menabung-dari-gaji

Baruterus.com – Bagaimana sih cara mudah agar bisa menyisihkan gaji untuk ditabung? Banyak diantara kita belum sadar akan pentingnya menabung. Dan bahkan ada sebagian juga yang merasa sulit untuk menabung. Memang mudah merencanakan untuk menabung dengan cara menyisihkan sebagian penghasilan, akan tetapi melaksanakannya lah yang susah. Padahal menabung termasuk salah satu hal untuk bisa memperbaiki kondisi finansial. Lalu bagaimana langkah mudah menyisihkan gaji untuk ditabung ?

Kebanyakan dari kita kurang memikirkan kondisi atau apa yang terjadi di masa yang akan datang. Akibatnya, akan cukup sulit jika harus menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung. Manfaat tabungan sendiri sebenarnya banyak sekali, yang paling penting yaitu tabungan sebagai motif untuk berjaga-jaga. Maksudnya ialah menabung sama saja dengan kita berjaga-jaga jika nanti di masa yang akan datang kita membutuhkan sejumlah dana apalagi dalam kondisi yang mendesak dan harus segera ada. Dengan adanya tabungan, maka kita tak perlu pusing memikirkan cari uang kesana kesini.

Namun, kembali lagi kepada masing-masing individu dan kesadarannya akan pentingnya menabung. Karena pada dasarnya ketika mendapatkan uang orang lebih suka memenuhi keinginannya sehingga lupa untuk memikirkan masa depan dengan menabung. Kebiasaan menabung seharusnya dilakukan sejak dini, sehingga sejak dini kita diajarkan bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan dengan cara menabung. Nah, bagi Anda yang masih merasa sulit untuk menabung, mungkin langkah mudah berikut ini dapat membantu Anda dalam menyisihkan penghasilan untuk ditabung.

  • Tentukan Tujuan

Sebelum merealisasikan, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa sih tujuan kita menabung itu? Tujuan itu haruslah kuat sehingga nantinya Anda tidak tergoda untuk tidak menabung. Tujuan ini bisa berupa tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Anda bisa saja menabung untuk bisa membeli smartphone baru atau fashion terbaru. Tetapi Anda bisa juga menabung dengan tujuan masa depan alias jangka panjang. Misalnya menabung untuk persiapan menikah dan lain sebagainya.

Selain tujuan, tentu Anda juga harus memiliki komitmen yang kuat dan disiplin tentunya. Agar Anda bisa mencapai tujuan tersebut dan melewati godaan-godaan untuk berhenti menabung.

  • Tentukan Jumlahnya

Jika sudah punya tujuan yang jelas maka selanjutnya buat anggaran atau perkirakan kemudian pastikan jumlah yang Anda butuhkan atau jumlah uang yang akan ditabung. Misalnya saja, setiap bulan Anda menabung 10% dari gaji bulanan atau persentase lainnya.

  • Sisihkan Segera

Hal yang sering membuat Anda gagal untuk menabung adalah karena Anda tidak disiplin. Seharusnya jika berniat sungguh untuk menabung maka ketika awal mendapatkan gaji bulanan maka sisihkan terlebih dahulu untuk ditabung agar uang tersebut tidak Anda gunakan untuk keperluan lain.

  • Rekening Khusus Tabungan

Jika Anda bingung menyimpan uang tabungan Anda maka akan lebih mudah jika Anda membuat rekening khusus untuk tabungan Anda. tentu, rekening ini pisah ya dari rekening yang digunakan untuk belanja bulanan. Sebenarnya tidak harus berbentuk rekening, wadah atau dompet yang berbeda pun sudah cukup jika memang Anda lebih nyaman menggunakan wadah atau dompet.

  • Rajin dan Konsisten

Langkah mudah terakhir adalah lakukan menabung dengan konsisten dan terus menerus. Akan lebih baik lagi jika menabung memang menjadi suatu kebiasaan Anda dan tanpa adanya sifat rajin dan konsisten maka akan sia-sia saja.

Itulah beberapa langkah mudah menyisihkan gaji untuk ditabung. Anda bisa menerapkannya guna mengelola keuangan dengan lebih baik.