Anak Pintar

Nutrisi untuk perkembangan awal kecerdasan janin sangat memerlukan protein, namun disamping itu juga nutrisi-nutrisi lain seperti AA dan DHA, asam amino, asam lemak omega 3, 6, 9 , vitamin B dan vitamin E, zat besi serta yang lain sebagainya. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung berbagai nutrisi tersebut ;

  • Kacang-Kacangan

Makanan ini hanya dianjurkan kepada para ibu hamil yang memang tidak memliki alergi terhadap kacang tanah atau sejenisnya. Selain rasanya yang enak dan cocok untuk camilan, kacang tanah mengandung sangat banyak protein dan juga asam folat yang tepat untuk para ibu hamil. Pada awal kehamilan Anda, mengonsumsi kacang tanah dapat membantu mencegah cacat otak pada anak atau pada tulang belakang anak yang masih berada di dalam kandungan. Akan tetapi, Anda juga harus menjaga porsinya supaya kesehatan tubuh juga tetap terjaga. Setiap porsinya Anda bisa mengonsumsi sekitar 2 sendok makan kacang tanah yang sudah dikupas.

  • Ikan Salmon

Mungkin jenis makanan untuk calon ibu supaya anak cerdas yang satu ini sangat sulit ditemukan. Akan tetapi bila Anda tinggal di kota-kota besar, menemukan ikan salmon cukup mudah apa lagi Anda dapat menemukan berbagai olahan salmon di restoran-restoran.

Ikan ini mengandung gizi yang sangat tinggi,misalnya saja  protein, asam lemak esensial omega 3, juga AA dan DHA yang dinilai sangat bermnafaat untuk perkembangan otak janin yang ada dalam kandungan. Namun bagi para ibu hamil sebaiknya hindari konsumsi salmon mentah, sebab dikhawatirkan ikan salmon tersebut masih terkontaminasi oleh bakteri berbahaya.

  • Daging Sapi

Makanan enak selanjutnya untuk ibu hamil yaitu daging sapi yang sudah dimasak. Makanan ibu hamil supaya anak pandai  yang satu ini mengandung cuup banyak zat besi dan protein. Protein sangat bermanfaat untuk  janin terutama untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim, dan juga sistem kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk janin, konsumsi daging sapi matang ini juga bermanfaat untuk sang ibu sebab zat besi juga dapatmembantu produksi hemoglobin dan menghindarkan sang ibu dari risiko melahirkan prematur. Ketika Anda mengonsumsi daging sapi matang, makanlah sepotong daging sapi atau sekitar 35 gram tanpa ada lemak.

  • Telur

Makan telur juga dapat membuat anak cerdas sejak dini ketika ia masih berada adi dalam kandungan. Makanan ini mengandung banyak sumber protein dan juga lemak yang sangat kaya akan vitamin dan juga mineral yang banyak manfaatnya bagi para ibu hamil. Sel tubuh pada bayi yang masih berkembang di dalam kandungan memerlukan asupan protein yang cukup untuk dapat tumbuh dan berkembang. Makanan ini rasanya enak sebab mengandung kolin dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu otak dan pengelihatan si anak. Dalam satu kali konsumsi, Anda bisa makan 1 telur ukuran besar atau sekitar 50 gram telur.

Semua nutrisi ini bisa Anda dapat di Nestle Momme loh.

Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil ini berawal dari mitos pada adat dan budaya masyarakat jaman dahulu. Akan tetapi pantangan makanan yang banyak dibicarakan masyarakat ini bukan hanya tanpa alasan. Sejumlah makanan di bawah ini sudah diketahui bisa  menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Berikut ini diantaranya ;

  • Buah nanas

Buah nanas memang mempunyai banyak kandungan zat gizi seperti vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Bukan hanya itu, kandungan kalsium, magnesium, juga zat besi di dalam buah ini sangat baik untuk kesehatan. Nmaun  kandungan zat gizi pada buah nanas disertai dengan suatu ekstrak protein yang disebut Bromelain.

  • Kafein

Selanjutnya yaitu berbagai produk kafein yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya seperti pada teh dan kopi. Kafein merupakan  salah satu zat stimulus yang dapat meningkatkan denyut jantung serta tekanan darah. Konsumsi berlebih makanan berkafein tinggi ketika sedang hamil akan menghambat penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Selain itu juga bisa mengganggu pertumbuhan janin sebab efek peningkatan tekanan darah Anda. Disamping itu kafein juga diketahui bisa menembus plasenta dan masuk ke dalam aliran darah bayi anda dan hal ini tidak baik untuk perkembangan mereka.

  • Rokok

Rokok memang bukan merupakan salah satu produk makanan akan tetapi sangat berbahaya untuk perkembangan si kecil di dalam kandungan. Sekarang ini banyak sekali wanita yang terlihat merokok, akan tetapi untuk wanita yang ingin mempunyai anak dan juga sedang mengandung, merokok bukanlah gaya hidup yang baik. Merokok akan menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada janin di dalam kandungan, yang nantinya saat lahir anak akan mengalami cacat baik fisik ataupun mental. Oleh sebab itu mari konsumsi makanan ibu hamil yang sudah dianjurkan para dokter.