Menu Sehat Anak Untuk Hadiah Istimewa Di Hari Valentine

Baruterus.com – Bunda sedang cari menu sehat anak yang bisa dijadikan hadiah untuk Hari Valentine tahun ini? Atau bunda ingin sekalian mengundang sanak saudara untuk merayakan Hari Valentine bersama di rumah? Tentu bunda harus menyiapkan hidangan yang khas dengan hari kasih sayang ini.

Kira-kira kreasi makanan seperti apa yang akan bunda buat? Karena untuk anak-anak atau setidaknya untuk sang buah hati bunda sendiri, jangan sembarangan makanan yang dihidangkan ya. Pastikan bunda memilih menu makanan sehat anak.

Berikut ini beberapa menu makanan sehat untuk anak yang bisa bunda hidangkan

1.Kentang Goreng

“Apa istimewanya?” Tenang dulu ya bunda. Ini bukan kentang biasa. Kentang akan dikreasikan sedemikian rupa sehingga tepat untuk disajikan di acara Valentine.

Cara pembuatannya sederhana. Sama seperti ketika bunda membuat kentang goreng. Pertama-tama, kupas kulit kentang lalu kukus. Setelah matang, haluskan kentang tersebut.

Selanjutnya, siapkan tepung maizena, tepung beras, dan kaldu bubuk. Aduk hingga rata. Setelah rata, campurkan pada kentang kukus yang sudah dihaluskan.

Nah, tahap selanjutnya yang sangat menentukan. Buat cetakan sehingga kentang bisa berbentuk hati. Lalu, goreng sebentar hingga warnanya kuning kecoklat-coklatan. Kentang goreng khas hari Valentine siap dihidangkan.

2.Kue Coklat

Valentine identik sekali dengan coklat. Tapi, bukan coklat sembarangan kali ini. Bunda harus berkreasi sendiri.

Mungkin ada dari beberapa bunda yang bertanya apakah coklat termasuk menu sehat anak. Tenang saja ya bunda. Coklat itu juga mengandung kalori yang dibutuhkan oleh sang buah hati. Jadi, ini termasuk ke dalam menu makanan sehat untuk anak.

Hanya saja, jangan biarkan anak terlalu banyak makan coklat ya bunda.

Untuk membuat menu coklat Valentine ini, bunda harus siapkan dulu coklat colata, coklat strawberry, dan sprinkle. Yang pertama, potong kecil-kecil coklat. Kemudian, ambil panci dan isi panci dengan air. Panaskan sebentar. Jika air sudah mendidih, masukkan coklat yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam panci tersebut. Tunggu sebentar hingga coklat mencair.

Matikan kompor jika coklat sudah mendidih. Lalu, siapkan cetakan berbentuk hati. Taruh coklat ke dalam cetakan tersebut. Diamkan di dalam freezer. Dan coklat bisa segera dihidangkan ketika sudah mengeras.

Mudah, bukan?

3.Bola Coklat

Sebagai variasi, bunda bisa buat juga coklat tapi warnanya pink. Valentine kan identik dengan warna pink. Tapi, bahan utamanya tetap coklat.

Cara membuatnya cukup mudah. Bunda hanya perlu siapkan biscuit marie, margarine cair, dan coklat pink. Pertama-tama, bunda perlu haluskan biscuit marie. Masukkan ke dalam sebuah wadah. Lalu masukkan juga margarine. Aduh margarine dengan marie secara merata. Buat bulatan. Bunda bisa pilih ukuran bulatan sesuai dengan keinginan.

Sementara itu, coklat bunda tim terlebih dahulu. Jika sudah meleleh, lumuri bulatan dengan coklat. Masukkan ke dalam freezer dan menu sehat anak ini siap dihidangkan jika sudah dingin.

Jika bunda ingin tampilan bola coklat ini lebih menarik di mata anak-anak, bunda bisa tambahkan sprinkle. Bunda bisa taburkan pada bagian luar sebelum bola coklat ditaruh ke dalam freezer. Dengan sprinkle ini, tampilan bola coklat lebih menarik. Apalagi jika sprinkle yang bunda pilih berwarna-warni.

Nah, bunda mau pilih menu makanan sehat yang mana untuk dihidangka di acara Valentine bersama anak nanti? Bunda bisa buat ketiga-tiganya agar anak punya pilihan. Namun, jangan lupa hidangkan juga minuma ya bunda. Jus buah sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika bunda undang beberapa teman atau saudara yang punya balita ke rumah. Siapkan jus berbagai macam buah, seperti jus buah naga, jus buah melon, dan jus buah lainnya.

Jadi, siap untuk mengadakan pesta Valentine untuk anak-anak di rumah?

Valentine Lebih Rame Jika Ada Aktivitas Seru

Rasanya kurang sempurna jika Valentine hanya dirayakan dengan makan-makan. Harus ada aktivitas lain ya bunda. Dan bunda bisa mengajak anak untuk ikut beraktivitas. Ada baiknya pula jika bunda mengundang sanak saudara untuk datang.

Kira-kira aktivitas apa yang baik untuk mengisi acara Valentine tahun ini bersama sang buah hati?

Bunda bisa mengadakan pesta piyama. Jika bunda mengundang beberapa teman atau saudara yang juga punya anak balita, tidak salah jika bunda membuat pesta dengan tema piyama. Jadi, anak-anak tidak hanya menyantap makanan sehat anak yang sudah bunda sediakan tapi akan ada sesi foto seru. Karena semua anak memakai baju piyama terbaik mereka.

Di waktu pesta, bunda juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain tebak-tebakan. Siapa yang bisa menebak pertanyaan yang bunda ajukan, anak tersebut bisa mendapatkan hadiah. Hadiahnya tentu saja makanan khas Valentine yang sudah bunda buat sebelumnya.

Acara semacam ini sangat sederhana. Namun, akan sangat berkesan jika dilaksanakan di hari Valentine. Selain itu, ini juga sebagai ajang untuk mempertemukan teman atau saudara lengkap dengan sang buah hati mereka. Mungkin ada kesibukan setiap hari sehingga tidak bisa bertemu. Dan Valentine ini menjadi waktu yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi.

Jadi, sudah siap untuk membuat acara Valentine di rumah? Pastikan bunda mendekorasi rumah ya. Pasang saja pita dan ornamen hati. Buat rumah didominasi dengan warna merah atau pink. Itu sudah cukup.

Tidak perlu berlebihan. Yang terpenting, siapkan menu sehat anak yang sesuai dengan tema pesta, yaitu Valentine bersama anak-anak.